Memindahkan Data Wordpress ke Hosting baru - Forum


  • Page 1 of 1
  • 1
Forum » Developers » Server » Hosting » Memindahkan Data Wordpress ke Hosting baru (cara memindahkan data Wordpress ke Hosting baru)
Memindahkan Data Wordpress ke Hosting baru
Forum moderatorTanggal Post: Mo, 2017-11-20, 10.19.15 | Message # 1





Berikut ini adalah cara memindahkan data Wordpress ke Hosting baru.

 [A]Back up database di Blog lama
1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memback-up database blog nada yang terdapat di hosting lama. Caranya masuklah ke hosting lama anda > masuk ke CPanel > ketik “back” untuk memfilter pada kolom “Find” yang berada di sebelah kiri tampilan > klik icon “back up”.

2. Klik tombol : “Download a Full Website Backup” > klik tombol “Generate back up”. Tunggu beberapa saat hingga proses back up selesai. Jika sudah, anda hanya tinggal mengkliknya dan proses download pun dimulai.

3. Carilah dua file yang diperlukan, yaitu : folder public_html (biasanya bisa anda temui di folder home dir) dan database berekstensi .sql (terdapat pada file folder mysql). Pindahkan kedua file tersebut ke dalam folder agar mudah ditemukan. Khususnya folder public_html dan jangan lupa mengompresnya ke dalam bentuk .zip (bisa menggunakan aplikasi winrar).

Restore database ke hosting yang baru
1. Login ke hosting yang baru. Jika anda belum membeli hosting, pastikan pada saat melakukan hosting proses pembelian anda memilih : “saya sudah punya domain dan akan update nameserver…dst” pada salah satu pilihan yang muncul. Apabila sudah berhasil membeli paket hosting di tempat yang baru, login ke akun hosting baru anda > masuk ke CPanel.

2. Di kolom Find : “data”, klik icon : “MySQL Database Wizard” untuk membuat database serta username yang baru.

3. Beri nama database baru anda kemudian klik “Next Step”. Usahakan yang sulit supaya tidak mudah dihack.

4. Buat username database dan juga passwordnya. Dalam membuat password pastikan anda menggunakan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter.

5. Centang tulisan : “ALL PRIVILIGES” dan klik : “Next Step”. Sekarang anda telah memiliki database baru di hosting yang baru, namun masih kosong dan perlu mengimpor semua isi database lama.

6. Untuk melakukan proses impor database lama, kembalilah ke tampilan halaman utama CPanel, ketik : “php” pada kolom Find > klik icon : “phpMyAdmin” > klik nama database yang telah anda buat di sidebar kiri tampilan > klik “Impor”.

7. Ambil database berekstensi .sql degan klik tombol “browse” lalu klik “kirim”. Tunggulah beberapa saat hingga proses selesai. Jika sudah selesai maka anda telah berhasil merestore database blog anda di hosting yang baru.

8. Upload folder public_html yang telah diekstrak dalam bentuk .zip. caranya dengan kembali ke halaman utama CPanel > ketik : “file” pada kolom Find. Klik icon : “File Manager” > klik OK pada jendela pop up yang muncul

9. Upload folder public_html yang telah dikompres dalam bentuk .zip dengan klik upload yang ada di menu atas.

10. Langkah terakhir di CPanel adalah merubah : DB_NAME, DB_USER dan DB_PASSWORD difile wp –config yang terdapat pada folder public_html > klik tombol save yang berada di sisi kiri atas. Dan yang terakhir arahkan domain ke nameserver tempat hosting baru kita.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Memindahkan Data Wordpress ke Hosting baru. Semoga bermanfaat. Terima kasih.
 
Forum » Developers » Server » Hosting » Memindahkan Data Wordpress ke Hosting baru (cara memindahkan data Wordpress ke Hosting baru)
  • Page 1 of 1
  • 1
Search: