4 Tips Cara Membersihkan Muka Berminyak

Mungkin Anda merasa telah melakukan cara mencuci muka dengan benar atau menggunakan pencuci muka yang bagus untuk menghilangkan minyak berlebih dari wajah. Akan tetapi, membersihkan muka berminyak tidak asal membasuh

2017-12-073250.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 593 Kata.

Jerawat, komedo, dan muka berminyak merupakan 3 masalah utama yang sering muncul pada kulit muka. Namun, beberapa orang, terlebih laki-laki, tidak menganggap muka berminyak sebagai satu masalah serius, padahal jika dibiarkan, kulit muka yang memproduksi minyak berlebih akan turut memicu munculnya jerawat dan berbagai masalah kulit wajah lainnya.

Mungkin Anda merasa telah melakukan cara mencuci muka dengan benar atau menggunakan pencuci muka yang bagus untuk menghilangkan minyak berlebih dari wajah. Akan tetapi, membersihkan muka berminyak tidak asal membasuh atau menggunakan berbagai produk ternama. Agar masalah muka berminyak segera teratasi, lakukan cara-cara berikut:

  1. Membersihkan Muka dengan Air Garam

Muka berminyak memang menyebalkan. Namun, Anda tak perlu khawatir, karena ada cara mudah untuk mengatasinya, cara pertama dengan menggunakan larutan air garam. Perlu diingat bahwa saat membuat campurannya, gunakan air hangat, ya, karena air hangat memiliki fungsi untuk meminimalisir munculnya minyak berlebih pada muka.

Jika Anda ingin mencobanya, didihkan air terlebih dahulu. Agar lebih maksimal, Anda bisa memanfaatkan uapnya untuk membuka pori-pori kulit agar kotoran yang menyumbat pori-pori dapat keluar dengan mudah. Lalu, tambahkan 2 hingga 3 sendok makan garam dan aduk hingga tercampur. Gunakan kapas untuk mengusapkannya pada muka. Perawatan ini aman dilakukan setiap hari.
 

  1. Menggunakan Masker Wajah

Cara membersihkan muka berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan masker wajah. Ada banyak jenis masker wajah yang bisa Anda dapatkan di supermarket. Akan tetapi, bacalah kegunaannya terlebih dahulu untuk menghindari timbulnya masalah lain pada kulit.

Selain masker wajah, Anda juga bisa menggunakan berbagai produk pembersih muka. Namun, bacalah dengan teliti semua informasi yang ada pada kemasan produk. Terkadang, ada beberapa jenis pembersih muka yang khusus untuk kulit berminyak, dan ada pula yang tidak cocok untuk tipe kulit yang berminyak. Jangan sampai Anda salah menggunakan produk, karena kulit akan menjadi semakin rusak.
 

  1. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Ada banyak bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah muka berminyak. Beberapa di antaranya adalah tomat, mentimun, bengkuang, alpukat, hingga semangka. Buah-buahan tersebut kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan kulit muka, seperti vitamin C dan E, anti-inflamasi, juga senyawa antilemak.

Cara membuatnya pun sangat mudah. Cukup haluskan salah satu jenis buah di atas dan oleskan ke seluruh muka. Diamkan hingga masker sepenuhnya mengering. Selain membilasnya langsung, cara membersihkan masker wajah lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kain lap yang telah direndam dengan air hangat terlebih dahulu.
 

  1. Berkonsultasi pada Dokter Kecantikan

Jika masalah kulit berminyak yang Anda alami cukup serius, ada baiknya Anda berkonsultasi ke klinik kecantikan agar mendapatkan perawatan terbaik. Dengan demikian, Anda tak perlu menjajal berbagai produk pembersih yang dijual di pasaran dan mempertimbangkan apakah produk tersebut cocok dengan kulit muka Anda.

Namun, Anda tetap perlu berhati-hati saat memilih klinik kecantikan, karena sekarang banyak ditemukan klinik yang menggunakan obat-obatan yang justru akan merusak kulit. Umumnya, tipe klinik tersebut akan memberikan harga perawatan yang jauh lebih murah dibandingkan dengan klinik yang lebih bersertifikat. Jadi, cari informasi sedetail mungkin sebelum mengunjungi dan melakukan perawatan di klinik tersebut.

Muka berminyak memang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi hormonal seseorang, cuaca yang panas, tingkatan stres, hingga faktor genetik. Meskipun demikian,

ada banyak cara untuk mencegah terjadinya muka berminyak, seperti dengan menggunakan masker pelindung setiap kali beraktivitas di luar ruangan dan segera membersihkan muka setiap selesai beraktivitas. Dengan cuci muka yang benar, muka berminyak pun tak lagi jadi masalah.

Tak hanya itu, makanan yang kita konsumsi pun bisa menjadi penyebab munculnya minyak berlebih pada muka, seperti misalnya gorengan dan makanan cepat saji. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari konsumsi jenis makanan tersebut, dan gantilah dengan sayur dan buah-buahan segar. Selain mencegah terjadinya muka berminyak, konsumsi buah dan sayur tentu membuat tubuh lebih sehat.

Wajah, berminyak, muka, mencuci

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top