Review NiagaHoster: Akhiri Kembimbangan Mencari Layanan Hosting Murah Berkualitas

Niagahoster, seperti juga banyak penyedia hosting lain memiliki nilai positif serta negatif. Para pengguna memilkiki pengalaman beragam, meskipun nyaris seluruh dari mereka memberikan testimoni positif.

2018-03-13 16.23.251995.0 / 2

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 2195 Kata.

Bila kita berbicara mengenai hosting murah berkualitas, yang terbayang mungkin bukan layanan penyedia yang berasal dari Indonesia. Bagaimana tidak. Sudah bukan hal yang baru atau pun aneh lagi bila menyebut penyedia hosting gratis HTTPS dari Indonesia sebagai penipu, scam, atau pun sederet nama negatif lain. Bukan begitu? Terlebih bila yang dicari merupakan hosting dengan harga sesedikit mungkin bahkan kalau bisa sih, gratis. Maka siap-siap, kualitas yang diharapkan tak akan didapatkan. Malah sebaliknya kekecewaan demi kekecewaan yang justru akan dirasakan. Percayalah, pengalaman ini rupanya bukan hanya dialami oleh satu atau dua pengguna saja. Namun banyak.

Lalu, apakah ini berarti tak ada penyedia hosting murah berkualitas yang berasal dari Indonesia? Tidak juga. Faktanya memang masih ada beberapa perusahaan penyedia hosting gratis https yang memberikan harga terbaik, bahkan paling murah dengan layanan berkualitas. Niagahoster salah satunya.

Sebelum saya membahas lebih jauh, saya rasanya bisa menebak apa yang akan pembaca katakan mengenai hosting Niagahoster ini. Untuk itu sebelum banyak berspekulasi atau malah membanjiri kolom komentar dengan ungkapan ketidak setujuan dengan sebutan Niagahoster sebagai penyedia hosting murah berkualitas terbaik di Indonesia. Lebih dulu perhatikan uraian yang akan kami jabarkan mengenai perusahaan penyedia jasa layanan hosting satu ini.

Niagahoster, seperti juga banyak penyedia hosting lain memiliki nilai positif serta negatif. Para pengguna memiliki pengalaman beragam, meskipun nyaris seluruh dari mereka memberikan testimoni positif. Namun di sisi lain juga, tentunya ada para pesaing yang menginginkan review negatif untuk perusahaan yang mereka anggap "berpotensi". Ya, disinilah black campaign dimulai. Namun tenang saja, kali ini saya tidak akan membahas mengenai black campaign yang menjadikan ada beberapa review negatif mengenai penyedia hosting Niagahoster ini.

Sebaliknya, kita justru akan berfokus pada apa yang menjadikan banyak perusahaan penyedia hosting lain yang merasa tersaingi. Hingga perlu membuat sederet review negatif untuk Niagahoster. Apa daya tarik, kelebihan, fitur, hingga keunggulan dari penyedia hosting gratis HTTPS tersebut. Untuk bisa mengakhiri kebimbangan Anda pada Niagahoster. Siap dengan review panjang dari saya untuk penyedia hosting murah berkualitas ini?

Keunggulan Niagahoster sebagai penyedia hosting murah berkualitas

Bila saya ingin membuat Anda untuk mengakhiri kebimbangan dalam mencari penyedia hosting murah berkualitas. Tentunya yang harus saya bahas ialah keunggulan dari perusahaan tersebut. Untuk itu, di bawah ini merupakan beberapa keunggulan dari Niagahoster, yang pastinya menjadikan perusahaan ini lebih baik dari yang lain. Bahkan mungkin sebagai salah satu perusahaan hosting terbaik yang ada di Indonesia hingga saat ini.

Berikut ini, merupakan keunggulan dari Niagahoster yang bisa didapatkan ketika menggunakan perusahaan penyedia jasa hosting tersebut.

1. Skor Uptime hosting terbaik kedua di Indonesia

Untuk Anda yang baru pertama kali berkecimpung di dunia hosting, mendengar kata "uptime" mungkin mengalami kebingungan sendiri. Apa itu uptime? Secara ringkas, uptime merupakan waktu dimana situs "mengudara". Keadaan yang saya sebut dengan mengudara (seperti istilah radio di tahun90-an, bukan?) adalah situs bisa diakses oleh pengguna tanpa ada kendala. Akses situs cepat dan proses loading yang juga normal. Waktu dan keadaan inilah yang disebut dengan uptime.

Sebaliknya, downtime merupakan waktu dimana situs tidak bisa diakses oleh pengguna. Istilahnya, situs tersebut dalam keadaan down, karena itu disebut dengan downtime. Sederhana sekali bukan penjelasannya?

Web hosting yang dikatakan "sehat" normalnya memiliki persentase 99,95 persen waktu uptime. Tentunya semakin tinggi nilai skor uptime yang dimiliki perusahaan hosting dengan server mereka akan lebih baik. Inilah mengapa, rata-rata skor uptime di industri hosting saat ini terlihat besar. Betul bukan? 99.95 persen skor uptime tentu saja sudah termasuk sangat baik. Namun tunggu dulu.

Satu hal yang banyak dilalaikan oleh para pemilik website, yang tergoda dengan iming-iming uptime skor 99,95 persen dari perusahaan hosting Indonesia. Persentase skor tersebut berarti website yang dimiliki masih akan masuk masa downtime paling tidak 45 lebih dalam satu bulan. Sekarang bayangkan kerugian revenue website Anda dengan masa downtime setinggi ini. Walau di atas kertas, skor uptime terbilang tinggi.

Selain masa downtime yang masih terhitung tinggi dengan skor uptime yang nyaris sempurna tersebut, rupanya persentase yang ditunjukan hanya merupakan "janji" saja. Alias, belum tentu website Anda akan mendapatkan uptime skor setinggi itu dengan server dari hosting gratis HTTPS. Walau memang, ada perusahaan yang memberikan garansi bahwa skor maksimal uptime mencapai standar 99,95 persen.

Hal ini sebenarnya yang juga banyak menjadi kekecewaan pengguna hosting dari Indonesia. Masa uptime yang hanya sekedar garansi maksimal. Dimana pada prakteknya nanti, website akan tetap sering masuk ke keadaan downtime. Kekecewaan yang sama saya rasakan, hingga membuat bimbang mencari layanan hosting murah berkualitas.

Niagahoster, uniknya tak memberikan garansi uptime maksimal. Tidak. Mereka justru langsung meminta saya mengecek sendiri berapa skor uptime yang didapatkan oleh server kemudian membandingkannya dengan perusahaan hosting lain. Saya menggunakan situs webhostingstuff.com dan melakukan pengecekan uptime untuk server hosting Niagahoster. Dimana hasilnya.. jujur membuat kecewa. Kecewa karena kenapa tidak menggunakan perusahaan layanan hosting ini sejak dulu.

Niagahoster memiliki skor uptime hingga 99,98 persen. Di atas standar yang ada di perusahaan layanan lain. Tanpa adanya garansi, tanpa adanya iming-iming uptime maksimal namun langsung bisa dirasakan oleh pengguna.

2. Pilihan paket hosting beragam

harga layanan server murah

Niagahoster memasarkan perusahaan mereka sebagai penyedia layanan hosting murah berkualitas. Nah pertanyaan kali ini, semurah apakah "murah" yang menjadi patokan Niagahoster ini? Pertanyaan ini penting karena untuk situs penyedia hosting di luar Indonesia, definisi murah bisa mulai dari beberapa ratus dolar yang berarti beberapa juta rupiah. Harga untuk paket hosting tersebut pun akan dikatakan murah oleh mereka yang biasa menggunakan jasa perusahaan dari luar negeri. Lalu, sekali lagi, semurah apakah Niagrahoster ini?

Harga paket hosting di Niagahoster dimulai dari Rp 19,800 per bulan. Ya, setara dengan harga nasi goreng di rumah makan kebanyakan. Untuk paket dengan harga ini, Anda sudah akan mendapatkan bandwidth unlimited serta disk space 500 mb. Tanpa domain gratis. Ya iya toh, kan sangat murah. Selain itu, masa kontrak juga harus paling tidak satu tahun.

Nah bila Anda membutuhkan ruang disk yang lebih besar, mengingat kapasitas 500 MB saja tidak akan cukup bila ingin membangun website dengan basis Wordpress, maka ada pilihan paket lain yang bisa dipilih. Secara pribadi, saya melihat banyaknya pilihan paket hosting ini jadi keunggulan sendiri. Pilihan paket dengan pilihan yang jelas, membuat pengguna bisa mencari hosting sesuai dengan kebutuhan mereka. Tentunya juga ditentukan dengan berapa budget yang mereka miliki untuk hosting setiap bulannya.

Di paket kedua, Paket Pelajar, masih mendapatkan bandwidth unlimited. Kali ini kapasitas disk yang juga unlimited dan domain gratis yang berlaku selamanya. Menyenangkan bukan? Untuk paket ini pun masa kontrak cukup 6 bulan saja meskipun saya yakin, paket satu tahun pun tidak akan merugikan.

Bila mencari hosting murah berkualitas untuk membangun website dengan basis Wordpress, paket kedua ini saja rasanya sudah cukup. Dengan harga hanya Rp 44,800 per bulan saja sudah mendapatkan gratis nama domain, hingga unlimited bandwidth dan disk space. Sangat cukup sih.

Nah, bila website yang ingin Anda bangun digunakan untuk coorporate dan perusahaan, Niagahoster juga memiliki pilihan paket yang sesuai. Kali ini paket Bisnis dengan harga Rp 99,800 per bulan. Untuk paket ini, Anda akan mendapatkan Dedicated IP dan juga Private Name Server. Sehingga keamanan website pun semakin bisa diandalkan.

Seperti yang saya bahas di beberapa paragraf di atas, banyaknya paket ini lah yang salah satunya menjadi keunggulan Niagahoster. Untuk saya. Selain tentunya juga sih, harga tiap paket yang sangat terjangkau. Cocok untuk para pemula (ya, seperti saya ini) yang masih sedang berusaha membangun website sendiri. Pilihan yang pas lah pokoknya.

3. Datacenter Terbaik untuk Layanan Hosting IIX Terbaik

Teknologi server

Data center atau pusat data yang dimiliki oleh Niagahoster menggunakan kualitas yang baik. Niagahoster memilih DCI Indonesia sebagai data center layanan hosting Indonesia, sebuah Green Data Center Tier-4 yang canggih dan modern di pusat Industri utama Jakarta - Indonesia. DCI merupakan data center bersertifikasi Tier-4 berstandar Internasional & merupakan bagian dari Equinix penyedia data center terbaik di Dunia dengan berkualitas tinggi dan handal dengan jaminan uptime 99.999%.

Niagahoster menyediakan Server Indonesia dan Server Singapura. Server Indonesia berada di Data Center Indonesia (DCI) Tier 4. Untuk yang ingin websitenya sangat cepat diakses oleh visitor Indonesia saja, maka saya sangat menyarankan untuk menggunakan Server yang berada di Indonesia. Tetapi apabila membuat sebuah web dengan target visitor Indonesia dan luar negeri, maka saya menyarankan untuk menggunakan server yang berada di Singapura. Server Singapura memiliki akses yang cepat baik dari dalam maupun luar negeri.

4. Sudah ada Cronjob, Auto Script Installer, .htaccess, FTP, dan SSI

Saya pernah membaca sebuah artikel menarik mengenai hosting gratis HTTPS dan di sana disebutkan bagaimana perusahaan hosting wajib memiliki Cronjob, Auto Script Installer, .htaccess, FTP, dan SSI.  Perusahaan hosting yang Anda gunakan saat ini tidak memiliki pilihan ini? Waktunya hengkang (ke Niagahoster saja hehe). Ini karena Cronjob, Auto Script Installer, .htaccess, FTP, dan SSI merupakan elemen yang penting dalam pengoperasian website sehari-hari. Tanpa adanya empat serangkai tersebut, dijamin aktifitas posting hingga pengaturan website akan terasa sangat sulit.

Tak itu saja, tanpa adanya Cronjob, Auto Script Installer, .htaccess, FTP, dan SSI maka keamanan hingga proses perpindahan file ke hosting tak akan berjalan mulus.

Niagahoster, sudah pasti memiliki Cronjob, Auto Script Installer, .htaccess, FTP, dan SSI tersebut di dalam server mereka. Walau sebenarnya fitur ini merupakan paling dasar (dan seharusnya memang semua penyedia layanan hosting memiliki fitur ini) faktanya masih banyak perusahaan yang tak dilengkapi dengan Cronjob, Auto Script Installer, .htaccess, FTP, atau pun SSI.

5. Page Load Time pada angka yang stabil

data response time

Pada poin pertama kita sudah menyebutkan mengenai uptime dari sebuah website, yang bergantung pada server miliki hosting. Kali ini saya akan mengecek Page Load Time dari website yang menggunakan Niagahoster sebagai hosting. Namun sebelumnya, kita kulik dulu mengapa Page Load Time ini penting.

Ada beberapa poin yang membuat Page Load Time begitu penting.

  1. Pertama, seperti namanya Page Load Time berhubungan dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh halaman website untuk terbuka. Semakin lama, tentunya tidak semakin baik. Ini karena kebanyakan para pengguna internet membutuhkan akses informasi yang cepat. Mereka (para pengunjung blog atau pun website Anda) tak akan betah berlama-lama diam menunggu sebuah halaman untuk terbuka.
    Idealnya, Page Load Time sebuah website tak lebih dari 2 detik. Cek sendiri deh sekarang, berapa lama waktu yang dibutuhkan website Anda untuk terbuka sepenuhnya. Apakah lebih dari 2 detik? Bila iya, waktunya berganti ke hosting dengan server lebih cepat.
  2. Alasan kedua mengapa Page Load Time begitu penting, karena kecepatan akses website juga masuk ke dalam algoritma Google. Google bukan hanya akan mencari website yang membuat kata kunci pencarian yang cepat, namun juga website yang tidak membutuhkan waktu lama untuk terbuka. Lagi-lagi, kembali para pengguna tak akan cukup sabar menunggu sebuah halaman hingga bisa diakses sepenuhnya.

Jadi bila selama ini Anda mencari tahu mengapa website tidak juga masuk ke dalam halaman pertama pencarian Google, meskpin sudah menggunakan banyak teknik SEO. Sebaiknya cari tahu berapa lama Page Load Time website Anda.

Saya menggunakan tools dari website Monitoring, Site24x7 untuk mengetes Page Load Time dari NiagaHoster. Hasilnya, website hanya perlu 1,416 ms saja untuk terbuka sepenuhnya.  Impressive, isnt it?

6. Dukungan layanan

Support terbaik dari Niagahoster di Indonesia

Okay, untuk banyak pengguna fitur ini rasanya tidak dibutuhkan. Padahal tidak begitu. Adanya Live Chat, terutama yang aktif selama 24 jam memastikan Anda mendapatkan pelayanan yang baik dari perusahaan hosting. Setidaknya ini yang saya rasakan.

Ketika pertama kali menggunakan, saya banyak menggunakan tiket bantuan untuk menanyakan hal standar yang terbilang remeh. Katakan saja, seperti cara masuk ke dalam cPanel hingga mengganti nama server, atau bagaimana cara untuk melakukan backup. Saya mengirimkan pertanyaan tersebut melalui tiket bantuan, dimana biasanya akan diabaikan oleh perusahaan hosting lain karena dinilai sepele. Walau masalah sepele bisa dicari melalui mesin pencari seperti google, tetapi terkadang ada juga artikel yang berbeda atau kurang uptodate sehingga tidak dapat dimengerti. Bagi pemula yang baru menggunakan layanan web hosting atau server mereka membutuhkan bantuan agar dapat menggunakan layanan tersebut secara optimal.

Dengan menggunakan layanan di Niagahoster anda dapat menghubungi customer support melalui Tiket bantuan, Live Chat dan Telepon selama 24/7. Dengan begitu ketika tengah malam pun memiliki masalah anda dapat konsultasi dengan customer support melalui tiket bantuan, Live chat atau telepon, jadi tidak perlu nunggu besok pagi.

Menariknya layanan dukungan dari Niagahoster justru memberikan respon dalam waktu yang terbilang cepat, hanya  beberapa menit saja. Selain itu pertanyaan yang diberikan pun akan segera direspon dalam waktu singkat dengan sangat ramah. Hal ini dapat membuat mood anda menyenangkan dan tentunya sangat membantu.

Kekurangan Niagahoster sebagai penyedia hosting murah berkualitas

Tak adil rasanya bila kita membahas panjang lebar mengenai kelebihan tanpa melihat kekurangan dari penyedia layanan hosting gratis HTTPS ini. Sebenarnya tak banyak kekurangan yang bisa saya tarik dari Niagahoster, selain harga Cloud Hosting yang terbilang mahal.

Di satu sisi, Cloud Hosting dengan VPS Indonesia memang memiliki harga lebih mahal dari pada jenis hosting lain. Mengingat dari segi keamanan, kecepatan akses, hingga kapasitas yang lebih besar. Belum lagi dengan VPS yang memastikan downtime sangat minim. Adanya pilihan Cloud VPS pun rasanya seperti surga untuk pengguna dengan jumlah pengunjung besar pada website mereka.

Namun bila kita melihat dari segi harga, maka harga yang dibanderol cukup besar. Di Niagahoster, Anda akan diminta merogoh kocek mulai Rp 104,000 per bulan untuk website dengan VPS. Mahal pastinya bila dibandingkan dengan paket lain.

Harapan saya, di balik semua kelebihan dari Niagahoster ini, semoga kedepannya masyarakat Indonesia dapat membuat sebuah website untuk Online shop, Blog atau Company Profile dan jenis jenis website lainya. Sehingga masyarakat bisa menaikan perekonomian melalui Internet dengan membuat sebuah website untuk bisnis mereka.

Nah, bagaimana dengan Anda? Setelah membaca ulasan di atas tak bimbang lagi mencari hosting murah berkualitas bukan?

hosting, server, Web, domain, VPS

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top