3 Teknik Dasar Marketing online bagi Pemula

3 Teknik Dasar Merketing Online bagi pemula agar jualan lebih laku. adapun berjulan dengan Facebook ads, Instagram Marketing, dan Marketplace.

2017-07-25 06.13.5323400.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 1451 Kata.

Marketing adalah memberikan tawaran yang bernilai dengan memenuhi kebutuhan dan kepuasan kepada pelanggan, mitra, klien atau pembeli. Marketing Memiliki Tugas yaitu memenuhi kebutuhan seperti Produk , penetapan harga yang relatif terjangkau tapi masih untung, pengemasan produk sampai ketanggan pembeli, dan Promosi . Tugas Marketing Harus sesuai Target pasar yang telah ditentukan oleh perusahaan tersebut.

Ilmu atau pengetahuan tentang Teknis dasar marketing online didapatkan dari Group Whatsapp dari Rico Huang dan saya share kembali diwebsite ini dengan kata berbeda atau ada yang sama. Anda harus memiliki Jiwa tidak pantang menyerah, Memiliki banyak IDE untuk membuat Strategi Pemasaran dan melihat peluang yang ada sehingga target pemasaran anda meningkat.

Bagi kalian pemula Marketing Online kalian bisa belajar disini dengan membaca artikel disini, BELAJARLAH dengan 1 Langkah lalu Praktek bukan Sekedar Membaca., ada beberapa pilihan antara lain :

 

img

1. Facebook Ads

High Risk, High Gain (Resiko besar, Penghasilan Besar)

Facebook Ads adalah fitur yang diberikan oleh facebook yang diberikan kepada penggunanya untuk mempromosikan Posting (tentang; Produk, Jasa, Artikel dll) yang ada di Fan Page yang sebelumnya sudah dibuat. Jadi anda harus membuat terlebih dahulu Fan Page untuk mengunakan Facebook Ads.

Tenang saya akan membahas Rinci tentang Facebook ads untuk kalian, Hal Pertama adalah membuat Fan Page terlebih dahulu silahkan klik Link ini :
https://www.facebook.com/pages/create/ dan baca Artikelnya disini untuk membuat Fan Page bagi yang belum bisa : http://bit.ly/2uRwGmL.

Setelah Membuat Fan Page silahkan buat Fan Page anda menarik, INGAT JANGAN TERLALU BURU-BURU Facebook ads memiliki Resiko Besar walaupun Hasilnya juga Besar. Apabila kalian menjual Produk Silahkan ikuti agar membuat Fan Page anda menarik Praktekan ini jangan 1 HARI, paling tidak 4 - 7 hari.

  1. Buat Logo Profil dan Cover Fan Page (Elegan atau gaya kekinian)
  2. Update Post di Fan Page anda dengan sesuai Niche/Kategori/Target Sehari Minimal 2 Konten. (Semisal Produk herbal, Buat konten tentang Herbal tersebut)
  3. Apabila mempunyai Produk silahkan menuju Pengaturan Fan Page  → Sunting Halaman → dan Aktifkan Toko agar di tampilkan.
  4. Tambahkan produk di Halaman Toko Fan Page anda
  5. Promosikan Fan Page anda keteman-teman dan Group yang Sesuai Terget dan undang mereka untuk menyukai. (Semisal herbal, Share di Group tentang Pencinta Herbal atau Sejenisnya)

Sebelum Melangkah Cara Facebook Ads, Silahkan Praktekan diatas selama 4 - 7 hari, agar Fan Page anda lebih Menarik, Supaya ketika penguna Facebook mengunjungi Fan Page anda tidak cepat bosan.

Pengelola Iklan

Apabila sudah Fan Page anda menarik, kita lanjut cara beriklan di Facebook. SIlahkan Setting terlebih dahulu dengan klik lini ini : https://www.facebook.com/ads/manager/ .

Silahkan anda menuju Metode Penagihan & Pembayaran. Anda dapat Top Up/Isi Saldo di Facebook Ads dengan Transfer Bank atau Kartu Kredit. Selain itu anda juga dapat mengunakan kartu Mandiri debit yang sudah Aktif VBV untuk melakukan pembayaran Facebook Ads.

Selanjutnya Tonton Video Cara Belajar Facebook ads dan cara membuat iklan Facebook Tersebut :

Bagi Kalian tidak memiliki Website Jangan Sedih, Insya Allah Nanti Saya akan membuat Website kontenya tentang Post Page Produk. Anda dapat Menaruh ID PIXEL didalam Page Produk anda agar bisa beriklan di Facebook - lalu lintas kunjugan. Tunggu Info Selanjutnya di website ini.

 

img

2. Instagram Marketing

Medium Risk, Medium Gain (Resiko Sedang, Penghasilan Sedang)

Ada 500 juta lebih mungkin pengguna Instagram di seluruh dunia, lebih dari 300 juta kemungkinan menggunakan setiap harinya. dan itu adalah Jumlah yang Besar, dari siapapun audiencenya, jenis kelamin, umur, pekerjaan dan hal lainya.

Bagaimana Cara optimasi Akun Instagram anda ?

Anda tidak perlu Beli Followers ataupun Spam Komentar di Instagram orang lain, Anda bisa melakukannya dengan teknik-teknik sederhana.

.1 Informasi Akun Profil Instagram

Hal pertama adalah memberikan Informasi Profil sesingkat dan selengkapnya tentang Nama Akun Anda, Indetitas/Bio Toko, dan Upload juga Foto Profile anda seperti Logo atau garmbar yang ada terkainya dengan Toko/produk anda. 

2. Konten Photo/Video yang menarik

Buat Konten Photo atau Video tentang Produk yang ingin anda pasarkan di Instagram, dan ini adalah Hal Terpenting dalam Instagram marketing. Karena Pengguna Instagram biasanya memfollow akun yang buat dia tertarik dan bermanfaat bagi dia. Ingat membuat konten tujuanya apa ? buat Konsumen atau Hanya sekedar Gaya-gayaan ?. Dan juga ikuti yang sedang Trend atau Populer di lingkungan masyarakat.

3. Caption

Caption yang anda tulis juga memiliki daya tarik sangat kuat buat pengguna lain untuk memfollow anda. Anda dapat Belajar CopyWriting  atau bereksperimen dalam tulisanmu. Buat tulisanmu menarik paling tidak Pengguna Like Konten anda dan juga memberikan komentar.

4. Hastag

Manfaatkan Hastag Semaksimal mungkin dan Ikuti Trendingnya. Hal ini juga memudahkan Pengguna menemukan Bisnis anda. Usahakan Hastagnya ada 10 - 20 Hastag.

5. Follow Akun Instagram sesuai Target

Anda dapat memfollow Kompetitor (apa itu Kompetitor ) anda sehingga anda dapat melihat aktivitas mereka serta tata cara marketingnya.Anda juga dapat Memfollow calon pembeli yang kuat dan saling berinteraksi. Bagaimana melihat Calon pembeli yang kuat ? biasanya anda Cek Followers akun kompetitor anda dan follow semuanya. Calon Pembeli yang anda Follow semisal 1000 orang, paling tidak 10 - 30% mungkin akan FollowBack anda. Sehari Jangan lebih dari 100 Follow akun palign tidak 50 - 100 saja.

6. Aplikasi Bot Instagram

Ada beberapa Aplikasi membantu anda dalam mengelola akun instagram anda secara gratis, Contohnya saja adalah Gramblr. Download juga aplikasi Seperti Editing, Instagram Plus, dan Lainya untuk Memaksimalkan Konten/produk Instagram anda.

Kaitkan Akun Instagram anda Ke Fan Page Facebook

Buka Facebook Fan Page AndaPengaturan Iklan Instagram .

Beralih ke Profil Bisnis Ikuti Panduannya disini : https://www.facebook.com/business/help/502981923235522 .

Bagaimana Cara beriklan di Instagram ? Hampir sama dengan Facebook dan Apabila anda beriklan di Facebook kemudian Fan Page anda sudah terkait dengan akun Instagram anda, anda dapat memunculkan iklan anda di Instagram juga. Info Lebih Lengkap : https://www.facebook.com/business/help/1513393428972189 .

INGAT, LAKUKAN DENGAN SABAR janga TERGESA-GESA. Mungkin 1 Minggu - 2 minggu atau sampai 1 Bulan anda tidak mendapatkan Orderan tetapi setelah Akun Social Media anda Optimal Insya Allah Orderan tiap Orderan akan Mulai di bulan Berikutnya.

INGAT biasanya KERJA diPERUSAHAAN saja anda harus masuk ke MASA PELATIHAN tidak LANGSUNG.

 

img

3. Marketplace

Low Risk, Low Gain (Resiko Kecil, Penghasilan Kecil - Sedang )

Di Indonesia sudah muncul Beberapa Marketplace. Yang kita tau Seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada dan Lainya. Sebenarnya Berjualan di Marketplace anda juga dapat Penghasilan besar asal anda dapat Mengoptimasi Toko Marketplace anda dan Resiko jualan di Marketplace Kecil.

Bagaimana cara kerja jualan di Marketplace ?

  1. Tentukan Nama Akun / Toko atau lapak anda sesuai Bisnis anda.
  2. Informasikan Tentang Toko dan produk anda di Deskripsi Toko, Bio atau Semacamnya.
  3. Upload Produk dengan benar dan menarik
    1. Nama Produk (masukan Nama yang Trend / Populer, Keyword yang sering dicari, dan buat kata yang memikat pembeli)
    2. Tulis Deskripsi yang Benar sesuai dengan produk anda dan tidak menipu, Berikan Copywriting sehingga menarik bagi pembeli membacanya.
    3. Masukan hastag di deksripsi produk (biasanya ini ada di Marketplace Shopee).
    4. Foto Produk yang bagus, seperti aslinya dan Menarik mata pembeli. Jangan membuat Pembeli Menyesal dan merasa tertipu.
  4. Selalu Uptodate di Toko anda, berikan penawaran-penawaran yang menarik.
  5. Selalu gunakan Fitur gratis di Marketplace, seperti di shopee : klik Naikan produk atau di Tokopedia Fitur Promo perjam agar produk anda selalu optimal.

Akun Gratis atau non Premium atau Semacamnya tidak dapat mengunakan Sepenuhnya fitur-fitur lainya. Anda juga dapat Beriklan Prabayar di Marketplace seperti Tokopedia (topAds), Bukalapak(Promoted Push) dan Shopee (iklanku) dll.

Anda juga harus Melihat Kompetitor / Saingan anda. Dan belajar dari Kesuksesan Kompetitor agar meningkatkan Toko di marketplace anda. Anda tidak perlu bersaing dengan Harga, tetapi sesekali anda juga memberikan harga diskon agar Produk anda naik.

Sedikit Cerita mungkin jadi Tips jualan dari Marketplace Shopee:

Saya Pernah memberikan Diskon kepada salah satu produk saya, Untung dari produk tersebut Sedikit karena diskon,
Ketika saat diskon, Produk itu menjadi laku, Setelah masa diskon Habis. PRODUK ITU TETAP LAKU. Karena apa ? Mungkin karena alasan ini :

  1. Review dari konsumen yang banyak
  2. Produk Banyak View atau sering dilihat
  3. Komentar banyak, dan Cepat Tanggap

Apakah Rugi ? menurutku tidaklah Rugi ini sama saja anda Beriklan /  Promosi produk anda dengan membayarnya menurunkan Harga. Tetapi setelah harga Naik kembali produk anda tetap laris dan Tetap UNTUNG.

Berjualan di Marketplace anda harus Ramah kepada Konsumen, REVIEW atau PENILAIAN konsumen itu adalah PENTING. Kenapa ? karena sebagian pembeli Belanja dengan melihat Review dari pembeli lainya. Jangan Sampai anda dapat PENILAIAN BURUK sehingga REPUTASI TOKO anda TURUN.

Apa saja Penyebab Reputasi Toko di Marketplace menjadi Turun :

  1. Chat yang Lambat Dibalas apalagi tidak dibalas-balas
  2. Pelayanan Tidak Ramah
  3. Produk tidak sesuai dan dapat Penilaian buruk.

3 Hal ini sangat cocok bagi anda Pemula Marketing Online. Adapun beberapa cara Marketing online lainya seperti SEO, dan Google Adwords (ads). Ingat dalam Mempratekan Ilmu yang sudah dibaca adalah dengan KESABARAN dengan Mengikuti/mempratekan ilmu yang telah dibaca dengan Pelan atau Steb by Steb. Dan juga anda harus mengetahui apa saja kesalahan anda sehingga tidak terulang dua kali dan paling tidak anda Bereksperimen JANGAN TAKUT GAGAL.

teknik, marketing online, Marketing

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top