7 Pekerjaan Sampingan online yang Mudah di rumah

2016-07-14 02.24.475314.0 / 2

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 1164 Kata.

Banyak sekali orang yang ingin menjadi pegawai tetap di sebuah perusahaan atau instansi, akan tetapi hal ini justru akan terkendala dengan keadaan yang tidak memungkinkan. Mungkin anda adalah seseorang ibu rumah tangga atau mahasiswa. Bagi yang mengalami hal ini, berikut ini adalah beberapa pekerjaan online untuk usaha sampingan selain dari pekerjaan utama anda.

Anda dapat melakukan pekerjaan sampingan ini hanya bermodalkan Internet dan perangkat keras seperti Komputer, laptop dan handphone. Tentunya anda mempunyai salah satu tersebut untuk menjalanakan salah satu pekerjaan sampingan dibawah ini:

7 Pekerjaan Sampingan online yang Mudah di rumah
 

1. Jasa isi Pulsa, Paket Data dan Pembayaran Tagihan

Dizaman sekarang siapa sih yang gak punya handphone? dari hp biasa hingga smartphone. Apabila mereka mempunyai perangkat tersebut berarti rata-rata mereka membutuhkan Pulsa juga bukan? Jadi jasa isi pulsa ini peluangnya sangat besar. Tidak heran kalau banyak Loket atau Ponsel dipinggir-pinggir jalan.

Selain itu anda juga bisa menambah jasa isi paket data, dan pembayaran Tagihan (PLN, PDAM) dan lainya dengan mudah. Apabila ingin Jualan Online yang anda butuhkan untuk melakukan hal tersebut adalah membutuhkan sebuah website, chat atau social media. Konsumen dapat mengisi pulsa di sebuah website atau chat (misal Whatsapp) atau social media. Contoh website isi pulsa: sepulsa.com.

Apabila anda ingin menjual Pulsa dan lainya anda dapat daftar di kioser.com. Selain itu anda juga bisa menggunakan fitur Tokopedia (tokopedia.com/pulsa), Bukalapak (bukalapak.com/pulsa), atau hpulsa.com. Di Tokopedia anda dapat memanfaatkan kode promo agar saat anda membayarkan tagihan misalnya listrik anda mendapatkan cashback. Dan Cashback tersebut dapat digunakan lagi saat ada orang lain ingin membayar tagihan.

Anda dapat membuka loket dirumah anda. Selain jualan pulsa, isi paket data anda juga dapat menerima pembayaran tagihan.

2. Tutorial Kursus Online

Saat ini di luar negeri kursus online sangat popular karena proseesnya lebih cepat, mudah dan dengan kursus online tersebut anda bisa mendapat murid yang banyak. Pada kursus online kita dapat menggunakan media youtube, slideshare, PDF atau artikel dengan membagikan materi tersebut kepada murid anda tanpa harus bertemu dan tatap muka.

Semisal anda ahli dalam bingang Komputer yang telah anda pelajari waktu sekolah atau kuliah. Anda dapat membuat website atau Forum untuk membuat tutorial kursus online.

Contoh website Kursus online:

 

3. Menawarkan Keahlian di Berbagai Situs Freelance

Sudah bukan rahasia lagi jika ketika freelancer terkemuka telah berhasil dan sukses dan mendapatkan uang karena bekerja pada paruh waktu dengan memanfaatkan situs Freelance. Bagi anda yang memiliki skill di bidang menulis artikel, SEO, Programer, Web Development dan Desainer. Anda dapat menawarkan keahlian tersebut di berbagai situs  - situs Freelance.

Contoh Website Untuk Para Freelance:

4. Dropship

Dropship adalah memasarkan produk dari barang Supplier yang telah disepakati dengan pembagian komisi atau fee. Menjadi seorang Dropship anda tidak perlu repot walaupun anda seorang karyawan atau kuliah. Karena Tugas Dropship hanya memasarkan produk supplier lewat online dan Supplierlah yang mempacking serta mengantarkan ke Kurir. Anda akan mendapatkan Data dari produk-produk tersebut sehingga anda dapat optimal memasarkan produknya.

Keuntungan dari Dropship adalah selisih harga atau Fee yang telah disepekati dari supplier. Hal ini sama seperti di Poin 1 (Menjual Produk Online di Website Sendiri atau Social Media (Reseller)) tetapi reseller adalah menjual barang dia sendiri sedangkan dropship hanya memasarkan untuk menjual produk dari supplier.

Adapun Dropship setidaknya memanfaatkan Pasar online.Bagi yang ingin segera membangun bisnis berjualan online tanpa harus pusing memikirkan hal teknis website hosting, domain dan lainnya, bisa menggunakan media marketplace yang banyak sekali tersedia dan beberapa diantaranya telah memiliki nama besar dan reputasi yang baik seperti Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, amazon dan lain – lain.

Selain itu Marketplace banyak memberikan Promo dan Diskon seperti Gratis ongkir atau Potongan ongkir bagi belanja di marketplace mereka. Sebagai Penjual atau seller merasa terbantu juga dengan adanya promo tersebut. Dengan marketplace sebenarnya konsumen tidak perlu repot tanya ke anda sebagai penjual untuk harga ongkir/pengiriman karena biasanya marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak sudah secara otomatis hitung ongkirnya.

Contoh Marketplace di Indonesia:

Adapun Artikel dropship silahkan baca artikel berikut :

Contoh Website dengan Program Dropship:

 

5. Penulis Blog (Writer)

Anda yang ahli dalam menulis dan merangkai kata agar dibaca orang lain. Mungkin pekerjaan sampingan ini sangat cocok untuk anda. Untuk Pemula anda cukup menulis di Blogger.com dengan artikel yang bermanfaat sehingga orang lain terus mengunjungi blog anda.

Dari mana penghasilan Blogger? dari menerima Iklan, Review atau Ulasan atau menjadi Publisher di situs penyedia iklan seperti google.com/adsense, adf.ly, popcash.net dan lainya. Adapun anda juga dapat menjadi penulis diwebsite yang membutuhkan jasa penulis atau mencari di situs Freelance (poin 4).

Pekerjaan sampingan menjadi Penulis cocok buat anda sebagai ibu rumah tangga maupun Mahasiswa yang pandai menulis dan merangkai kata-kata serta paham dibindangnya. Semisal anda Lulusan TKJ atau IT lalu anda Menulis tentang Komputer karena anda ahli dan mengetahui tentang tersebut.

6. VLOG (Youtuber)

Selain menjadi penulis, anda juga dapat membuat video dan mengupload ke youtube. Bagi anda memiliki keahlian skill Multi Media dalam video, semisal membuat Animasi untuk anak-anak yang sesuai syar'i gambarnya (karena mengambar mahkluk hidup seutuhnya dilarang oleh beberapa ulama). Atau membuat Toturial, Video Memasak, Video Edukasi dan lainya sesuai keahlian anda.

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari Youtube anda harus monetize video tersebut. Dengan menjadi mitra melalui monetisasi dengan menampilkan iklan di video anda. Anda akan mendapatkan penghasilan dari setiap video yang anda upload.

Untuk mengaktifkan Monetisasi, Channel youtube anda harus mencapai 1.000 subscriber dan video anda ditonton sampai mencapai 4.000 jam dalam 12 bulan.

7. Refferal & Afiliasi

Cara kerjanya Mengajak orang bergabung atau mengajak orang orang membeli product dari pengembang atau suplier atau dari web yang menyediakan Program Refferal atau Afiliasi. Dengan Mengajak orang tersebut dan melakukan aktifitas (Transaksi atau ketentuan lain) sehingga anda mendapatkan komisi atas aktifitas mereka. Mengikuti program refferal sebagai penghasilan sampingan adalah cara mudah, kenapa? Anda hanya membagi Link atau URL di website, Forum, Social media atau lewat chat.

Dikutip dari salah satu artikel soraya.web.id.
Arti referral dalam aplikasi website adalah sistem yang akan memberikan komisi tertentu yang telah disepakati apabila telah berhasil membawa (refer) pengunjung/pembeli/orang baru ke satu situs yang dimaksud, dan pengunjung tersebut mau bergabung dalam program yang ditawarkan oleh situs.

Arti Afiliasi adalah menggabungkan diri, membuat kontak sosial, hubungan pertalian sosial bisnis. Pemasaran afiliasi yaitu usaha pengembangan bisnis dengan cara membuat hubungan sosialisasi antara individu, badan usaha atau organisasi, yang didasari atas motivasi finansial di mana masing-masing pihak akan mendapatkan keuntungan seperti yang sudah disepakati bersama.

Contoh Website Menyediakan Program Referal atau Afiliasi:

Demikian lah sedikit pembahasan mengenai pekerjaan online untuk sampingan, silahkan anda memilih salah satu diatas dan mencobanya di rumah sembari menjadikan pekerjaan sampingan untuk mengisi masa luang anda di sela-sela waktu pekerjaan utama anda.

Semoga artikel in bermanfaat dan bisa menjadi bahan ilmu pengetahuan dan referensi untuk anda yang akan melakukan pekerjaan sampingan.

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top