Cara Memperbaiki Android Bootloop dengan PC

banyak cara benerin Hp bootloop yang bisa kamu coba salah satunya dengan cara mengatasi bootloop lewat PC. Silahkan simak baik-baik cara memperbaiki Hp yang Blootoop

2017-11-26 09.02.0220780.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 609 Kata.

Bootloop itu adalah salah satu penyakit yang menyerang smartphone berbasis android akibatnya terjadi smartphone tersebut tidak dapat melakukan start up atau masuk ke menu awal/home, tetapi smartphone masih bisa hidup sampai di Booting awal saja, hal tersebut akan terjadi terus menerus sehingga akan mengakibatkan android kamu tidak berfungsi.  Tapi tenang saja, banyak cara benerin Hp bootloop yang bisa kamu coba salah satunya dengan cara mengatasi bootloop lewat PC. Silahkan simak baik-baik cara memperbaiki Hp yang Blootoop yaa…

Cara Memperbaiki Hp yang Blootoop

Pada dasarnya pertanyaan yang biasa ditanyakan tentang bagaimana sih cara mudah untuk mengatasi Hp yang blootoop ? mengapa pas Hp dinyalakan Cuma muncul logo ponsel saja? Kenapa androidnya tiba-tiba mati? Bagaimana supaya Hp saya bisa masuk ke menu?

Jawabannya adalah pertama kamu harus ketahui terlebih dahulu apa penyebab dari kerusakan Hp sampai tidak mau booting. Apa karena akibat ganti costum room yang tidak tepat atau  karena penyebab yang lainnya. Setelah itu barulah kamu akan tahu cara yang tepat untuk memperbaiki Hp yang blootloop. Berikut beberapa permasalahan dan cara mengatasinya.

  • Android Light Blootloop , adalah salah satu masalah blootloop yang tergolong ringan. Permasalahan tersebut terjadi saat kamu menggunakan ponsel untuk bermain game, menginstall aplikasi atau menonton video tiba-tiba terjadi restart atau re-boot sendiri. Dan setelah menyala ternyata Hp tidak bisa masuk ke menu lainnya hanya menampilkan logo saja.
    • Cara mengatasinya adalah kamu bisa memperbaikinya dengan cara melepas baterai Hp android dan memasangnya kembali. Setelah itu coba nyalakan kembali dan bisanya dengan cara itu android anda sudah bisa booting secara normal.
       
  • Android Medium Blootloop, biasanya terjadi akibat dari aktivitas pengguna yang sering mengotak atik fitur-fitur android dan masuk ke system recovery yang merupakan bagian penting dari ponsel yang keadaannya sangat dilindungi sehingga apabila pengguna mengotak atik dan terjadi kesalahan maka akan berakibat blootloop..
    • Cara mengatasinya memerlukan sebuah laptop atau PC sebagai media untuk membackup data recovery image dan file recovery CWM atau aslinya. Cara tersebut biasanya akan berhasil apabila Hp kamu sudah pernah mem-backup  data ROM pada hp tersebut. Sebab jika datanya tidak sama tentu tidak akan bisa di restore seperti semula.
       
  • Android Hard Blootloop, biasanya terjadinya dari aktivitas pengguna saat mengganti Stock ROM yang berbeda, melakukan upgrade sistem operasi atau saat meng-compile APK yang salah. Jadi aktivitas tersebut memicu terjadinya bootloop pada ponsel yang digunakan. Cirri-cirinya adalah saat ponsel dhidupkan tidak bisa masuk ke menu dan tidak bisa diutak atik alias macet total
    • Cara mengatasinya, Karena ini tergolong cukup parah, maka mengatasi blootloop tersebut harus meggunakan Laptop atau PC. Jadi, laptop yang digunakan untuk memberpaiki juga harus di isntal dengan aplikasi khusus untuk menginstall ulang OS android ataupun untuk melakukan flashing Rom (firmware). Akan tetapi cara menginstal masing-masing OS android berbeda tergantung merk dan tipe ponsel itu sendiri.

Adapun   cara memperbaiki Hp yang blootoop  dengan PC bisa anda lakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Bahan-bahan yang harus kamu punya dan kamu siapkan adalah:

  • PC/Laptop
  • Koneksi internet untuk nanti mendownload driver, stockrom, flashtool, dan lain-lain.
  • Download USB handphone kamu.
  • Download aplikasi flashtool yang bisa kamu cari dan download dari blogger-blogger atau pada Playstore.
  • Download stockrom Hp kamu, dan pastikan harus sama.
  • Jika sudah kamu download semua, pertama install driver smartphone kamu.
  • Kemudian lepas USB dan baterai dari Hp kamu dan lalu pasang kembali tanpa menggunakan batterai.
  • Lalu kamu tekan dan tahan volume up dan tombol power bersamaan sampai nanti muncul tulisan di PC.
  • Selanjutnya buka SP flashtool dan lalu kli scatter-loading.
  • Ekstrak stock rom hp anda lalu pilih “****android-scatter.txt
  • Cabut USB hp kamu lalu klik download pada sp flashtool.
  • Lalu pasang kembali USB ke Hp kamu.

Tunggu proses SP flashtool selesai hingga 100% dan mengeluarkan gambar O/bulat hijau, dan pada akhirnya Hp kamu bisa kembali digunakan, selamat mencoba, semoga bermanfaat

Smartphone, perbaikan, phone, Service

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top