Cara Mengatasi Sistem Android yang Tidak dapat Merespon

Bagaimana cara perbaiki sistem android? Sebenarnya ada banyak sekali faktor penyebab sistem operasi android bisa rusak bahkan hilang. Bisa saja karena gagal saat melalukan update OS, gagal root android, sampai parahnya

2017-12-02 19.00.2131965.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 586 Kata.

Jika handphone android anda tiba-tiba bertingkah aneh seperti lelet, atau setiap kali membuka menu pengaturan android selalu force closed, dan bahkan samasekali tidak bisa menjalankan game dan aplikasi entah itu bawaan default android ataupun yang diinstall dari Google Play Store. Tentunya anda bertanya-tanyabagaimana cara memperbaiki sistem sistem android rusak bahkan juga untuk cara memperbaiki sistem android error.

Cirri –ciri sistem android rusak adalah saat anda tidak bisa membuka menu pengaturan, padahal seperti yang kita ketahui di pengaturan atau setelan ini kita bisa mengatur tentang segala macam mulai pengaturan sim card, kecerahan layar, notifikasi dan pengaturan lainnya. Apabila menu seting android tidak bisa dibuka maka otomatis anda tidak akan bisa lagi mengatur Handphone android yang anda miliki.

Tanda lainnya adalah setiap anda membuka aplikasi bawaan ataupun aplikasi lainnya selalu saja error, selalu kembali ke menu utama dan lebih menyebalkan lagi terkadang sebuah aplikasi selalu loading, Hang, dan pada akhirnya malah muncul error force closed sehingga kinerja android menjadi sangat lambat bahkan tidak bisa merespon dan tentunya tidak nyaman untuk andagunakan.

Lalu apa yang menyebabkan sistem android rusak? Bagaimana cara perbaiki sistem android? Sebenarnya ada banyak sekali faktor penyebab sistem operasi android bisa rusak bahkan  hilang. Bisa saja karena gagal saat melalukan update OS, gagal root android, sampai parahnya tentu saja karena kerusakan hardware seperti emmc ataupun komponen lainnya. Apabila android rusak karena masalah hardware  maka satu-satunya solusi adalah anda harus mengganti hardware yang rusak tersebut ke tempat service.

Namun bagaimana cara memperbaiki sistem android yang rusak  bukan karena hardware? Solusi termudah perbaiki sistem android yang pertama adalah dengan melakukan -factory reset- atau kembali ke setelan pabrik. Untuk melakukannya bisa lewat menu -recovery mode android-. biasanya dengan menekan kombinasi tombol Power dan Volume bawah saat melakukan boot kemudian pilih –Wife Data/ Factory Reset- sehingga nantinya Hp android anda kondisinya akan kembali seperti semul, akan tetapi otomatis semua data dan aplikasi yang disimpan di memori internal akan hilang.

Apabila anda sudah melakukan cara di atas sebelumnya, tetapi masih belum bisa berhasil atau Handphone anda tetap error dan rusak, dan anda tetap tidak bisa masuk ke menu, tidak bisa menjalankan berbagai aplikasi dan game, itu artinya bahwa sistem operasi Android anda memang sudah benar-benar telah rusak dan harus dilakukan sistem upgrade atau update ke OS terbaru.

Anda harus download terlebih dahulu firmware sesuai dengan Type handphone android anda, kemudian lakukan proses flashing atau update menggunakan komputer. Untuk lebih detailnyaanda bisa simak langkah-langkah  Flashing berikut ini:

  • Siapkan kostum ROM, Silahkan anda cari di Google ROM yang cocok untuk tipe HP anda dan mempunyai sedikit BUG.
  • Kostum ROM harus dalam bentuk ZIP
  • Hubungkan HP anda ke PC atau laptop dengan menggunakan kabel data.
  • Silahkan pindahkan ROM lama ke perangkat komputer, kemudian transfer ROM yang beru pada smartphone android kalian.
  • Selanjutnya silahkan unduh aplikasi Quick Boot lalu install.
  • Jika selesai diinstall, silahkan aktifkan aplikasi Quick Boot tersebut. Jika sudah, maka anda akan melihat tampilan opsi kemudian tekan tombol “Recovery”. Nah, dengan melakukan cara ini, maka smartphone anda akan masuk pada Mode recovery dengan begitu, proses flash sudah dapat dimulai.
  • Kemudian akan muncul tampilan recovery lalu pilih menu Choose Zip from sdcard
  • Setelah itu, anda akan diminta untuk memiliki data atau file yang bakal dimasukan pada perangkat android anda. Jika sudah maka anda akan dimnta untuk melanjutkan program atau tidak. Jika lanjut, silahkan ketik YES.
  • Maka sistem akan memindahkan file atau data ke dalam format ZIP pada ROM, kemudian klik Reboot system Now, maka sistem akan kembali seperti semula.

Nah, itulah cara perbaiki sistem android yang bisa anda coba lakukan. Terima kasih, semoga bermanfaat

rusak, Android, sistem, os

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top