Artikel

Teknologi Gadget

Cara Menghapus Aplikasi Android Sampai Bersih

Android rupanya masih menjadi sistem operasi smartphone yang  memiliki paling banyak penggunanya dibandingkan dengan sistem operasi lainnya. Akan tetapi dibalik kelebihannya, android memiliki kekurangan yang paling sering dialami oleh para penggunayaitu berkurangnya performa ponsel setelah penggunaan beberapa waktu. Pada awal penggunaan android memang terasa gesit setiap mengeksekusi berbagai macam aplikasi, Tapi lama kelamaan, android akan kehilangan dayanya atau sering dibilang Lemot.

Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah ponsel, seperti banyaknya aplikasi sehingga menjadi penyebab utama android menjadi lambat atau lemot sehingga diperlukan untuk melakukan uninstall aplikasi android. akan tetapi dengan melakukan uninstall aka meninggalkan file sampah pada smartphone anda, jadi tanpa pikir panjang biasanya para pengguna akan langsung main hapus saja padaha proses tersebut akan meninggalkan data dan cache dari aplikasi tadi.

Cara Menghapus Aplikasi Android Sampai Bersih

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghapus alikasi android hingga bersih bahkan sampai ke akar-akarnya baik secara langsung maupun dengan bantuan beberapa aplikasi, berikut langkah-langkahnya:

  1. Silahkan aktifkan ponsel android anda, kemudian langsung menuju menu setting atau setelan,
  2. Kemudian carilah fitur atau menu “Manager Aplikasi” /App Manager, maka anda akan ditujukan ke sekumpulan aplikasi yang pernah anda download. Dan silahkan anda pilih aplikasi mana yang akan hapus.
  3. Sebelum anda melakukan uninstall atau  menghapus instalan sebaiknya hapus datanya dulu untuk membuang data yang tersimpan, data tersebut adalah data bekas aplkasi atau game yang pernah anda mainkan berlevel-level itu, silahkan anda hapus datanya maka setelah itu akan muncul notifikasi untuk meyakinkan bahwa anda akan menghapus semua data aplikasi tap saja OK kemudian anda hapus instalan.

Cara di atas tidak berlaku untuk virus yang telah menyatu dengan sistem android anda, jika virus sifatnya memandel dan tidak bisa untuk dihapus, sebaiknya di riset kembali ke setelan pabrik, akan tetapi akibatnya semua aplikasi dan data internal akan hilang semua, jika di reset masih tetap ada maka cara terakhir adalah dengan flashing.

Selain cara itu, anda juga bisa Uninstal aplikasi Android sampai bersih dengan cara menggunakan bantuan aplikasi SD Maid dan Clean Master, berikut cara-caranya:

SD Maid:

  • Buka aplikasi SD Maid yang telah anda download dan kemudian install
  • Pilih fitur AppControl yang ada di sebelah kiri, kemudian ketuk tulisan “to start press”. Tunggu sampai proses scanning selesai.
  • Setelah  selesai melakukan scaning, pilih aplikasi atau game yang akan kamu Uninstal atau hapus.
  • Akan muncul beberapa pilihan dan pilihlah yang ada tulisan “delete the app and its data”.
  • Dan tunggu sampai selesai melakukan penghapusan.

Clean Master:

Clean  master  ini merupakan sebuah aplikasi buatan KS Mobile. Selain SD Maid, clean master juga mampu membatu dalam mengoptimalkan kinerja android. fitur yang ada di clean master adalah Junk Files, Memory Boost, Privacy, dan App Manager.

Penggunaannya sendiri adalah dengan mengkombinasikan SD Maid dengan Clean Master. SD Maid digunakan untuk menghapus aplikasi, sedangkan clean master saya gunakan untuk menghapus cache dari beberapa aplikasi, seperti aplikasi yang telah di Uninstal dan Junk files. Jika anda ingin mendapatkannya silahkan anda download di Google Play.

Kedua aplikasi tersebut hanya ke sekian dari banyaknya aplikasi yang ada di Google Play. Tentnya masih ada tool aplikasi lain yang lebih dari ini karena semua aplikasi mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing tinggal bagaimana keterampilan kita untuk mengkombinasikannya. Dari beberapa cara tersebut diatas, Intinya sebelum anda menghapus atau uninstall maka hapus dulu data dan cachenya, sehingga tidak ada file apapun yang tertinggal yang bersangkutan dengan aplikasi yang akan dihapus.

Demikian ulasan mengenai cara uninstall aplikasi android sampai bersih, artikel di atas merupakan penjelasan bagaimana untuk memaksimalkan penghapusan aplikasi android secara langsung dan dengan bantuan aplikasi lainnya. Tentu masih ada banyak alternative lain yang bisa anda jadikan solusi. Terima kasih, semoga bermanfaat



0 73 0.0/ 0
Cara Menghapus Aplikasi Android Sampai Bersih
0.05
Banyak faktor yang mempengaruhi kinerja sebuah ponsel, seperti banyaknya aplikasi sehingga menjadi penyebab utama android menjadi lambat atau lemot sehingga diperlukan untuk melakukan uninstall aplikasi android.

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK