Merawat Ram Android untuk Memaksimalkan Penggunaannya

kinerja smarthphone maka dibutuhkan yang namanya aplikasi dan otomatis kapasitas RAM pun semakin berkurang, sehingga anda butuh merawat RAM android anda

2017-12-07 19.06.194055.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 494 Kata.

Saat ini, hampir semua orang dunia menggunakan smarthphone, seperti namanya ponsel pintar satu ini dapat digunakan dalam berbagai hal karena kecanggihannya dibandingkan Hp jaman dahulu, dan untuk mendukung kinerja smarthphone maka dibutuhkan yang namanya aplikasi dan otomatis kapasitas RAM pun semakin berkurang, sehingga anda butuh merawat RAM android anda.

RAM adalah salah satu komponen yang penting pada Android, penggunaan RAM menjadi pertama dan utama dalam performa perangkat android. semakin banyak anda menggunakan aplikasi di background maka akan semakin mengurangi RAM, sehingga android anda akan lemot. Dengan begitu anda perlu untuk merawat RAM android anda untuk memaksimalkan penggunaanya.

Tips dan Trik Merawat RAM Android

Berikut di bawah ini adalah tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan serta menghemat RAM pada android anda, diantaranya:

  1. Install aplikasi seperlunya

Untuk  RAM yang di bawah 1 GB (missal 512 MB), gunakanlah aplikasi secukupnya, jangan install aplikasi Massenger pada semua perangkat, pilihlah salah satunya untuk terhubung dengan semua kontak teman seperti WhatsApp dan juga BBM yang bisa menjadi alternative. Lakukan force stop aplikasi, kemudian bukalah untuk melakukan pengecekan pesan yang masuk.

  1. Kurangi penggunaan Aplikasi pada Background

Jika smarthphone anda berjalan semakin hari semakin lambat maka bisa jadi penyebabnya adalah karena banyak aplikasi yang berjalan pada background. Masalah banyaknya jumlah aplikasi yang berjalan di background tersebut anda cukup mengeluarkan program dari aplikasi2 tersebut, setelahnya anda usahakan untuk tidk menjalankan berbagai aplikasi pada background.

  1. Sediakan memori bebas sekitar 30%

Banyaknya anda menginstall aplikasi, maka membuat kapasitas RAM semakin berkurang, untuk itu anda harus sering melihat RAM  yang tersedia dan jangan sampai digunakan semuanya sehingga kerja smarthphone anda semakin lemot. Batas maksimal agar tidak lambat ialah 30% dari besarnya RAM tersebut.

  1. Matikanlah android anda secara berkala

Smarthphone yang dimatikan secara berkala dan kemudian dinyalakan kembali akan memiliki jumlah RAM kosong lebih besar, karena smarthphone tersebut belum menjalankan terlalu banyak aplikasi. Sedangkan smarthphone yang jarang dimatikan akan memiliki sisa RAM yang lebih sedikit.

  1. Hindari menggunakan Live Wallpaper dan Widget yang berlebihan

Jika anda ingin menghemat pemakaian RAM, sebaiknya anda tidak menggunakan Live wallpaper atau memasang lebih banyak widget. Meski hal tersebut memperindah tampilan antarmuka, selain menguras baterai juga bisa lebih banyak memakan RAM yang digunakan. Tips nya anda pilih wallpaper statis untuk memperindah penampilan halaman utama smarthphone anda dan memasang widget seperlunya.

  1. Gunakan Browser Opera Mini dan UC Browser Mini, Smart Launcher pilihan smart, karena browser tersebut lebih irit dibandingkan browser lainnya seperti Chrome & Mozilla FireFox.
  2. Install aplikasi untuk memaksimalkan RAM

Aplikasi dengan fungsi root bisa menjadi pilihan diantaranya:

  • Titanium Backup & Link2SD
  • Seeder
  • Greenify
  • Lagfix
  • RAM Booster/ Root
  1. Lihat pemakaian RAM pada android melalui settings > Apps > Manage App > geser kanan sampai bagian Running, maka anda bisa lihat pemakaian RAM dari semua aplikasi yang ada diperangkat.

Demikianlah informasi mengenai tips dan trik merawat RAM Android untuk memaksimalkan serta mengoptimalkan penggunaanya, mudah bukan? Dari semua tips tersebut hal yang terpenting adalah anda tidak perlu berlebihan dalam menginstall aplikasi, gunakanlah seperlunya agar kapasitas RAM tidak cepat habis sehingga memaksimalkan performanya. Sekian, semoga bermanfaat

Smartphone, Android, ram

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top