Tips Cara Merawat Hardware dan Software Smartphone Android

Cara merawat Smartphone android dari Casing, Kamera, Baterai, Layar Sentuh, Virus hingga tips agar tidak Lemot. Agar smartphone android tidak rusak dan terjaga.

2017-12-11 10.04.359565.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 3112 Kata.

Smartphone Android sekarang banyak Peminatnya dari Anak-anak hingga orang dewasa memainkan smartphone OS android tersebut. Selain itu Harga Smartphone yang berbasis sistem operasi Android ini harganya sudah terjangkau. Smartphone dengan sistem operasi Android ini sangat mudah dimainkan apalagi dengan tampilanya yang menarik serta Aplikasi dan Game yang bisa di download di Google Playstore. Tetapi Smartphone Android dengan Layar Sentuh dan bermacam model dari Besar dan tipis hingga kecil membuat penggunanya bisa kelalaian. Tidak hanya itu mendownload atau mengakses sesuatu sembarangan bisa mendatangkan Virus hingga Sistem Operasi Android error. Sehingga banyak Smartphone yang rusak akibat Penggunanya dari Fisik luar maupun dari dalam (Software).

Maka dari itu sebagai Pengguna yang pintar merawat smartphone android adakalanya memperhatikan smartphone agar tidak Rusak. Silahkan Baca Tips Cara Merawat Hardware dan Software Smartphone Android :


Cara Merawat Android Layar Sentuh

Cara merawat Android layar sentuh memang salah satu hal yang sangat penting yang harus anda ketahui dan lakukan setelah anda membeli sebuah Handphone Android,  karena Setiap orang pasti menginginkan barang yang berkwalitas bagus terutama smarthphone yang dimilikinya agar tetap awet dan tidak mudah rusak serta selalu terlihat seperti beli baru.

Tidak menutup kemungkinan jika anda selalu melakukan kebiasaan buruk dan melakukan perawatan yang salah terhadap android anda sehingga akan mempengaruhi kinerja, daya baterai, sampai terhadap layar sentuh yang sulit untuk di tapping atau mengalami error, sehingga anda pun terkadang kesal sendiri.

Beberapa Cara Merawat Android Layar Sentuh

Untuk melindungi serta merawat android layar sentuh anda agar tetap berfungsi dengan baik dan selalu terlihat bagus seperti baru, maka silahkan anda simak tips atau cara merawat android layar sentuh di bawah ini diantaranya:

  1. Jangan Gunakan Android anda saat sedang di Charge/mengisi baterai

Dibenarkan jika daya tahan baterai android tidak akan bertahan lama dan juga cepat habis, terlebih jika anda sering menggunakannya secara aktif Android anda seperti bermain game online, Chattingan saat Hp android anda sedang mengisi daya. Justru hal tersebut dapat menjadi boomerang, sehingga layar sentuh akan error dan lainnya.

  1. Gunakan Jari Tangan dan Stylus

Jangan menggunakan alat lain untuk mengoperasikan Hp Touchscreen, hanya gunakan jari tangan untuk melakukan drag, tap dan aktifitas lainnya jika tidak ada semacam stylus/pencil yang khusus dari Android anda.

  1. Gunakan Anti Gores (screen protector)

Sedialah payung sebelum hujan, ada banyak macam screen protector dari harga yang paling murah tetapi mampu melindungi Android anda agar terhindar dari goresan.

  1. Matikan layar jika sedang tidak digunakan

Jika layar sentuh dibiarkan menyala saat tidak digunakan maka akan menyebabkan masalah yaitu berkurangnya intensitas komponen emisi cahaya serta kwalitas warna yang dimiliki smarthphone anda.

  1. Jangan menekan layar dengan keras

Biasanya hal ini sering terjadi ketika sedang bermain seru bermain game atau aplikasi lainnya, bila hal ini terjadi terus menerus maka lama kelamaan layar sentuh smarthphone anda akan rusak, dan fatalnya mungkin LCD nya juga akan rusak, jadi berhati-hatilah saat menekan layar.

  1. Selalu bersihkan layar smarthphone anda

Hal ini adalah yang paling mendasar pada smarthphone layar sentuh untuk membersihkan layar secara rutin menggunakan kain yang lembut/tissue. Atau kain khusus pembersihnya yaitu kain microfiber untuk membersihkannya.

  1. Jauhkan smarthphone anda dari medan magnet

Jika smarhphone anda terlalu sering berada dekat medan magnet biasanya terdapat pada barang elektronik, maka hal ini dapat memicu kerusakan pada smarthphone juga layar sentuhnya dan menyebabkan kurangnya sensitivitas pada layarnya.

  1. Hindari menyimpan android anda dari bawah sinar matahari lansung agar layar pada smarhphone anda tetap memiliki kwalitas yang baik.

Demikianlah pembahasan mengenai cara merawat android layar sentuh, bukan sebuah hal yang sulit untuk menjaga layar sentuh Hp android anda agar tetap terlihat bagus dan awet. Anda hanya perlu menjauhkan atau menghentikan kebiasaan buruk anda, dan tentunya jika anda mencoba cara merawat sndroid layar sentuh di atas bisa lebih memperlakukan Hp android anda dengan baik sehingga selalu terlihat baru.
 

Tips Merawat Casing Android Yang Paling Simple

Pada zaman sekarang ini memiliki sebuah smarphone android merupakan sebuah keharusan. hal ini dikarenakan smartphone android sangat memudahkan kita dalam berkomunikasi denga teman, keluarga, rekan kerja, dll. Nah untuk itu kita harus pandai pandai merawat smartphone kita terutama bagian casing. Kenapa casing ? pertanyaannya akan dijawab pada artikel  yang  akan membahas  seputar Tips Merawat Casing berikut ini.

Tips dan Trik Merawat Casing Android

Sebelum kita membahas tips merawat casing andoid alangkah baiknya memabahas kegunaan casingnya terlebih dahulu. Casing merupakan bagian utama smartphone yang terbuat dari bahan bahan yang cukup keras dan kuat yaitu bertujuan untuk melindungi bagian luar smartphone. Kerusakan casing bisa diakbiatkan oleh beberapa hal seperti terjatuh , terbentur dengan benda benda keras dan akibat penggunaannya yang tidak benar.

Kerusakan yang pada umumnya sering terjadi pada casing smarphone dianataranya warna casing yang memudar, retak, terdapat goresan pada casing smarphone, dan masih banyak lagi kerusakan kerusakan lainnya. kini anda tak perlu risau lagi karena kita akan memberikan tips merawat casing android paling simple dan sederhana. Simaklah ulasannya sebagai berikut ini:

  1. Rajinlah Membersihkan Casing

Rajin-rajinlah membersihkan casing smartpone anda. hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan yang diakibatkan oleh debu dan kotoran-kotoran yang menempel pada sela sela casing. Anda bisa membersihkan nya dengan cara mengggunakan alkohol. Tuangkan alkohol pada kain yang bertekstur lembut atau bisa juga tuangkan pada tisu, kemudian lakukan pembersihan secara menyeluruh. Pastikan cairan alkohol tersebut tidak mengenai bagian bagian lainnya seperti layar, tombol, speaker, karena ada beberapa type smartphone yang sangat sensitif akan air yang bisa menyebabkan kerusakan yang cukup parah.

Selain menggunkan alkohol anda bisa juga menggunakan sabun, dengan cara menungkan sedikit cairan sabun pada ke casing kemudian bersihkan dan ratakan menggunakan tissue, kapas, atau korek kuping. Terakhir keringkan casing dengan menggunakan lap, tissue kering.

Selain dengan kedua cara tersebut ada cara yang lainnya juga yang pastinya akan membuat casing smartphone anda semakin cling dan kinclong, yaitu dengan menggunkan sabun pembersih tangan ( handwash). Tuangkan sedikit cairan handwash pada tangan anda kemudian cuci tunggu beberapa saat hingga tangan anda dalam kondisi sedikit kering. setelah itu lap casing secara perlahan dan hati hati. Pastikan tidak ada air yang mengenai bagian lain dari smartphone anda.

  1. Lindungi Dengan Pelindung Casing

Lindungilah casing smartphone anda dengan menggunakan alat pelindung smartphone diantaranya siikon, kondom, dompet hp, dll,  untuk meminimalirsir terjadinya kerusakan akibat benturan yang cukup keras, terjatuh, dan tercebu kedalam air. pelindung casing tersebut sekarang ini sudah dijual bebas dipasaran, konter, dan toko toko assesories handphone lainnya.

  1. Tips yang terakhir untuk melindungi casing anda dari kerusakan yang diakibatkan  oleh memudarnya warna casing yaitu bisa dilakukan dengan menggunakan pelindung garskin. Dan sudah banyak pengguna smartphone android yang memakai pelindung garskin untuk melindungi smartphonenya dan cara ini cukup efektif.

Apakah anda sudah membacanya? Gimana cukup simlpe, tidak susah dan tidak membutuhkan waktu lama kan. Sekarang anda bisa mempraktekkan Tips Merawat Casing Android paling Simple ini  di Rumah.
 

Bagaimana Cara Merawat Kamera Android Yang Aman dan Benar

Cara Merawat Kamera Android. Orang-orang zaman sekarang dalam membeli Smartphone bukan melihat dari merk, Ram, Rom, dll. tetapi lebih banyak memburu handphone android yang memiliki kamera dengan ukuran mega pixel yang ukuran paling tinggi dan resolusinya paling bagus. Tidak peduli dengan harga yang super melambung yang diberikan oleh smartphone tersebut, yang mereka pedulikan adalah lensa kamera android  yang mampu menghasilkan kualitas gambar yang bagus. Serta bisa mengabadikan berbagai moment paling berharga mereka.

Meskipun memiliki kamera smartphone yang bagus namun semua itu akan percuma jika anda tidak merawatnya dengan baik. Nah untuk itu kita akan memberikan tips kepada anda tentang bagaimana cara merawat kamera android yang aman. Berikut penjelasannya :

Tips Dan Cara Merawat Kamera Android

  1. Bersihkan Kamera Dari Kotoran Dan Debu

Kotoran dan debu yang menempel bisa berpengaruh terhadap kamera smartphone sehingga gambar yang dihasilkan jelek. Gunakan kain lembut, tissue, kapas, ataupun cotton bud untuk membersihkannya. Bersihkan secara perlahan supaya tidak menimbulkan goresan pada kamera. Dan yang harus diingat yaitu jangan menggunakan tangan secara langsung dalam membersihkan kamera smartphone anda, hal ini bisa berpengaruh pada kualitas ketajaman sebuah kamera.

  1. Hindari dari paparan sinar matahari langsung

Nah bagi anda yang suka berfoto ditempat tempat terbuka yang mudah terpapar  langsung oleh sinar matahari. Hal ini bisa mengakibatkan Lensa kamera android anda akan cepat rusak.

  1. Hindari Benturan Denngan Benda Keras

Smartphone yang memiliki satu kesatuan antar bagian bagiannya. Sehingga apabila smartphone anda terbentur dengan benda-benda keras , selain bisa berpengaruh pada bagian luar seperti casing, akibat benturan juga bisa berpengaruh pada kualitas kamera. Lindungilah ponsel anda dengan menggunakan hardcase atau softcase karena penggunaan softcase dan hardcase bisa memberikan jarak antara lensa kamera dengan tempat yang anda gunakan meletakkan smartphone. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya benturan dengan benda keras, terjatuh,tergores, dll.

  1. Pastikan Jangan Samapi Terkena Air

Air termasuk penyebab paling utama , terutama hindari terkena air laut, karena hal ini bisa menyebabkan beberapa komponen smartphone mudah berkarat, selain itu kamera pada smartphone anda akan menghasilkan jempertan yang burem, dan jelek.

  1. Hindari menyimpan smartphone di atas benda yang mengandung magnet

Barang barang yang mengandung magnet diantaranya TV, Radio, dan komputer. hindari menyimpan smartphone anda pada barang tersebut, karena bisa merusak smartphone anda dan mempengaruhi kualitas kamera.

  1. Hindari Mnenaruh Smartphone Disembarang Tempat

Pastinya anda sering menaruh smartphone anda disembarang tempa, seperti meja, kursi, lantai, dan tempat tempat yang memiliki permukaan keras. Nah hal semacam itu harus anda hindari karena bisa menyebabkan lensa kamera android anda tergores, dan akhirnya berpengaruh pada hasil jempretan foto/ video kurang bagus.

Bagaimana cukup mudah kan cara merawat kamera android kali ini . saat ini Anda bisa mencobanya dirumah dan jangan pernah bosan –bosan untuk merawatnya karena kamera pada smartphone merupakan bagian yang paling sensiitif. Oleh karena itu jagalah smarphone anda sebaik mungkin. Anggaplah seolah olah smartphone anda itu diri anda sendiri, yang harus selalu dijaga dan dirawat sebaik mungkin.
 

Tips dan Cara Merawat Baterai Android Agar Awet

Merawat Baterai Android Agar Awet dapat anda lakukan dengan mudah.Bukan sebuah rahasia lagi bahwa masalah yang dihadapi oleh sebagian besar pengguna smartphone adalah kenyataan bahwa baterai hp smartphone mereka tidak bisa bertahan lama.

Cara Merawat Baterai Android Agar Awet

Smartphone android mengonsumsi baterai dengan sangat cepat, sehingga pemakaian hp pun tidak bisa bertahan secara lama. Berikut ini akan dibahas beberapa cara Merawat Baterai Android Agar Awet:

  1.  Jagalah brightness android anda supaya tetap rendah

Mengurangi intensitas cahaya pada layar smartphoneandroid dapat mengurangi pemakaian baterai dengan signifikan. Bagian layar adalah komponen android yang mengonsumsi baterai terbesar apabila dibandingkan dengan komponen – komponen lainnya.

  1. Putuskan koneksi bluetooth, gps, wifi, serta koneksi lainnya yang tidak dipakai

Jika anda tidak sedang berada di tengah perjalanan, maka menonaktifkan fitur GPS merupakan sebuah pilihan yang tepat. Disamping itu, apabila anda tidak menggunakan Bluetooth ataupun fitur lainnya, maka mematikannya juga merupakan sebuah tindakan yang bisa menambah usia dari baterai anda. Fitur-fitur lain seperti Bluetooth, GPS, dan WiFi adalah fitur yang selalu mencari sinyal dari device yang ada, sehingga  hal tersebut cukup menambah beban dari baterai hp android.

  1. Pakailah Fitur Sync Dengan Tepat

Fitur Sync pada Android tidak harus selalu dinyalakan, sebab itu merupakan fitur yang tidak memerlukan aktivitas yang rutin. Nyalakan Sync hanya pada saat anda sedang men-charge untuk menjaga baterai tetep awet.

  1.  Gunakan WiFi dibandingkan paket data

Memakai WiFi dapat mengurangi masalahmu terhadap cepatnya baterai yang berkurang. Sebab dengan memakai WiFi, maka aktivitas dari pencarian sinyal internet yang dilakukan oleh android anda juga secara otomatis dimatikan sehingga baterai anda akan tetap awet.

Tips Merawat Baterai Android Agar Awet

Disamping cara – cara diatas, anda juga dapat menggunakan tips Merawat Baterai Android Agar Awet berikut ini:

  1.  Kunci hp anda ketika tidak digunakan

Selain mengurangi intensitas cahaya pada layar, mengunci smartphonemu juga akan membuat sistemnya dalam kondisi Sleep. Dengan demikian, konsumsi baterai yang dipakai pun juga akan lebih sedikit. 

  1. Selalu matikan aplikasi yang tidak digunakan

Setelah anda menggunakan suatu aplikasi, anda jangan lupa untuk mematikannya. Hal ini bertujuan untuk menghindari konsumsi dari data yang berlebihan serta dapat menghemat baterai android anda.

  1. Jaga android anda dari suhu yang ekstrim

Baterai hp anda tidak akan bertahan optimal jika berada pada suhu lingkungan yang terlalu panas ataupun lingkungann yang terlalu dingin. Oleh sebab itu, tetap pertahankan hp anda pada lingkungan dengan suhu ruangan.

  1. Lihat jangka waktu pengisian

Jangka waktu pengisian dari sebuah hp harus tetap dijaga. Jangan sampai anda membiarkan hp anda tercharge dalam jangka waktu yang berlebihan atau pengisian melebihi 100 %. Baterai hp memiliki sebuah kapasitas daya tampung yang sudah ditetapkan.

  1. Minimalkan penggunaan dari power bank

Memakai power bank untuk pengecasan merupakan suatu hal yang banyak dilakukan oleh pengguna androud. Sebenarnya hal ini bukanlah sebuah masalah, namun jangan terlalu sering mengecas hp dengan menggunakan power bank apabila anda sedang berada dirumah. Terlalu sering mengecas hp dengan menggunakan power bank sangat tidak baik untuk kondisi hp anda. Sebab kebanyakan power bank dapat membuat baterai hp menjadi mudah panas.
 

Merawat Android dari Virus Agar Kecepatan Tetap Stabil

Sebelum kita beranjak pada merawat android dari virus, alangkah baiknya kita perlu tahu kalau setiap android yang diciptakan pastilah dibarengi dengan seperangkat aturan, termasuk bagaimana bila sistem itu bermasalah, misalnya lemot atau rusak, dan apabila rusaknya akibat benturan dari luar hingga mengakibatkan salah satu perangkat kerasnya rusak, mungkin memang tidak mungkin lagi bisa diperbaiki, tetapi bila rusaknya itu karena sesuatu yang berasal dari dalam, inilah yang menjadi pembahasan kali ini.

Karena itulah anda perlu tahu merawat android dari virus, karena salah satu penyebab android rusak karena adanya virus. Virus itu sendiri bukan semacam penyakit, tetapi virus itu adalah sebuah sistem yang merusak sistem operasi dalam ponsel android anda.

Ini Dia Cara Merawat Android dari Virus Agar Kecepatan Tetap Stabil  

Nah sebelum kita tahu cara merawat android dari virus agar kecepatan tetap stabil, disini kita juga membahas beberapa jenis dari virus android, dan dampak dari virus itu sendiri seperti apa, dan tak lupa sebagai solusinya akan dibahas cara merawat android dari virus tersebut.

Virus untuk yang Suka Buka Bokep

Perlu agan-agan ketahui nih, konten video porno ini adalah sarangnya virus, setidaknya ada 2 virus yang dilansir karena sering membuka konten pornografi, yakni engriks dan cyberpolice, jika engriks ini akan memunculkan tampilan-tampilan aneh pada layar ponsel anda, sedangkan cyber police ini akan memunculkan pop up yang membuat pengoperasian anda akan terkunci, selain itu juga berisi ancaman, misalnya saja harus mentransfer sejumlah uang dalam bentuk itunesgift yang apabila tidak dipenuhi semua data akan dihilangkan.

Virus Kantong Bolong

Virus ini benar-benar akan mematikan seluruh sistem operasional dalam ponsel android kamu, dan apabila sudah terserang virus yang satu ini, kemungkinan untuk dapat dipulihkan sistem operasinya, kemungkinannya sangat tipis guys, kecuali memang kamu harus membeli lagi, benar-benar bikin kantong bolong bukan?

Virus ini misalnya disebut shedun, shuanet dan shiftybug dengan cara kerja karena kita sering membeli aplikasi dari pihak ketiga dan bukan dari toko online resmi, misalnya dari playstore, setelah terinstal di aplikasi korban, maka akan me-root perangkat, menanamkan embed ke sistem level services mereka, mengelabui sistem dengam menyaru sebagai perangkat aplikasi yang sudah populer macam facebook, twitter, instagram, hingga permainan seperti candy crush. Anda takkan pernah tahu jika ada beberapa aplikasi yang sebenarnya virus, cepat atau lambat akan merusak ponsel android anda, hingga pada puncaknya ponsel anda benar-benar mati sama sekali.

Virus Saat Android Tiba-Tiba Mati

Jika suatu ketika ponsel android anda mati padahal hape tadinya telah terisi penuh, maka berhati-hatilah barangkali ponsel anda terinveksi virus poweroff hijack. Cara kerja dari virus ini adalah pada saat ponsel android anda mati, maka disitulah semua data akan diakses oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dampak Virus Android

Dampak dari virus android itu misalnya kemampuan baterai yang tiba-tiba turun, baterai sudah diisi penuh tapi mudah habis. Selain itu pelan-pelan angkat menghambat kinerja android anda menjadi lemot, hingga terjadi crash saat membuka sebuah aplikasi

Cara Merawat Android

Untuk merawatnya, sekarang ini telah tersedia beberapa aplikasi yang bisa mendeteksi keberadaan virus dan segera menghilangkannya, asalkan android anda tetap terupdate dengan internet

Nah, demikian cara merawat android dari virus, agar android kita tetap terjaga
 

Tips Merawat Android Agar Tidak Lemot

Merawat Android Agar Tidak Lemot bukanlah sebuah hal yang sulit apabila ada kemauan dalam menjaganya. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk merawat hp android supaya tidak lemot yang dapat di lakukan dengan mudah. Handphone yang dapat bertahan sampai lama tentu atergantung dari si pemakai hp itu sendiri sendiri. Hal tersebut tentu berkaitan dengan apakah dia menerapkan cara merawat hp yang baik atau tidak.

Cara Merawat Android Agar Tidak Lemot

Berikut ini akan dibahas beberapa tips cara Merawat Android Agar Tidak Lemotdan selalu lancar untuk digunakan setiap hari:

  1. Saat anda membeli hp, pastikan anda untuk selalu  menginstal aplikasi yang benar – benar anda butuhkan nantinya. Tentu akan percuma apabila banyak aplikasi yang terinstal, namun tidak dipakai sebab hanya akan menambah beban hp android anda.
  2. Jangan membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Sebab  hal ini selain berakibat buruk untuk system kerja hp android anda, hp anda juga akan menjadi cepat panas. Bahkan bahayanya lagi jika samapi terjadi sebuah kecelakaan seperti meledak saat dipakai.
  3. Jangan memakai ataupun mengoperasikan hp android anda saat sedang dalam proses pengisian baterai. Biarkan baterai hp anda terisi penuh, setelah itu baru anda dapat menggunakannya. Bahayanya jika hp digunakan sambil bermain game ataupun telfon maka baterai hp android anda bisa menjadi cepat sekali ngedrop.

Tips Merawat Android Agar Tidak Lemot

            Disamping cara – cara diatas, anda juga dapat menggunakan tips Merawat Android Agar Tidak Lemot berikut ini:

  1. Cara Merawat Android Agar Tidak Lemot adalah dengan  tidak memasang memory eksternal yang melebihi kapasitas yang di tentukan. Walaupun kelihatannya hp anda mampu menampung memory yang melebihi kapasitas yang diperbolehkan dari developer, hal ini tentu tetap menyebabkan hp android menjadi sangat terbebani pada system operasinya. Anda harus memastikan bahwa memori yang anda gunakan sesuai dengan kemampuan hp android anda.
  2. Gunakan Media yang support sistem hp android anda. Apabila hp anda hanya dapat memutar video 3gp, tentu jangan memaksakan untuk memasukan video yang memiliki format lain seperti FLY dll. Sebab meskipun bias, hal ini akan membuat hp android anda menjadi semakin lemot.
  3. Apabila hp android anda di beli dengan keadaan bekas tau hp second, anda harus melakukan instalasi kedalam setingan awal telebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya semua aplikasi serta cara kerjanya bisa kembali kesettingan awal yang dibuat oleh dari developer.
  4. Lebih berhati – hatilah apabila anda ingin menghubungkan hp anda dengan perangkat lain, seperti  halnya Pc, komputer atau laptop. Patikan bahwa laptop ataupun pc tersebut tidak terdapat virus, sebab virus dapat cepat merambat ke hp android anda. Apabila anda ingin mengambil ataupun memindahkan data dari laptop ke Hp ataupun sebaiknya, anda dapat memakai  card reader jangan memakai kabel data. Cara ini tentu akan lebih aman, jikapun terkena virus tentu hanya di memori card anda. Disamping itu, pastikan setelah anda memasang memori ke laptop, scan lah terlebih dahulu atau bersihkan dulu virusnya baru anda dapat memasukan kembali ke hp anda.

 

Demikian beberapa tips dan cara Merawat Smartphone Android dari Hardware dan Software yang dapat disajikan untuk anda. Semoga informasi tersebut diatas bisa bermanfaat.

Smartphone, lemot, Baterai, layar sentuh, Android, virus, kamera, os

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top