Tips Merawat RAM Android Agar Tidak Lemot

2016-09-26 11.23.0815720.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 843 Kata.

Merawat Android Agar Tidak Lemot bukanlah sebuah hal yang sulit apabila ada kemauan dalam menjaganya. Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk merawat hp android supaya tidak lemot yang dapat di lakukan dengan mudah. Handphone yang dapat bertahan sampai lama tentu atergantung dari si pemakai hp itu sendiri sendiri. Hal tersebut tentu berkaitan dengan apakah dia menerapkan cara merawat hp yang baik atau tidak.

Cara Merawat Android Agar Tidak Lemot

Berikut ini akan dibahas beberapa tips cara Merawat Android Agar Tidak Lemot dan selalu lancar untuk digunakan setiap hari:

  1. Saat anda membeli hp, pastikan anda untuk selalu  menginstal aplikasi yang benar – benar anda butuhkan nantinya. Tentu akan percuma apabila banyak aplikasi yang terinstal, namun tidak dipakai sebab hanya akan menambah beban hp android anda.
  2. Jangan membuka terlalu banyak aplikasi secara bersamaan. Sebab  hal ini selain berakibat buruk untuk system kerja hp android anda, hp anda juga akan menjadi cepat panas. Bahkan bahayanya lagi jika samapi terjadi sebuah kecelakaan seperti meledak saat dipakai.
  3. Jangan memakai ataupun mengoperasikan hp android anda saat sedang dalam proses pengisian baterai. Biarkan baterai hp anda terisi penuh, setelah itu baru anda dapat menggunakannya. Bahayanya jika hp digunakan sambil bermain game ataupun telfon maka baterai hp android anda bisa menjadi cepat sekali ngedrop.

Tips Merawat Android Agar Tidak Lemot

Disamping cara – cara diatas, anda juga dapat menggunakan tips Merawat Android Agar Tidak Lemot berikut ini:

  1. Cara Merawat Android Agar Tidak Lemot adalah dengan  tidak memasang memory eksternal yang melebihi kapasitas yang di tentukan. Walaupun kelihatannya hp anda mampu menampung memory yang melebihi kapasitas yang diperbolehkan dari developer, hal ini tentu tetap menyebabkan hp android menjadi sangat terbebani pada system operasinya. Anda harus memastikan bahwa memori yang anda gunakan sesuai dengan kemampuan hp android anda.
  2. Gunakan Media yang support sistem hp android anda. Apabila hp anda hanya dapat memutar video 3gp, tentu jangan memaksakan untuk memasukan video yang memiliki format lain seperti FLY dll. Sebab meskipun bias, hal ini akan membuat hp android anda menjadi semakin lemot.
  3. Apabila hp android anda di beli dengan keadaan bekas tau hp second, anda harus melakukan instalasi kedalam setingan awal telebih dahulu. Hal ini bertujuan supaya semua aplikasi serta cara kerjanya bisa kembali kesettingan awal yang dibuat oleh dari developer.
  4. Lebih berhati – hatilah apabila anda ingin menghubungkan hp anda dengan perangkat lain, seperti  halnya Pc, komputer atau laptop. Patikan bahwa laptop ataupun pc tersebut tidak terdapat virus, sebab virus dapat cepat merambat ke hp android anda. Apabila anda ingin mengambil ataupun memindahkan data dari laptop ke Hp ataupun sebaiknya, anda dapat memakai  card reader jangan memakai kabel data. Cara ini tentu akan lebih aman, jikapun terkena virus tentu hanya di memori card anda. Disamping itu, pastikan setelah anda memasang memori ke laptop, scan lah terlebih dahulu atau bersihkan dulu virusnya baru anda dapat memasukan kembali ke hp anda.

Tips dan Trik Merawat RAM Android

Berikut di bawah ini adalah tips dan trik untuk memaksimalkan penggunaan serta menghemat RAM pada android anda, diantaranya:

  1. Install aplikasi seperlunya

Untuk  RAM yang di bawah 1 GB (missal 512 MB), gunakanlah aplikasi secukupnya, jangan install aplikasi Massenger pada semua perangkat, pilihlah salah satunya untuk terhubung dengan semua kontak teman seperti WhatsApp dan juga BBM yang bisa menjadi alternative. Lakukan force stop aplikasi, kemudian bukalah untuk melakukan pengecekan pesan yang masuk.

  1. Kurangi penggunaan Aplikasi pada Background

Jika smarthphone anda berjalan semakin hari semakin lambat maka bisa jadi penyebabnya adalah karena banyak aplikasi yang berjalan pada background. Masalah banyaknya jumlah aplikasi yang berjalan di background tersebut anda cukup mengeluarkan program dari aplikasi2 tersebut, setelahnya anda usahakan untuk tidk menjalankan berbagai aplikasi pada background.

  1. Sediakan memori bebas sekitar 30%

Banyaknya anda menginstall aplikasi, maka membuat kapasitas RAM semakin berkurang, untuk itu anda harus sering melihat RAMyang tersedia dan jangan sampai digunakan semuanya sehingga kerja smarthphone anda semakin lemot. Batas maksimal agar tidak lambat ialah 30% dari besarnya RAM tersebut.

  1. Matikanlah android anda secara berkala

Smarthphone yang dimatikan secara berkala dan kemudian dinyalakan kembali akan memiliki jumlah RAM kosong lebih besar, karena smarthphone tersebut belum menjalankan terlalu banyak aplikasi. Sedangkan smarthphone yang jarang dimatikan akan memiliki sisa RAM yang lebih sedikit.

  1. Hindari menggunakan Live Wallpaper dan Widget yang berlebihan

Jika anda ingin menghemat pemakaian RAM, sebaiknya anda tidak menggunakan Live wallpaper atau memasang lebih banyak widget. Meski hal tersebut memperindah tampilan antarmuka, selain menguras baterai juga bisa lebih banyak memakan RAM yang digunakan. Tips nya anda pilih wallpaper statis untuk memperindah penampilan halaman utama smarthphone anda dan memasang widget seperlunya.

  1. Gunakan Browser Opera Mini dan UC Browser Mini, Smart Launcher pilihan smart, karena browser tersebut lebih irit dibandingkan browser lainnya seperti Chrome & Mozilla FireFox.
  2. Install aplikasi untuk memaksimalkan RAM

Aplikasi dengan fungsi root bisa menjadi pilihan diantaranya:

  • Titanium Backup & Link2SD
  • Seeder
  • Greenify
  • Lagfix
  • RAM Booster/ Root
  1. Lihat pemakaian RAM pada android melalui settings > Apps > Manage App > geser kanan sampai bagian Running, maka anda bisa lihat pemakaian RAM dari semua aplikasi yang ada diperangkat.

Demikian beberapa tips dan cara Merawat Android Agar Tidak Lemot yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga informasi tersebut diatas bisa bermanfaat.

Smartphone, Tips, Android, perawatan, ram

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top