Kelebihan dan Kekurangan Kabel Fiber Optik

Kelebihan dan kekurangan fiber optik. Sebelum kita mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari fiber optik. Maka sebaiknya kita ketahui dulu apa itu fiber optik?

2017-11-28 08.53.3011345.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 715 Kata.

Kelebihan dan kekurangan fiber optik.  Sebelum kita mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari fiber optik. Maka sebaiknya kita ketahui dulu apa itu fiber optik?  Fiber optik atau kabel fiber optik adalah sejenis serat kaca yang bentuknya menyerupai selesai rambut tipis dan panjang. Kabel fiber optik ini digunakan untuk transmisi gelombang cahaya dari satu tempat ke tempat lain. maksud dari transmisi gelombang cahaya disini itu maksudnya gelombang cahaya yang ditransmisikan kemudian data bisa di modulasikan atau dititipkan pada gelombang cahaya tersebut, jadi intinya data-data yang akan kita kirim itu  bisa di transferkan dengan kecepatan cahaya.

Kabel fiber optik itu terdiri dari kumpulan berbagai serat-serat kaca yang digabung menjadi satu kabel. Bahkan untuk satu serat saja itu memiliki diameter mencapai 100 mikrometer, atau bisa dibandingkan dengan sepersepuluh diameter pada rambut manusia. Kabel ini dapat membawa data-data hanya dengan menggunakan teknologi optik, jadi data yang terkirim itu sepenuhnya menggunakan gelombang cahaya. Jadi cahaya-cahaya tersebut tidak akan keluar dari serat kaca, karena index pada bias kaca lebih besar dari index bias udara.

Tidak hanya itu serat-serat kaca yang terdapat pada fiber optik itu memiliki kemampuan daya pantul cahaya yang sangat tinggi, sehingga untuk atenuasi (pelemahan) gelombang cahaya ditengah-tengah kabel kemungkinan itu tidak akan terjadi. Fiber optik selain terdiri dari kumpulan serat-serat kaca ternyata masih banyak lagi kompenen-komponen lainnya yang saat ini akan kami beritahu secara detailnya.

  1. Pertama, ada Core  atau bisa disebut Inti. Ini merupakan komponen paling dalam dan inti dari kabel fiber optik yang bahannya terbuat dari silikon. Komponen core atau inti ini adalah komponen yang berfungsi untuk mentransmisikan gelombang cahaya pada serat kaca.
  2. Kedua, ada Cladding, clading adalah lapisan paling awal yang berada diluar core. Clading juga sama dengan core yaitu terbuat dari silikon, namun untuk fungsinya sedikit berbeda. Calding berfungsi untuk pemandu gelombang cahaya yang merefleksikan cahaya kemudian akan tembus kembali pada core. Hal seperti ini sering disebut dengan pemantulan internal total atau total  internal reflection.
  3. Ketiga ada Coating atau Buffer. Coating atau buffer merupakan lapisan non optik yang pertama , yang letaknya itu diluar clauding. Coating berfungsi untuk melindungi  lapisan clauding dan core. Selain itu coating akan menyerap semua goncangan dan getaran keras yang bisa merusak lapisan fiber didalamnya. Dan komponen yang satu ini bisa memebrikan fleksibilitas pada kabel.
  4. Keempat , ada Jacket. Jaket ini maksudnya bukan jaket yag sering dipake untuk badan kita, tapi jacket disini adalah sebuah pelindung bagian terluar dari kabel fiber optik.

Fiber optik biasanya diaplikasika kepada   perusahaan telekomunikasi saja. Namun kini fiber optik sudah bisa digunakkan pada bidang kesehatan, pertelevisian, dan masih banyak lainnya. Misalnya untuk Internet.

Fiber optik sendiri itu mendapatkan ketenarannya melalui aplikasi pada koneksi internet. Selain itu fiber optik bisa digunakan pada aplikasi LAN, karena aplikasi LAN sanagt efektif dan sering digunakan diberbagai lembaga, instansi, dan lainnya. Selanjutnya digunakan untuk telepon. Fiber optik yang digunakan untuk telepon kabel, karena pada telepon kabel itu kecepatan jaringannya sangat luar biasa.selain digunakan untuk internet, LAN, dan telepon. Ternyata Fiber optik juga bisa digunakan pada dunia kedokteran. Karena pada bidang kedokteran fiber optik dimanfaatkan sebagai kamera micro atau alat untuk melihat organ-organ bagian dalam pada tubuh manusia. Dengan adanya fiber optik ini, pasien tidak perlu melakukan operasi bedah. Pada dunia kedokteran fiber optik disebut dengan Gstroscope.

Selanjutnya kami akan membahas kelebihan dan kekurang fiber optik. Yang pertama yang akan kami bahas adalah kelebihan fiber optik :

  1. Yang pertama, laju data kemudian kecepatan pada kabel fiber optik sangat tinggi yaitu bisa mencapai kurang lebih 1000 mbps.
  2. Kabel fiber optik ini bila dbandingkan dengan kabel jaringan lain pastinya jauh lebih baik. bahkan tanpa bantuan penguat jaringan pun gelombang ini bisa transferkan pada jarak yang sangat jauh.
  3. Untuk kompenen dari kabel fiber optik ini lebih kuat, awet, dan tidak mudah terbakar. Sehingga untuk penggunaannya bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya.
  4. Kabel optik itu kebal terhadap interferensi elektromagnetik. Dan kabel fiber optik itu lebih aman untuk digunakan.

Namun dibalik sederet kelebihan dari fiber optik ternayata masih memiliki sedikit kekurangan. Dan kekurangan tersebut adalah, Proses pada instalasi kabel fiber optik terbilang cukup mahal apabila diabndingkan dengan  kabel jaringan lain. hal ini terbilang wajar karena kompenen dan proses instalasinya itu memerlukan beberapa alat dan perangkat elektronik khusus dan untuk harga alat dan perangkatnya tersebut itu cukup mahal.

Hanya itu yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai kelebihan dan kekurangan  fiber optik. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat.

fiber optic, Kabel

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top