Artikel

Teknologi Internet

Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Coaxial

Dalam artikel kali ini mari kita bahas mengenai lingkup yang berhubungan dengan IT, mari kita coba untuk mengetahui tentang kabel coaxial mulai dari kekurangan dan kelebihan kabel coaxial, fungsi kabel coaxial pengertian kabel coaxial jenis kabel coaxial dan hal lainnya yang berhubungan dengan kabel coaxial. Dalam pengertiannya bahwa kabel coaxial merupakan salah satu kabel yang digunakan dalam membangun sebuah jaringan komputer, kabel coaxial ini merupakan salah satu dari jenis kabel Twisted Pair yang mempunyai karakteristik yang berbeda jika dibandingkan dengan jenis kabel UTP dan kabel STP.

Kabel coaxial memiliki nama/sebutan lain yang dikenal dengan Bayonet Naur Connector yang di singkat BNC yang biasa disebut “Coax”. Adapun dalam bahasa indonesia sendiri kabel coaxial ini memiliki arti sebagai kabel sesumbu/sumbu. Kabel ini mungkin memang kurang populer digunakan oleh para pengguna untuk jaringan komputer, karena kepopulerannya masih kalah oleh kabel UTP dan juga kabel Fiber Optic, walaupun kurang populer tetapi tidak dapat dihiraukan bahwa banyak kelebihan kabel coaxial yang akan menguntungkan para penggunanya, ya meskipun ada kekurangannya juga. Secara umum kabel ini dapat diartikan sebagai media transmisi data dengan menyalurkan berbagai informasi yang diubah menjadi sinyal listrik, kabel ini sudah biasa digunakan dalam kepentingan membangun jaringan komputer.

Inilah Fungsi Kabel Coaxial Jenis Kabel Coaxial Serta Kekurangan Dan Kelebihan Kabel Coaxial  

Secara umum bahwa kabel coaxial memiliki 2 fungsi yaitu sebagai berikut:

  • Fungsi yang pertama dari kabel coaxial adalah kabel yang digunakan sebagai media penghubung yang berguna dalam mengalirkan transmisi data dari perangkat keras komputer satu menuju perangkat keras komputer yang lainnya, adapun kecepatan transmisi yang dihasilkan kabel coaxial memiliki kecepatan yang cukup baik.
  • Kedua, fungsi coxial lainnya adalah berguna sebagai pembagi sinyal frekuensi tinggi atau juga biasa disebut dengan sinyal broadband. Dalam menjalankan fungsinya kabel coaxial ini terdiri dari beberapa komponen yakni: Kabel temabaga yang berfungsi sebagai media konduktor aliran listrik. Lapisan plastik berfungsi sebagai kabel pemisah antara tembaga dan lapisan metal yang mengelilinginya.  Lapisan metal berfungsi untuk melindungi bagian dalam kabel dari gangguan interferensi gelombang elektomagnetik dari luar.

Selanjutnya yaitu ada 2 jenis kabel yang dimiliki oleh kabel coaxial diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Kabel Coaxial Thinnet (Kabel RG5-58) kabel coaxial yang ini merupakan jenis kabel yang digunakan sebagai konektornya. Spesipikasi teknis kabel ini yaitu mampu menjangkau bentangan maksimum 185 meter dengan Impedansi terminator 50 Ohm.
  • Kabel Coaxial Thicknet (RG-8) kabel coaxial ini merupakan jenis kabel coaxial yang dipakai untuk instalasi antar gedung, spesipikasi kabel thicknet ini tidak jauh beda dengan kabel coaxial thinnet, hanya bentuk bentangan maksimumnya lebih besar. Karena lebih besar maka kabel ini mampu menampung data yang lebih banyak sehingga cocok untuk instalasi sebagai backbone jaringan.

Setelah mengetahui fungsi dan jenis kabel coaxial, maka selanjutnya kita ketahui kekurangan dan kelebihan dari kabel coaxial. Mari kita simak 5 kelebihannya berikut ini:

  • Harga yang relatif murah/ekonomis, meskipun kabel coaxil ini lebih murah dibanding kabel UTP dan kabel Fiber Optic tetapi kabel coaxial ini memiliki kecepatan transmisi dan juga pelindung kabel yang lebih baik dari pada kabel UTP biasa.
  • Cocok digunakan untuk topologi Bus dan juga ring, dengan menggunakan kabel coaxial ini maka arus data pada topologi jaringan Bus dan juga topologi jaringan Ring akan berjalan dengan baik dan lebih kancardibandingkan dengan menggunakan kabel UTP biasa. Kabel coaxial ini juga sangat cocok di implementasikan pada skala ruangan kecil.
  • Dapat menjadi media penghantar listrik dan juga data secara baik, kabel ini memiliki perlindungan yang sangat baik terutama pada sinyal-sinyal listrik sehingga sangat pas untuk digunakan pada jaringan yang banyak mengalirkan listrik juga membantu meneruskan sinyal-sinyal seperti data dan informasi pada jaringan komputer.
  • Kawat tembaga yang menggunakan perlindungan yang optimal sehingga cocok digunakan sebagai kabel di bawah tanah.
  • Noise resistance yang tinggi sehingga kabel coaxial ini tidak mudah terganggu oleh radiasi sinyal-sinyal radio.

Selain kelebihan yang dimiliki oleh kabel coaxial, ada juga kekurangan yang dimiliki kabel coaxial yaitu sebagai berikut:

  • Kontur kabel yang cenderung besar, tebal dan juga kaku sehingga membuat kabel ini sulit untuk dibentuk seperti kabel UTP ataupun kabel Fiber Optic.
  • Jarak jangkauan kabel coaxial yang berlaku di ruang lingkup kecil sehingga terbatas dan dibutuhkan repeater sebagai alat penambah jarak jangkauan.
  • Hanya terdapat satu buah kawat tembaga di dalam coaxial, sehingga bisa saja terjadi kemungkinan tabrakan antara traffic dalam jaringan kabel.
  • Untuk pembuatan jaringan kabel bawah tanah membutuhkan biaya investasi yang besar.

Demikian pembahasan untuk mengetahui kekurangan dan kelebihan kabel coaxial, fungsi kabel coaxial pengertian kabel coaxial jenis kabel coaxial serta hal lainnya yang berhubungan dengan kabel coaxial. Semoga bermanfaat yaaa...



0 43 5.0/ 1
Mengetahui Kelebihan Dan Kekurangan Kabel Coaxial
5.05
mengetahui tentang kabel coaxial mulai dari kekurangan dan kelebihan kabel coaxial, fungsi kabel coaxial pengertian kabel coaxial jenis kabel coaxial dan hal lainnya yang berhubungan dengan kabel coaxial.

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK