Tips untuk Meningkatkan Keamanan Situs Joomla

Meningkatkan keamanan sebuah situs adalah hal yang penting agar terhindar dari Hack. Dan berikut adalah Tips untuk Meningkatkan Keamanan Situs Joomla

2018-02-19 16.52.272255.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca Kata.

Menurut survei baru-baru ini dibuat, orang-orang pada seluruh dunia dianggap men-download Joomla lebih dari 67 juta kali. Oleh sebab itu, tidak heran salah satu Sistem Pengelolaan Konten yang banyak digunakan dan populer untuk situs web. Baru-baru ini, Sucuri melakukan survei bahwa Joomla adalah platform situs web kedua yang paling terpengaruh. Kemungkinan alasanya adalah Instalasi joomla yang mudah, dapat digunakan hosting yang harga terjangkau serta dukungan seperti Ekstensi pihak ketiga dan lainya.

Berikut adalah daftar beberapa tips dan efektif yang akan membantu meningkatkan keamanan situs Joomla:

1. Batasi Izin Direktori dan File

Memberi izin direktori dan file yang salah dapat meningkatkan kerentanan situs web. Dengan memberi izin (permission) 777 pada setup, siapapun tidak bisa hanya melihat tapi juga bisa mengganti file! Jika menggunakan shared hosting, dengan izin 777 ini, pengguna lain akan memiliki seluruh akses ke dokumen dan file penting. Maka dari itu, pastikan jangan menggunakan penyiapan izin ini. Selain ini, harus membatasi direktori dan akses file sebaik mungkin agar tidak ada orang tanpa izin yang bisa mengaksesnya.

2. Jangan Menginstall Ekstensi Secara Berlebihan

Salah satu alasan utama di balik populer platform Joomla yang begitu besar adalah Anda dapat dengan mudah menambahkan fungsi platform ini dengan menginstal ekstensi dengan berbagai fitur. Tetapi, sebagian besar hacks Joomla terjadi karena ekstensi pihak ketiga atau plugin yang buruk. Sebelum install ekstensi di situs web joomla, Dianjurkan untuk menguji ekstensi tersebut dan jangan lupa mencopot (uninstall) plugin saat Anda tidak membutuhkannya lagi. Anda harus meninjau Ekstensi secara teratur. Cara lain yang cerdas untuk meningkatkan keamanan adalah dengan menggunakan Joomlatools Platform untuk merancang aplikasi Anda.

3. Menggunakan WAF (Web Application Firewall)

Menggunakan WAF adalah cara yang baik untuk meningkatkan keamanan Joomla. WAF yang efektif tidak hanya dapat bertindak sebagai pengawas untuk aplikasi HTTP tetapi juga dapat berfungsi sebagai filter untuk aplikasi semacam itu. Apakah Anda menginginkan solusi cloud atau menginstal satu solusi sendiri di server, sepenuhnya tergantung pada Anda.

Apabila menggunakan WAF anda akan mendapatkan fitur sebagai berikut:

  • Protection of SQL injection
  • Backdoor protection
  • Spambot protection
  • DDoS protection
  • Protection from Brute Force Attack and so on.

4. Gunakan Rincian Login yang Kuat

Setelah selesai dengan instalasi situs web, Anda harus menggubah password dan username login yang default (dari bawaan). Menggunakan username login default bersama dengan password membuat website lebih rentan terkena hack. Sebab itu, untuk melindunginya dari para hacker, Perlu diubah rincian login segera setelah proses instalasi selesai. Jangan Menggunakan password yang umum. Buatlah password yang rumit dan panjang dan tetap aman dengan menyimpannya di password manager.

Selain dari hal yang disebutkan di atas, Anda perlu mengurus beberapa aspek lagi. Seperti anda harus membatasi area login admin, Direkomendasikan menggunakan sertifikat SSL dengan memilih perusahaan hosting yang terbaik dan terpercaya. Semoga bermanfaat

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top