Artikel

Teknologi Perangkat Keras

Kerusakan yang sering terjadi pada komputer

Sebagai pengguna perangkat komputer tentunya pernah mengalami permasalahan, mulai dari hal yang terkecil hingga besar. Dan masalah kecil tersebut biasanya bisa menjadi besar jika kita sebagai pengguna kurang memperhatikan. Berikut ini adalah beberapa kerusakan yang sering terjadi pada komputer.
 

  1. Komputer tiba-tiba reboot sendiri, bahkan mati

Masalah seperti ini sering terjadi pada komputer yang disebabkan karena masalah pada perangkat kerasnya. Terutama pada bagian prosessor yang overheat atau terlalu panas. Panas berlebihan pada prosessor ini biasanya disebabkan karena kinerja kipas pada pendingin yang kurang maksimal, atau bisa juga dikarenakan termal pasta yang terdapat pada prosessor sudah mengering.

Saran saya cara memperbaiki komputer tiba-tiba rebbot sendiri, sebaiknya tambahkan pendingin seperti fan dan tambahkan termal pasta kalau tidak punya pakai pasta odol/gigi, tetapi ini hanya saran saya. Karena bisa jadi Komputer tiba-tiba mati sendiri akibat hal lain dan mungkin saja saran saya tidak bisa memulihkan komputer anda.
 

  1. Komputer mengeluarkan bunyi beep

Bunyi beep biasanya terdengan ketika kita pertama kali menyalakan komputer. Bunyi beep ini juga biasanya terdengar apabila terjadi kesalahan pada salah satu hardware yang terpasang di komputer. Dikarenakan banyaknya produk BIOS dipasaran, maka kode beep yang terdengar pun bermacam-macam dengan berbagai permasalahannya. Namun perlu diingat  bahwa tidak semua bunyi beep diartikan sebagai masalah, karena ada beberapa BIOS yang memang mengeluarkan bunyi beep sekali ketika awal booting, dan itu menandakan bahwa komputer normal.
 

  1. CPU pada komputer menyala, namun monitor tidak menampilkan apapun

Masalah seperti ini umumnya terjadi dikarenakan RAM yang tidak terdeteksi dengan sempurna. RAM berfungsi sebagai penyimpan sementara (menyimpan proses yang sedang berjalan), jadi apabila RAM tersebut bermasalah maka tidak ada perangkat yang dapat menyimpan proses yang sedang berjalan, sehingga tidak ada yang bisa ditampilkan pada monitor.
Selain akibatkan oleh RAM, masalah ini juga bisa dikarenakan kabel VGA yang terhubung ke monitor tidak tersambung dengan baik. Jika anda menggunakan VGA Card, maka anda tidak perlu lagi menghubungkan kabel VGA melalui port VGA onboard yang terdapat pada motherboard.
 

  1. Komputer mati total

Komputer dalma kondisi mati total ini, biasanya berhubungan dengan arus listrik, apakah komputer tersebut mendapatkan supply arus listrik atau tidak. Sehingga apabila komputer tidak mendapatkan aliran listrik, maka bisa dipastikan bahwa komputer tidak akan pernah bisa menyala. Untuk mengatasinya lakukanlah pengecekan terlebih dahulu mulai dari kabel power yang mengarah ke sumber listrik, power suply atau bisa juga kabel-kabel front panel-nya. Jika tidak ada masalah pada suply listriknya, bisa dipastikan bahwa motherboard komputer anda bermasalah
 

  1. Komputer sering mengalami HANG

Biasanya pada kondisi komputer HANG disebabkan oleh tingginya data yang diproses oleh komputer tanpa mengimbangi kemampuan prosessor serta memori RAM dalam mem-buffer/menampung sementara data yang diproses. Karena keterbatasan kapasitas RAM, maka semakin banyak aplikasi yang dijalankan maka kapasiats RAM pun akan semakin berkurang dan habis. Pada kondisi inilah komputer akan mengalami HANG karena tidak kuat menjalankan perintah-perintah yang sedang dieksekusi.


Demikianlah sedikit ulasan mengenai Kerusakan yang sering terjadi pada komputer. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda dalam mengidentifikasi kerusakan pada komputer.
 



0 305 5.0/ 1
Kerusakan yang sering terjadi pada komputer
5.05
Masalah kecil tersebut biasanya bisa menjadi besar jika kita sebagai pengguna kurang memperhatikan. Adapun kerusakan komputer itu bisa saja terjadi

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK