Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Panas dan Tetap Dapat Digunakan untuk Bekerja

Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk merawat laptop tidak cepat panas, tetapi perlu diketahui lagi, komponen yang berada di laptop sangatlah berbeda dengan yang di PC

2017-12-08 08.59.092905.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 495 Kata.

Sebelum kita mengetahui merawat laptop agar tidak cepat panas, perlu kita ketahui terlebih dulu, laptop adalah mesin yang punya kelemahan juga, jika pemiliknya tidak memperhatikan secara khusus bagaimana cara merawatnya, pastilah sering terjadi kerusakan. Kerusakan itu mungkin bisa diawali dengan beberapa tanda-tanda seperti panas, lemot dan lain sebagainya, jika tak segera diatasi tanda-tanda penyebab kerusakan tadi, kemungkinan besar akan merembet pada gejala kerusakan yang parah.

Ada beberapa tindakan yang harus dilakukan untuk menjaga laptop tidak cepat panas, tetapi perlu diketahui lagi, komponen yang berada di laptop sangatlah berbeda dengan yang di PC. Laptop juga memiliki ruang simpan yang lebih kecil sehingga tidak memungkinkan untuk dipasangi hardware penghambat panas.

Ini Dia Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Panas dan Tetap Dapat Digunakan untuk Bekerja

Nah, ini dia cara merawat laptop agar tidak cepat panas dan tetap dapat digunakan untuk bekerja, untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan 2 cara, yakni melalui hardware dan melalui software, nah seperti apakah perawatannya, simak terus sampai selesai ya ...

Jika kerja kita bergantung pada laptop, bahkan nyaris 24 jam laptop kita tidak pernah mati, sebaiknya kita perlu hati-hati, karena siapa tahu laptop kita kemudian menjadi cepat panas. Gejala cepat panas ini sebenarnya gejala umum jika memang sering dipakai, ini menjadi tidak umum jika baru sebentar digunakan kemudian langsung panas.

Jika memang laptop anda cepat panas, tindakan apa yang kira-kira harus anda lakukan?

Memasang Cooling Pad

Adalah tidak mungkin jika kita laptop kita panas, kemudian kita mematikannya, sementara kita masih sibuk dengan pekerjaan kita yang membutuhkan terkondisinya laptop tersebut dengan baik. Salah satunya dengan memasang cooling pad yang terdapat di banyak toko toko komputer, caranya cukup dengan menancapkannya pada sambungan kabel usb laptop anda, sehingga cooling pad ini dikerjakan dengan mengambil sambungan listrik dari laptop kita sendiri. Dengan begitu, kita masih bisa terus bekerja tanpa khawatir laptop kita menjadi panas.

Membersihkan Kipas atau Heatsink Laptop

Cara yang satu ini adalah pembersihan pada bagian hardware, kita tahu dalam laptop terdapat komponen penting yang bisa menaikkan suhu pada laptop kita, diantaranya adalah prosessor, hardisk, baterai, vga, adaptor hingga kipas. Untuk poin yang terakhir ini, kipas pada laptop ini seringkali kotor dan berdebu, sehingga mengakibatkan menyedot banyak tenaga listrik dan terjadilah suhu dalam laptop kita naik. Untuk membersihkannya cukup menggunakan kapas, atau cotton bud untuk daerah-daerah yang sulit terjangkau. Atau mungkin kipas anda tidak dapat berputar bukan karena kotor, tetapi carilah penyebabnya di porosnya, dengan ini anda bisa menggunakan pelumas yang bisa anda cocolkan ke sekitar poros itu setiap 3-4 minggu sekali, hal ini bisa anda lakukan dengan sedikit belajar dahulu pada awalnya, kalau sudah bisa barulah anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Perbaikan pada Software

Selain dengan memperhatikan settingan laptop, misalnya pengaturan pencahayaaan dibuat seminimal mungkin agar tidak cepat panas, nampaknya anda perlu mengunduh aplikasi speedifan yang fungsinya untuk menormalkan kerja kipas yang bisa dikontrol melalui software.

Nah, demikianlah cara merawat laptop agar tidak cepat panas di atas, agar kita paham, laptop yang panas tetap bisa kita siasati, sebelum akhirnya bisa merusak seluruh komponen laptop kita.  

Laptop, Cooling, Software

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top