Tips cara belanja aman di shopee agar tidak kena Tipu

artikel ini membahas tentang Tips cara belanja aman di marketplace shopee. Apakah diantara kalian (pembaca) disini pernah kena tipu secara online? atau hampir kena tipu?

2018-03-24 06.02.193695.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 710 Kata.

Dizaman Now banyak website online shop bermunculan dan ada beberapa pilihan marketplace. Tetapi artikel ini membahas tentang Tips cara belanja aman di marketplace shopee. Apakah diantara kalian (pembaca) disini pernah kena tipu secara online? atau hampir kena tipu? Oleh orang yang tidak bertanggung jawab atau bisa dibilang penjahat dunia maya. Dikutip dari Tempo.co yang di publish tanggal 30 mei 2016 bahwa sebanyak 26 persen konsumen Indonesia kehilangan uang karena menjadi sasaran tindak penipuan daring (online) menurut hasil penelitian terbaru Kaspersky Lab dan B2B International.  Indonesia menjadi negara dengan korban penipuan daring tertinggi menurut hasil penelitian itu, disusul Vietnam (26 persen) dan India (24 persen).

Adapun saya juga membaca thread di kaskus dengan judul "PENIPUAN ONLINE SHOP (SHOPEE)" yang ditulis oleh audievani yang telah kena tipu di shopee. Silahkan baca threadnya: https://goo.gl/Q1jDdN

Sebenarnya belanja di shopee ini aman asal anda harus pintar memilih seller atau penjual. Saya sudah beberapa kali belanja dishopee Alhamdulillah tidak kena tipu, Walaupun terkadang Produk yang kita dapat tidak sesuai yang kita inginkan. Mungkin karena kesalahan saya dalam membaca deksripsi dan tidak terlalu tau bahan yang digunakan dalam produk.

Tetapi kesalahan-kesalahan yang telah lalu itu akan menjadi pengalaman berharga dan pelajaran buat kita. Bagi kalian yang masih Was-was belanja online dan takut kena tipu silahkan baca Tips berikut:

Tips cara belanja aman di shopee:

1. Cek Ulasan Produk

Ketika mencari produk dishopee dengan mengetik kata kunci di pencarian. Biasanya akan menemukan beberapa produk dari seller yang berbeda. Hal yang pertama anda cek jangan harga murahnya, tetapi Ulasan dari pembeli tentang produk tersebut.

Anda dapat memeriksa Ulasan dari Dengan Komentar, Dengan Foto atau hanya sekedar Rating tanpa berkomentar. Sebaiknya anda cek dengan foto, biasanya konsumen memberikan Ulasan dengan mengupload Produk yang dia terima. Tetapi terkadang admin juga melihat Ulasan dengan foto, dia upload foto selfie dia wkwkwkwk.

Jangan Pilih harga yang murah tetapi penilaian atau rattingnya tidak menjamin keselamatan uang anda.

2. Pilih seller dengan Penilaian diatas 4. Rekomendasi diatas 4.5

Hal ini Apabila ratting atau penilaian Produk satu dengan produk lainya yang berbeda penjual, Tetapi penilaian hampir sama dan anda delima membeli di toko yang mana. Pilihlah Rating Seller yang banyak atau tinggi. Selain itu anda juga dapat memeriksa Ulasan dengan komentar, yang terdapat di profile seller tersebut.

3. Perhatikan Persentase Balas Chat

Saya rasa ini perkara penting. Apabila seller lama membalas chat atau jarang chat ke konsumen. Otomatis kita akan sulit mengajungkan pengembalian barang atau komplain apabila barang yang kita terima tidak sesuai dengan Deskripsi atau gambar atau dalam keadaan cacad.

Maka dari itu, Pilihlah seller dengan persentase balas chat paling tidak Persentasenya diatas 90. Agar saat anda berkomunikasi atau chat dengan seller, cepat tanggap dan anda dapat mudah komplain.

4. Selalu Transaksi melalui Shopee

Apabila ada seller yang mengajak transaksi diluar shopee, JANGAN MAU! sebaiknya cari seller yang lain walaupun dia berkata tidak menipu.

5. Jangan mudah percaya dengan orang mengatasnamakan shopee

Apabila anda menerima telepon yang mengatas namakan shopee kemudian meminta verifikasi kode atau data lainya sebaiknya jangan diladeni. Kecuali mungkin Tim marketing atau Support shopee. Waktu itu saya pernah dihubungi lewat whatsapp katanya tim shopee , tetapi saya was-was. Maka saya bertanya dan mengirim email ke alamat email shopee untuk menanyakan perihal tersebut. Dan ternyata benar kalau itu tim shopee. Tetapi mereka tidak ada minta verifikasi kode maupun password anda. 

Apabila ada yang ngaku tim shopee dan minta verifikasi kode, saya pastikan dia itu PHISING.

APAKAH SHOPEE HARUS DISALAHKAN KETIKA KENA TIPU?

Saya rasa tidak, Karena ini murni kesalahan user. Shopee hanya bisa membantu sebisa mungkin agar anda tidak mengalami kerugian.

Perumpamaan ini seperti anda membeli produk dan bergaransi. Tetapi syarat ketentuan garansi hanya untuk cacat pabrik dan bukan kesalahan user. Semisal anda beli Kamera, tetapi karena anda kurang hati-hati. Kamera anda kecebus ke air dan membuat kamera tersebut rusak. Maka Garansi tidak berlaku karena ini kesalahan user.

Sama dengan shopee, ketika anda bertransaksi di shopee tetapi karena anda tidak hati-hati seperti memberikan kode verifikasi kepada orang yang ngaku pihak shopee. Maka ini murni kesalahan user bukan kesalahan shopee. Tetapi shopee mungkin akan membantu anda agar tidak mengalami kerugian.

Nah bagaimana artikel Tips cara belanja aman di shopee agar tidak kena Tipu? Apakah bermanfaat?. Apabila bermanfaat silahkan share agar teman atau saudara anda saat belanja lebih berhati-hati dan tidak kena Tipu maupun Phising.

ol shop, Shop, shopee, Seller

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top