Ini Dia Manfaat Memiliki Website, Bisa Menghasilkan Puluhan Juta Rupiah!

Ada banyak jenis website diluar sana. Baik itu toko online, news, personal blog, dan sebagainya. Namun pernahkah kamu berfikir untuk memiliki salah satunya? Personal blog misalnya?

2018-04-14 08.29.541415.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 1324 Kata.

Bagi sebagian orang, mengakses website bukan lagi menjadi kebutuhan sekunder, tapi lebih kepada kebutuhan primer, atau sebuah kebutuhan pokok. Baik untuk mengakses berita, penunjang pendidikan ataupun kebutuhan bisnis. Mungkin kamu adalah salah satunya.

Ada banyak jenis website diluar sana. Baik itu toko online, news, personal blog, dan sebagainya. Namun pernahkah kamu berfikir untuk memiliki salah satunya? Personal blog misalnya?

Manfaat Memiliki Website

Ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu rasakan dengan memiliki website sendiri. Tentu saja manfaatnya berbeda-beda, tergantung dari jenis website yang kamu punya. Biar tidak pusing, yuk simak beberapa manfaat website berikut ini.  

1. Personal branding

Website merupakan sarana yang bagus untuk membangun sebuah image. Dengan website, kamu bisa menampilkan citra diri yang bagus kepada pengunjung websitemu. Bahkan ada beberapa publik figur diluar sana yang berawal dari seorang blogger. Nah, jadi usahakan menampilkan konten website yang menarik sehingga tujuan personal brandingmu bisa tercapai. Jangan membuat konten yang asal-asalan, justru itu bisa bersifat seperti bumerang bagimu.

2. Meningkatkan awarness brand

Sebenarnya ini masih sejalan dengan personal branding, namun dalam konteks yang berbeda. Bila personal branding lebih kepada citra diri seseorang, sedangkan awarness brand lebih kepada produk atau merk.

Kamu pasti pernah lihat produk rumah tangga atau cemilan yang dijual di minimarket memiliki websitenya sendiri, padahal produk tersebut tidak dijual secara online. Lah, lantas websitenya buat apa? Nah disinilah website tersebut berfungsi untuk meningkatkan kesadaran merk terhadap konsumen. Hal ini secara tidak langsung akan berdampak kepada meningkatnya penjualan.

Jika saat ini kamu sudah mempunyai produk untuk jual, kami sarankan segera bangun website sendiri agar produkmu lebih dikenal oleh target market.

3. Menunjukkan kesan profesional

Perusahaan-perusahan besar umumnya memiliki website company profile-nya sendiri. Dengan mudahnya akses informasi ke internet, tentu akan menampilkan kesan negatif jika perusahaan kamu tidak ada ketika disearching di internet.

Bahkan website company profile saat ini sudah seperti kebutuhan pokok jika bisnis kamu ingin tumbuh menjadi besar.

4. Sebagai tempat berbagi

Selain itu, website juga bisa menjadi media untuk berbagi dengan orang lain.

Itu adalah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan melalui website. Namun rasanya kurang lengkap dong jika kita hanya membahas manfaat dari sisi yang tak terlihat. Pasti kamu juga ingin merasakan manfaat dari sisi materi atau berupa uang. Apalagi jika saat membaca artikel ini traffik websitemu sudah besar. Sayang jika tidak bisa menghasilkan apapun.

Penghasilan Dari Sebuah Website:

Baiklah, kami akan paparkan bagaimana sebuah website bisa menghasilkan puluhan juta per bulan. Simple tapi harus penuh ketekunan. Mungkin kamu juga sudah tahu sebagian kecil caranya. Tapi kita akan bahas sedetail-detailnya. Check it out!

1. Iklan

Ini adalah cara paling umum digunakan oleh pemilik website. Coba kamu buka beberapa website favoritmu, dan lihat, hampir dari setiap mereka memasang iklan diwebsitenya. Iklan tidak hanya terpaku pada website yang besar yang dibangun dengan dana belasan juta, bahkan website gratisan pun bisa memasang iklan di website mereka. Jadi jangan patah semangat bila traffik web kamu saat ini masih sangat kecil.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bisa mendapatkan iklan untuk websitemu. Pertama, dengan mendaftar sebagai publisher di jaringan periklan. Ada banyak sekali jaringan periklanan di dunia, tapi tentu saja yang paling populer adalah Google Adsense. Agar bisa diterima sebagai publisher Google Adsense, websitemu harus sesuai dengan kriteria mereka. Meskipun traffik web juga dilihat, tapi itu bukanlah faktor utama agar website kamu bisa diterima sebagai publisher. Yang terpenting adalah konten yang berkualitas.

Selain Google Adsense, jaringan periklanan lokal pun juga banyak yang bisa memberikan penghasilan jutaan rupiah, seperti Adstar dan Adplus. Kamu bisa mengunjungi website mereka untuk info lebih lanjut.

Kedua, kamu bisa menawarkan iklan langsung kepada perusahaan, namun untuk bisa sampai ketahap ini, website kamu haruslah mempunyai traffik yang besar, dan brand yang bagus.

2. Afiliasi

Kamu akan dibayar setiap kali ada penjualan yang direferensikan dari website kamu. Paham? Jadi gini, ketika kamu mendaftar program afiliasi, kamu akan diberikan kode refferal berupa link, nanti link tersebut kamu letakkan didalam websitemu, baik berupa banner ataupun anchor text dalam artikel, setiap kali ada penjualan produk dari link tersebut, kamu akan mendapatkan komisi sesuai ketentuan yang berlaku ditempat kamu mendaftar.

Saat ini rata-rata website e-commerce seprti Lazada dan sebagainya sudah menyediakan program afiliasi untuk para blogger atau pemiliki website. Banyak blogger yang sukses dari program afiliasi. Namun perlu kamu ingat, bahwa program Ini lebih cocok untuk website yang memiliki traffik besar.

3. Toko Online

Bila kamu punya produk yang dijual secara offline, tidak ada salahnya jika dijual secara online. Bahkan dengan berjualan online, kamu bisa memperbesar jangkauan pasarmu. Tidak terbatas pada jarak dan waktu. Bukan hanya skala lokal, kamu juga bisa mendapatkan pembeli dari luar negeri. Menarik bukan?

4. Menjual Jasa

Oke, mari kita perluas mindset, yang dijual di internet itu tidak hanya berupa barang. Jika kamu mempunyai keahlian tertentu, seperti web design, graphic design, dan lainnya, kamu pun bisa menjual itu melalui website.

5. Marketplace

Kami sengaja memisahkan ini dari toko online, meskipun pada dasarnya tetap terjadi transaksi jual beli barang seperti toko online, tapi ada yang berbeda pada sistemnya. Marketplace berarti mempertemukan antara penjual dan pembeli. Saat ini ada beberapa pemain besar didunia marketplace, seperti Bukalapak dan Tokopedia. Pemilik marketplace tidak menjual barang, mereka hanya mempertemukan antara penjual dan pembeli.

Darimana mereka mendapatkan uang? Ada banyak. Tapi umumnya dari komisi transaksi yang terjadi.

6. Freemium

Bila kamu punya produk digital seperti aplikasi atau artikel-artikel yang bagus, kamu bisa menerapkan sistem freemium. Freemium berarti kamu memberikan layanan gratis kepada pengguna, namun dengan fitur yang terbatas. Jika mereka mau fitur premium, mereka harus membayar untuk mendapatkannya.

Banyak keuntungan dengan memakai sistem seperti ini. Pertama, pengguna tidak akan ragu untuk mencoba terlebih dahulu, toh juga gratis. Jika layanan yang kamu bayarkan emang bagus, mereka tidak akan ragu untuk membayar lebih guna mendapatkan fitur premium. Namun biasanya ini lebih cocok untuk target market luar negeri seperti di Eropa atau Amerika. Sebab, kebanyakan orang-orang disana lebih cenderung membayar jika layanan yang mereka gunakan benar-benar bermanfaat dan bonafit bagi mereka.

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan betapa besarnya manfaat sebuah website? Baik dari sisi materi maupun yang lainnya.

Mungkin setelah membaca penjelasan diatas, kamu mulai berfikiran untuk membangun websitemu sendiri. Namun permasalahannya adalah, ada sebagian dari kamu yang membaca artikel ini yang tidak paham bagaimana membangun sebuah website.

Pilihan CMS bagi Pemula

Tenang, kami akan mengupas tuntas bagaimana seorang pemula yang tidak mengerti sama sekali tentang ilmu pemrograman, bisa memiliki websitenya sendiri. Caranya? Simak baik-baik ulasan berikut.

Saat ini ada dua CMS (content management system) paling populer yang bisa kamu gunakan untuk membangun website, yaitu blogspot dan wordpress. Kenapa harus pakai CMS? Pertama, dengan CMS, kamu tidak perlu repot-repot membangun system back-end. Kedua, CMS itu gratis, kecuali kalau kamu pakai wordpress self-hosted. Untuk detail tentang wordpress self-hosted, akan kita bahas dibawah, sedikit lagi, sabar.

Nah dari dua CMS tersebut, mana yang paling bagus? Jawabannya tidak ada yang mutlak paling bagus. Semua tergantung kebutuhanmu.

Kalau kamu punya dana terbatas, anggaplah maksimal bugdet cuma Rp 200.000, kami menyarankan agar kamu memakai blogspot. Sebab dengan blogspot, kamu tidak perlu keluar uang lebih untuk membeli hosting, kamu sudah terlihat cukup bagus dengan hanya membeli domain dan diarahkan ke blogspot kamu. Tapi kamu harus menerima kosekuensi bahwa fitur yang kamu dapatkan juga terbatas.

Blogspot hanya bagus untuk website dengan konten-konten berupa artikel. Selain itu, blogspot terasa kurang powerful.

Namun jika kamu ingin terlihat sangat profesional, kami sarankan untuk memakai wordpress self-hosted. Banyak website-website ternama didunia yang dibangun dengan CMS wordpress. Cuma kamu harus siap-siap untuk merogoh kocek lebih dalam, sebab selain membeli domain, kamu juga harus membeli hosting yang sesuai dengan kebutuhanmu.

Bila traffik websitemu masih kecil, mungkin hosting dengan harga murah masih cukup, tapi jika traffiknya sudah besar, kamu harus siap-siap untuk mengupgradenya ke paket yang kapasitasnya lebih besar, dan tentu saja kamu juga harus keluar uang yang lebih besar lagi.

Demikianlah manfaat serta cara menghasilkan uang dari website. Jika kamu tertarik untuk merambah bisnis di internet, kamu bisa memulai dengan cara-cara yang sudah kami sebutkan tadi. Sesuaikan saja website yang kamu bangun dengan budget yang kamu punya, serta bangun konten yang berkualiatas diwebsitemu.

blog, website, Earning, PENGHASILAN

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top