Cara Membuat Toko Online di Wordpress

2016-07-11 16.51.2712070.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca Kata.

Sebenarnya anda tidak usah repot-repot membuat toko online, karena di indonesia sudah banyak menyediakan Jual Beli Gratis seperti Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, dan lainya. Tapi kalau anda ingin mempunyai website toko anda sendiri gak masalah sih. Di kesempatan yang bagus ini ane mau berbagi Tips juga buat ingin Dropship.
 

PENGERTIAN :

Apa itu Dropship ?
ok ane jelasin dikit,
Sistem Dropship adalah Sistem dimana anda meminta seller/ supplier anda untuk mengirimkan barang/ orderan ke customer anda dengan mencantumkan nama, alamat, No. HP anda/ toko anda sebagai pihak pengirim.
Jadi, kalo Reseller Dropship berarti pelaku/ orang yang melakukan sistem dropship itu sendiri

Bingung ?
Jadi begini Anggap saja anda mempromosikan Barang si Seller/supplier ke website anda atau Medsos dengan harga lebih (semisal harga seller/supplier 300 RB anda promosikan ke web anda atau medsos dengan harga 350 RB) , Terus ada orang mau beli dan pesan ke anda, kemudian anda meminta/memesan kembali ke seller/ Supplier anda (sesui dgn orang beli tadi) untuk mengirimkan barang yang anda minta/pesan kirim ke alamat orang yang mau beli ke anda tadi, dengan saat paking barang yang mau dikirim mencatumkan nama anda atau nama toko anda.

Kalau masih bingung coba search di google dengan keyword "apa itu dropship" hehehe ...

OK kita lanjut ke Cara pembuatan Website Toko online,
Untuk Modal Lumayan banyak sih. ini daftar yang anda beli untuk membangun Website saja :

BAHAN:


Domain
Anda perlu domain (.com, .net, .org dll) untuk website anda (contoh: www.tokoonline.com). harga domain tergantung dari kisaran 10 Rb - 500 Rb. biasanya .com, .net & .org harganya 120 rb - 150 rb Pertahun silahkan anda cek di penyedia domain seperti Niagahoster, Master Web, Godaddy, rumah web dll kalau ingin pembayaran dengan dolar bisa di Namecheap.

Hosting atau Server
Wordpress ada 2 , Gratis dan Self Hosted yang kita pilih adalah self hosted kalau gratis banyak kekuranganya namanya juga gratis hehehe (silahkan cari perbedaan di google gan) . Untuk Self hosted kita harus memiliki Server atau Hosting. untuk membeli Hosting agan bisa membeli seperti membeli penyedia domain tadi Niagahoster, Master Web,  rumah web (lokal) untuk Luar Namecheap, Godaddy, Hawkhost, dll (luar negeri).

Thema
Ane saranin agan beli Thema di Lapak Instan, kenapa ane nyaranin ini ? pertama agan bayar cuman sekali dan dapat update terus secara gratis, terus themanya ini agan cukup 1x install dan tidak usah repot" lagi install plungin Ongkir, plungin Ecommerce wordpress jadi tak usah repot lagi gan.
Kalau agan beli thema dilain juga bisa ane saranin juga nih beli di Kentooz atau di codecanyon .
Sedikit penjelasan Kentoz dan codecanyon, Kentooz hampir sama dengan lapak instan bayar sekali dan dapat update terus cuman ane kaga pernah sih beli thema yang Ecommerce cuman ane sering beli thema buat blog aja. kalau codecanyon ane kaga pernah beli disana untuk thema kecuali tools dan plungin hehehe coba aja gan kalau agan banyak uang xixixi soalnya di codecanyon Mahal themanya.

Tambahan Untuk Dropship :
Tools Instan Toko, Tools ini untuk agan yang tidak mau repot atau Mager hehe, karena tool ini kita bisa Scrapper barang di tokopedia dan bukalapak dan juga Posting otomatis di Wordpress silahkan cek disini untuk lebih lengkap : Instan Toko

Kira Jumlahnya :
Domain = 100 RB (kita ambil kisaranya)
Hosting = 300rb / 400 rb (ambil standart)
Thema Lapakinstan = 310 Rb
Total = 700 Rb keatas untuk pembuatan sendiri , lumayan mahal sih hehehe

Untuk Dropship kalau ingin Otomatis : tambah harga 480 Rb / 910 Rb kira" begitu lah harganya hehehe

PEMBUATAN:

Sudah basa basinya ya kita lanjut Tahap pembuatan.

► Apabila agan sudah Membeli Domain dan Hosting dan sudah siap digunakan (sudah setting Nameserver domain, dll) agan lansung aja install Wordpress (baca disini: Tutorial Install Wordpress hosted buat Pemula lengkap)

► Kemudian Install Thema Lapak Instan (disini ane contohin thema Lapak instan ya gan Soalnya cuman itu yang ane beli)  Appearance » Themes » klik Add New » klik Upload Thema , klik browser pilih File Zip lapak instan dan klik Install Now.

► Apabila sudah selesai langsung klik Active dan masukan License Key Lapak Instan.

► Untuk Setting Informasi Toko, Facebook, Tampilan, ongkir, pembayaran dan lainya,  klik TJ Options

► Sekarang Install Plungin Wordpress yang ane Saranin;

  • Yoast SEO atau All in SEO (pilih salah satu)
  • Contact Form 7
  • WP Smush
  • WP Super Cache atau W3 Total Cache (pilih salah satu)
  • Google XML Sitemaps

Tambahan :

  • Jetpack by WordPress.com  (kalau agan install ini agan bisa hapus Contact Form 7 karena di jetpak ada fitur Contact juga)
  • kb robots.txt 

Untuk Pembuatan Website Toko Online Wordpress selesai,
Terus untuk Dropship cara kegunaan Instan Toko bisa liat Videonya di channel ini Lapak Instan
Semoga Berjaya

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top