Artikel

Webmaster Template

Mempercepat Loading Performa Website agar lebih ringan

Bagaimana rasanya membuka website tetapi loadingnya lama padahal internet anda bagus ? Apalagi yang internetnya tidak bagus ?. Pasti anda ingin cepat Menutupnya atau pergi ke situs lebih ringan atau cepat. Begitu juga dengan Visitor anda apabila website anda begitu berat. Mereka pasti akan berpaling ke website yang lebih cepat. Kecepatan Loading pada website juga berpengaruh pada SEO.

Bagaimana caranya agar Website lebih cepat dan ringan saat dibuka ? Ikuti Tips berikut:

1. Mengecilkan HTML, CSS & JS (Kompres)

Pertama anda harus Mengecilkan HTML, CSS & JS pada website anda. Ini sangatlah penting, Semakin design web anda rumit maka semakin banyak pula code HTML, CSS & JS. Maka dari itu CSS & JS anda harus di kecilkan (Minify). anda dapat mengecilkanya disini : cssminifier.com, compressmycode.com. Untuk Wordpress anda cukup Install Plugin : Autoptimize, WP Fastest Cache.

2. Mengecilkan Ukuran File Gambar (Optimalkan)

Selain Mengecilkan Code Website, andapun juga harus mengecilkan gambar yang terdapat pada website. Seperti Logo Web, Gambar Background ataupun Gambar Konten Artikel , dll. Semakin kecil size gambar semakin cepat pula website anda di akses. Caranya ? untuk Wordpress anda bisa mengunakan Plungin seperti : WP SMUSH.IT, EWWW Image Optimizer dan lainya. Anda juga bisa memperkecil dengan Photoshop atau di web : jpgoptimiser.com

3. Buang CSS, JS & Plugin yang tidak terpakai

Apabila Plugin Tidak terpakai lebih baik di buang atau hapus saja. Karena Setiap file .Css , JS maupun install Plugin semua terdapat Nilai ukuranya yang bisa memperlambat atau memperberat website anda.

4. Cache

Dengan Memanfaatkan sebuah Cache, dapat meningkatkan kenerja server dan mengurangi waktu download dan sebuah halaman diload tidak harus sepenuhnya meminta pada server. Adapun Plugin untuk Wordpress adalah : W3 Total Cache, WP Fastest Cache dan lainya. Untuk Secara manual bisa menambahkan kode di .htacces. 

5. Hindari iFrame dan Widget terlalu banyak

Hindari juga Script iFrame , karena ini bisa membuat website anda lambat dan kurang di sukai google. Selain itu buang atau hapus widget yang tidak dibutuhkan agar website anda semakin ringan.

6. Meningkatkan Server

Apabila Cara di atas sudah dilakukan dan masih Saja website anda lambat ? Mungkin Pengaruhnya ada di Server. Oleh karena itu, gunakan layanan hosting atau server yang cepat dan terpercaya. Kecepatan respon pada server adalah hal berpengaruh dalam kecepatan loading website anda. Maka Pilihlah penyedia server atau hosting yang terbaik.

Adapun Cara lainya yang meringankan dan mempercepat website anda. Mungkin beberapa cara di atas akan menghilangkan permasalahan pada website anda dan semakin cepat. 

Adapun ingin berbagi atau berdiskusi silahkan buka thread di Web Design



0 597 5.0/ 1
Mempercepat Loading Performa Website agar lebih ringanMempercepat Loading Performa Website agar lebih ringan
Pubindo - Indonesian Publisher Community
5.05
Cara Mempercepat loading, Mengoptimalkan dan Meringankan Website dan blog anda. agar visitor tidak cepat pergi dan trafik tidak menurun.

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK