Artikel

Teknologi Internet

Cara Memperbaiki Wifi Laptop Windows 8

Bagi para profesional cara memperbaiki wifi laptop windows 8 yang limited access ataupun tidak bisa konek cukup mudah. Namun bagi para pemula mungkin akan sedikit kebingungan. Padahal akses layanan wifi secara gratis sekarang ini diberikan hampir disetiap instasi seperti sekolah kampus kantor-kantor hingga warung kopi.

Namun dibeberapa tempat banyak kases wifi yang limited access atau laptop tidak bisa konek wifi. Tentu ini menjadi maslah yang harus segera ditangani dengan teliti. Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan maslah tersebut muncul baik dari segi software maupun hardwarenya.

Nah bagi anda para pengguna OS windows 8 berikut saya ulas cara memperbaiki wifi laptop windows 8 yang bermasalah.

Cara memperbaiki wifi laptop windows 8 no internet access

  • Pertama anda klik kanan pada gambar jaringan wireless-nya
  • Lalu anda pilih dan klik change adapter settings
  • Kemudian anda cari wireless adapter lalu klik kanan dan pilih properties
  • Setelah terbuka anda pidahkan cursor mouse laptop anda pada 'Internet Protocol Version 4(TCP/IPv4) laluanda klik 'Properties' yang ada disebelahpojok kanan bagian bawah.
  • Lalu anda klik 'Use the following IP address' supaya anda bisa mengisikan jaringan IP secara manual. Pada umunya Wifi rata-rata memakai IP kelas C yang dapat digunakan pada LAN dimana IP tersebut terdiri dari 3 net. Default Gateway wifi biasanya 192.168.1.1 dan host anda bisa dari angkan 2 samapai 254, tergantung wifi providernya berapa host yang dibuka.
  • Nah jika anda mau koneksikan IP anda bisa ketik 192.168.1.13. Subnet wifi kelas C yaitu 255.255.255.0 secara otomatis muncul. Sedangkan untuk prefered DNS server-nya anda dapat mengisi dengan 8.8.8.8 lalu dibawah 8.8.4.4 kalau yang ini tidak dapat berfungsi maka anda bisa isikan Default Gatewanya yaitu 192.168.1.1 lalu di bawah kosongkan saja.Setelah itu klik ok dan tunggu hasilnya.

 

Cara memperbaiki wifi laptop windows 8 yang limited access

Beberapa cara atau langkah bisa anda tempuh yakni :

Cara pertama : Reset Koneksi WiFi

Reset koneksi wifi merupakan cara dalam proses troublehooting koneksi jaringan Inernet. Anda dapat melakukan ini melalui panel taskbar. Adapun caranya :

  1. Masuk dan klik ikon Network Connections;
  2. Klik nama WIFI yang sedang aktif ;
  3. Lalu kik tombol Disconnect;
  4. Lalu klik connect untuk mengembalikan koneksi Wi-Fi nya, terus anda tes dengan mencoba lakukan browsing.

Cara kedua : Restart Adapter WIFI.

Reset adapter WIFI, dapat anda lakukan dengan cara mematikan adapter Wireless pada Laptop , lalu anda nyalakan lagi. apabila adapter Wireless berbentuk fisik seperti di PC, maka anda lakukan restart hardware dengan cara reset Wireless adapter melalui tombol fungsi Fn dibarengi icon Wi-Fi pada function key ba.

Cara ketiga : Restart Laptop

Restart Laptop dapat menjadi solusi ketika Wifi limited access atau no connect, pada umumnya masalah ini terjadi dikarenakan temporary cache yang membebani system atau fungsi Wireless Adapter laptop yang bermasalah atau mungkin hang, dan bisa disebabkan konfigurasi DNS cache-nya yang bermasalah, semua masalah tersebut dapat dibereskan atau dibersihkan dengan cara soft-reset atau restart laptop.

Cara keempat : Restart Modem atau  Wireless Router

Modem adalah perangkat induk di mana bandwidth utama Internet dari ISP disalurkan. Adapun Wireless Router adalah perangkat Wireless yang memiliki fungsi untuk membagikan bandwidth dari perangkat utama yakni Modem ke laptop Client melalui jaringan wireless atau wifi.

Cara ini merupakan alaternatif terakhir jika cara-cara di atas gagal dan koneksi masih Limited. Caranya yaitu anda restart hardware Wireless Router, lalu restart Modem, tunggu 5-15 menit. Setelah itu coba anda nyalakan kembali kedua perangkat itu lalu andates koneksi Internet melalui laptop Client.

Nah itulah beberapa cara memperbaiki wifi laptop windows 8 no internet access atau limited access.



0 199 0.0/ 0
Cara Memperbaiki Wifi Laptop Windows 8
0.05
Bagi para profesional cara memperbaiki wifi laptop windows 8 yang limited access ataupun tidak bisa konek cukup mudah. Namun bagi para pemula mungkin akan sedikit kebingungan.

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK