Artikel

Teknologi Gadget

Cara Mengetahui Ciri HP Bootloop

Apa sih bootloop?

Bootloop adalah kondisi dimana HP Android terus menerus berada dalam posisi loading dengan logo merk dengan waktu yang cukup lama. ciri-ciri hp Bootloop adalah ketika dihidupkan, HP tersebut terus loading di posisi logo merek yang cukup lama. selain itu, biasanya HP yang mengalami Bootloop memiliki gejala lemot atau Lola. jika HP kamu menglami kondisi ini, berarti itu adalah ciri HP kamu sedang bootloop. Cara mengetahui ciri HP bootloop lainnya antara lain adalah HP sering restart sendiri, mati sendiri, dan kadang tidak bisa dihidupkan lagi. Ketika dihidupkan hanya tampil logo merk saja.

Penyebab  HP bootloop antara lain adalah karena kesalahan penggunaan.

  • Biasanya karena gagal instal ulang, 
  • gagal root HP, dan
  • gagal instal costum rom,

Selain diatas bisa juga karena umur HP yang sudah tua. Keadaan ini sering terjadi pada Samsung dengan tipe yang sudah lawas, Oppo juga termasuk salah satu HP yang sering mengalami bootloop. Tidak hanya Samsung dan Oppo, semua merk HP juga bisa mengalami bootloop, terutama pada HP yang sudah lawas.

Cara mengatasi HP bootloop adalah dengan melakukan restart, reset, atau Clear all. Namun jika semua cara tersebut gagal maka anda harus mem-flash atau menginstal ulang HP. Cara mem-flash ada dua yaitu tanpa komputer dan menggunakan komputer. Namun 2 cara tersebut bisa berhasil jika bootloop terjadi karena kerusakan OS bukan kerusakan pada hardware. ( Silahkan baca: Cara Memperbaiki Android Bootloop dengan PC )

Jika ciri-ciri hp bootloop tidak hanya terjadi sekali dan sudah sering terjadi sebelumnya, lebih baik kamu segera menjual HP Android karena jika tidak HP Android tersebut biasanya akan benar-benar rusak dan tidak bisa digunakan lagi. Sebelum hal itu terjadi sebaiknya setelah dibetulkan segera dijual.

Masalah bootloop yang mengakibatkan HP lemot ini terjadi karena emmc anda sudah lemah sehingga harus diganti. untuk biaya penggantian EMMC sekitar Rp 300.000 itu sudah termasuk penggantian dan jasa service. Namun daripada mengganti EMMC dengan yang baru lebih baik kita perbaiki sistem kemudian jual.

Ciri-ciri EMMC rusak adalah Sudah diflash beberapa kali namun hasilnya HP tersebut tetap loading di logo merk saja dan sering merestart sendiri kemudian ada peringatan tidak bisa load file. Di file C muncul robot error dan tulisan merah pada saat recovery mode dan juga lain-lain.

ciri HP bootloop pada semua merk HP memiliki gejala yang sam saja seperti tiba-tiba mati sendiri, tiba-tiba merestart sendiri, kemudian menampilkan loading logo yang cukup lama, dan itu menandakan ada OS yang rusak atau hardware yang rusak.

Jika hardware rusak Maka hal tersebut fatal. namun jika hanya OS yang rusak masih bisa dibetulkan. Hardware yang rusak harus diganti. Dan  tentu biayanya juga mahal. berbeda jika yang rusak adalah os-nya.

Sebenarnya gejala bootloop bisa di lihat sejak awal. cara mengetahui ciri-ciri HP bootloop dari Dini antara lain adalah HP menjadi lemot untuk membuka salah satu aplikasi saja susah misalnya membuka aplikasi Chatting seperti WhatsApp atau BBM. Apalagi jika  melakukan multitasking pada HP. biasanya HP akan langsung restart sendiri dan atau mati sendiri. Bisa juga HP mengalami lag dalam waktu yang cukup lama. Parahnya adalah ketika kita menghidupkan HP, HP mengalami load logo yang terlalu lama sampai akhirnya bisa mengakibatkan mati total. Jadi jika HP anda sudah menampilkan gejala-gejala mengalami bootloop lebih baik segera di back up data nya, diflash, kemudian dijual Daripada malam merogoh kocek yang lebih dalam.



0 544 0.0/ 0
Cara Mengetahui Ciri HP BootloopCara Mengetahui Ciri HP Bootloop
Pubindo - Indonesian Publisher Community
0.05
Cara mengetahui ciri HP bootloop lainnya antara lain adalah HP sering restart sendiri, mati sendiri, dan kadang tidak bisa dihidupkan lagi. Ketika dihidupkan hanya tampil logo merk saja.

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK