Cara Menghilangkan Jerawat Batu Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu? Mudah saja. Sebelum kamu mencoba pengobatan dengan ahli dermatologis atau dokter kulit, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Penasaran?

2017-12-034135.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 591 Kata.

Kebanyakan orang merasa stres jika wajahnya dipenuhi dengan jerawat. Meskipun tidak membahayakan, keberadaan jerawat dianggap dapat menurunkan rasa percaya diri seseorang. Jerawat batu adalah salah satu jerawat yang paling sulit untuk disembuhkan. Tidak hanya dapat mengganggu penampilan, jerawat batu juga menimbulkan rasa nyeri dan gatal.

Jerawat batu yang matang dan membesar dipenuhi oleh darah kotor dan nanah. Mendengarnya saja sudah mengerikan bukan? Apakah kamu termasuk bermasalah dengan jerawat batu? Tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. 

Cara Mengatasi Jerawat Batu Secara Alami

Bagaimana cara menghilangkan jerawat batu? Mudah saja. Sebelum kamu mencoba pengobatan dengan ahli dermatologis atau dokter kulit, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan. Penasaran? Berikut ulasannya.

1. Mengkudu

Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan, mengkudu bisa menjadi salah satu cara membersihkan jerawat secara alami. Kamu bisa meminumnya dalam bentuk jus secara rutin untuk menjaga kesehatan serta kecantikan kulit. Namun, jika tidak tahan dengan rasa pahitnya, kamu bisa menghaluskannya hingga berbentuk pasta. Aplikasikan pada wajah sebagai masker secara rutin sampai jerawat batu mengering.

2. Bawang Putih

Bawang putih juga dapat dijadikan alternatif untuk mengeringkan jerawat batu karena memiliki sifat antiseptik. Tidak hanya itu, sifat tersebut mampu melawan bakteri pemicu jerawat batu, bahkan sampai ke lapisan kulit terdalam. Caranya dengan menghaluskan bawang putih, lalu oleskan pada area kulit yang berjerawat dan diamkan sampai mengering. Setelah itu, bilas dengan air dingin sampai bersih.

3. Tomat

Ada banyak manfaat yang dimiliki tomat bagi kecantikan. Kandungan Vitamin E yang tinggi di dalamnya dapat membantu mencerahkan kulit wajah, menghilangkan flek hitam bekas jerawat, serta mengatasi peradangan. Sediakan satu buah tomat segar, lalu gosokkan secara perlahan pada area berjerawat dengan gerakan melingkar. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat.

4. Putih Telur dan Madu

Telur mengandung protein tinggi yang mampu mengatasi penyumbatan pori-pori wajah. Oleh karena itu, telur sangat cocok untuk mengatasi permasalahan jerawat yang diakibatkan oleh tersumbatnya pori-pori. Caranya dengan memisahkan putih telur dari kuningnya, lalu campurkan dengan tiga sendok makan madu alami. Setelah itu, aplikasikan pada wajah sebagai masker dan diamkan sampai mengering. Terakhir, bilas dengan air hangat sampai bersih.

5. Kunyit, Jeruk Nipis, dan Madu

Madu memiliki sifat antibiotik, antibakteri, dan anti-inflamasi yang efektif mengatasi jerawat batu secara alami. Sementara itu, kunyit dan jeruk nipis terkenal dengan sifat radang untuk mengurangi rasa nyeri yang ditimbulkan oleh jerawat batu. 

Haluskan kunyit dengan cara diblender, ditumbuk, ataupun diparut. Kemudian, campurkan dengan perasan jeruk nipis serta madu dan aduk sampai berbentuk pasta. Aplikasikan pada wajah sebagai masker dan diamkan sampai mengering.

6. Baking Soda

Tidak hanya bermanfaat untuk mengembangkan adonan, baking soda juga tergolong efektif dalam menyembuhkan, mencegah, dan mengurangi peradangan jerawat batu. Campurkan baking soda dengan air hangat dan aduk sampai berbentuk pasta. Oleskan pada bagian jerawat, kemudian diamkan selama kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air. Namun, jika kamu memiliki kulit wajah yang sensitif, sebaiknya hindari memakai pasta baking soda terlalu sering atau maksimal tiga kali dalam seminggu saja.

7. Sindaguri

Tanaman obat sindaguri juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi jerawat batu dengan cara terapi uap. Caranya cukup mudah, yaitu merebus daun sindaguri bersama daun mahkota dewa dan diamkan sampai mendidih. Setelah itu, tuang campuran air tersebut ke dalam baskom. Letakkan wajah di atas uap rebusan tersebut.

Jika cara ini dilakukan secara rutin, uap tanaman sindaguri dipercaya dapat mengempeskan jerawat batu tanpa meninggalkan bekas luka.  

Nah, itu dia cara membersihkan jerawat batu secara alami. Mudah bukan? Dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan biaya terjangkau, cara-cara alami ini banyak diminati. Selain itu, bahan-bahan tradisional minim efek samping yang dapat memperparah kondisi jerawat. Semoga artikel ini bermanfaat!

cara, alami, acne, jerawat

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top