Dampak Positif dan Negatif Game Online Bagi Pelajar

jangan keseringan karena bisa menimbulkan dampak negatif yang bisa membahayakan. dampak positif dan negatif game online bisa saja dialami oleh pemainnya.

2017-11-2022745.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 619 Kata.

Sebagaimana yang telah kita ketahui kini game-game online sudah marak bahkan sudah merajalela di masyarakat terutama para pelajar yang lagi aktif-aktifnya. Game tidak hanya sebatas hiburan saja, melainkan game kini sudah menjadi  suatu hobi dan rutinitas sehari-hari yang tidak hanya dinikmati oleh para pelajar saja tetapi semua kalangan. Bermain game memang bisa membuat seseorang terlepas dari rasa jenuh, stress, tapi harus diingat bagi terutama bagi kalangan pelajar bermain game itu boleh dilakukan asal jangan keseringan karena bisa menimbulkan dampak negatif yang bisa membahayakan. dampak positif dan negatif game online bisa saja dialami oleh pemainnya. Dan berikut kami berikan informasi mengenai dampak game oline bagi pelajar.

Kita mulai dari dampak negatif terlebih dahulu kemudian dilanjutkan pada dampak posiitf game online bagi pelajar.

  1. Kecanduan game online

Dampak negatif dari bermain game online pertama adalah kecanduan. Bagi anda yang kesehariannya beada didepan game online, harus hati-hati karena jika terlalu sering bermain game bisa mengalami kecanduan. Jika seseorang sudah mengalami yang namanya kecanduan game maka orang tersebut akan lupa segalanya, terutama bagi pelajar pasti lupa dengan tugas-tugas sekolahnya, bahkan yang paling fatal dari  game online adalah males melakukan aktifitas apapun seperti males makan, males mengerjakan tugas. Dll.

  1. Males Gerak atau kata anak zaman sekarang mah ‘Mager’, males merupakan salah satu efek negatif dari kecanduan game online. Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya orang yang sudah kecanduan game akan males melakukan aktifitas, makan, mandi, tugas-tugas sekolah terabaikan. Kemudian yang paling parah dari bermain game bagi pelajar adalah males untuk pergi kesekolah, menurutnya semua aktifitas disekolah itu membosankkan.
  2. Merusak mata.

Dampak  game online bagi pelajar yang ketiga adalah bisa merusak mata, karena jika terlalu sering kita menatap layar monitor bisa membuat mata kita pedih dan cepat berair akibat radiasi dari layar monitor yang secara terus menerus dipancarkan kepada mata kita. dan memungkinkan mata kita akan minus atau pada saat melihat objek terlihat buram atau tidak jelas. Dan ujung-ujungnya penglihatan anda harus menggunakan bantuan kaca mata.

  1. Kurangnya sosialiasi dengan teman dan keluarga

Terlalu banyak menghabiskan waktu didepan layar monitor dan kamar dengan bermain game tentunya bisa mengurangi interaksi dengan teman ataupun dengan keluarga, karena tidak adanya aktifitas mengobrol dan tidak saling berinterasi satu sama lainnya, itulah dampak negatif yang ditimbulkan dari game online.

  1. Kerugian Secara Finansial atau materi

Untuk bermain game online itu pastinya membutuhkan biaya untuk membeli kuota untuk menghungkan ke internet. Terutama bagi anda yang sudah kecanduan pastinya sudah tidak bisa mengontrol pemakain kuota, jika kuota habis pasti anda langsung membelinya tanpa berpikir panjang demi memuaskan kesenangannya itu.

Selain beberapa dampak negatif diatas, bermain game juga memiliki beberapa dampak positif yang bisa kita terima, dampak positif bermain game online tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Melatih konsentrasi

secara tidak langsung dampak positif yang dihasilkan dari bermain game adalah bisa melatih konsentrasi kita. karena ada beberapa game yang memang cara kerjanya itu harus dengan berkonsentrasi supaya bisa memenangkan permainan dengan cepat dan akurat.

  1. Bisa meningkatkan kemampuan berbahasa asing

Pastinya kita semua tahu bahwa didalam sebauh game online terutama game-game rancangan luar negeri tentunya menggunakan bahasa-bahasa asing salah satunya bahasa inggris. nah karena kita sering melihat dan membaca tulisan-tulisan yang berbahasa inggris pada game-game tersebut , maka  secara tidak langsung kemampuan berbahasa asing kita semakin bertambah.

  1. Menghilangkan stress

Bagi anda yang sehariannya disibukkan dengan pekerjaan di kantor atau tugas-tugas sekolah yang menumpuk yang membuat anda menjadi stress dan merasa penat denagn semua aktifitas tersebut. maka dengan bermain game semua kepeneatan anda bisa disebuhkan dengan bermain game. Tapi harus ingat bermain game digunakan sewajarnya saja jangan terlalu sering, karena nantinya bisa menyebabkan kecanduan dan membuat pekerjaan anda terabaikan.

Itulah beberapa dampak positif dan negatif game online. Untuk menghindari dari dampak game online bagi pelajar yang harus dilakukan oleh para orang tua adalah terus memantau anak-anaknya agar tidak terus-terusan bermain game.

berbahaya, game, dampak

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top