10 nama motif batik dan asal daerahnya

Kali ini kita akan membahas 10 nama motif batik dan asal daerahnya di Indonesia yang paling popular berdasarkan corak

2017-11-159385.0 / 2

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 484 Kata.

Batik merupakan seni lukis yang menggunakan media kain yang memiliki pola dan cara pembuatannya khusus dengan menuliskan atau menempelkan zat malam pada kain tersebut.  Batik telah ditetapkan oleh lembaga PBB yaitu UNESCO sebagai warisan kemanusiaan budaya lisan dan nonbendawi untuk Indonesia sejak tanggal 2 Oktober 2009 lalu.

Batik sendiri berasal dari bahasa jawa yaitu amba yang artinya menulis dan titik yang bermakna titik sehingga jika digabungkan menulus pada titik -  titik dengan pola tertentu.
Kali ini kita akan membahas 10  nama motif batik dan asal daerahnya di Indonesia yang paling popular berdasarkan corak :
 

Batik Sekar Jagat

Ini adalah salah satu  yang sangat khas dan popular di Indonesia batik ini berasal dari Yogyakarta. Batik jogja ini mempunyai makna keindahan atau kecantikan yang membuat orang jadi terpesona melihatnya.

Batik Sidomukti Magetan

Batik ini berasal dari kabupaten Magetan dan memiliki  dasar bergambar bambu. Sebagaimana batik – batik lainnya, biasanya batik ini dipakai pada acara – acara resmi seperti upacara adat dan ritual lainnya. Makna dan filosofi dari  batik sidomukti ini adalah harapan untu mendapatkan ketenangan lahir dan batin.

 Batik Kraton

Untuk batik ini sangat eksklusif dan elit. Untuk masyarakat biasa biasanya tidak diperkenankan untuk memakai  batik corak ini karena yang diperbolehkan hanya sultan dan keluarganya. Akan tetapi belakangan ini peraturan tersebut dicabut dan masyarakat biasa sudah boleh memakai batik tersebut.

Batik Jepara

 batik jepara bisa dibedakan menjadi dua jenis yaitu  lama dan  baru.  batik jepara memiliki pola dengan warna lung hitam, flora fauna dan ulir hijau. Sedangkan  yang baru adalah batik tulus yang banyak sekali variasinya. Batik Jepara sendiri juga sangat tersohor dengan sebutan batik Kartini.

Batik Solo

Batik dari solo yang seting disebut juga dengan batik sogan adalah warna nya dengan corak warna kecoklatan. Batik solo juga masih menerapkan konsep tradisional dengan hanya memakai bahan – bahan alam seperti pewarna.

Batik Kawung

batik ini memiliki motif yang dikenal oleh orang tua kita sejak dahulu. Hal ini disebabkan karena ini merupakan salah satu motif batik tertua di Indonesia. Motif ini merupakan gambaran daru buah kawung atau aren.

Batik Tasik

batik ini memang bukan hanya ada di daerah jawa saja. Motif ini juga berkembang di tanah sunda. Setiao daerah memiliki ciri khas dan juga filosofi masing masing dari daerahnya.

Batik Malang

Batik malang terkenal dengan motif batiknya yang cenderung bermotif cerah dan seperti memiliki warna dasar biru kemudian ditimpa dengan warna putih, dan kemudian ditempa lagi dengan merah.

Batik Pekalongan

Kebanyakan motif dari pekalongan dipengaruhi oleh kebudayaan luar yang datang karena faktor perdagangan. Hal ini disebabkan karena letak dari kota Pekalongan sangat strategis sekali untuk lokasi perdagangan sehingga banyak sekali tersebar.

Batik Mega Mendung

Motif yang berasal dari cirebon ini memiliki khas yang tersendiri dalam membuat motif. Diantaranya adalah motif yang paling popular bahkan menjadi ciri khas kota cirebon adalah mega mendung.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai 10 Jenis batik terbaik berdasarkan corak yang sangat popular dan terkenal di Indonesia. Semoga bisa menjadi referensi anda dalam memilih batik.

Batik

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top