Kenapa Muncul Foto Amien Rais saat Cari 'Setan' di Google?

Penjelasan kenapa muncul foto Amien Rais, Mahfud MD, Din Syamsuddin ketika memasukan kata kunci setan di mesin pencari Google.

2018-06-23630.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 432 Kata.

Media sosial dibulan juni kembali heboh oleh hal yang tidak berfaedah. Belakangan ini, warga Twitter ramai membicarakan keluarnya foto politisi Amien Rais di mesin pencarian Google saat memasukkan kata kunci 'Setan'.

Juru bicara dari persaudaraan Alumni 212 Novel Bamukmin mengakui kaget mengenai fakta tersebut. Ia menyebut, hal itu adalah pelecehan sekaligus penghinaan terhadap Amien yang notabene tokoh nasional.
“Inalillahi wa ina ilaihi rojiun. Ini bentuk pelecehan dan penghinaan terhadap tokoh nasional yang sekarang justru sedang ingin menyelamatkan agama dan negaranya dari setan setan,” tegas Novel kepada Suara.com, Rabu (20/6/2018).
”Google memang sudah tidak netral, sudah berpolitik, menjadi pendukung kekuasaan. Karena kalau gerakan #2019GantiPresiden berhasil, kami akan memperjuangkan untuk menutup Google dan diganti dengan produk anak bangsa,” tandasnya.

Sumber : https://bit.ly/2M6GhuW ( Suara.com - Rabu, 20 Juni 2018 )

klarifikasi

FAKTA DAN PENJELASAN

Dengan memasukan kata kunci 'Setan' di pencarian Google, maka akan muncul beberapa foto Amien Rais di halaman pertama pencarian Google. Tapi, sebenarnya bukan hanya foto Amien Rais yang muncul dan terlihat di situ, ada juga beberapa tokoh lain seperti Mahfud MD dan Din Syamsuddin, yang muncul di halaman pencarian gambar Google.
Lantas, apa yang menyebabkan foto Amien dan beberapa tokoh orang ini muncul ketika memasukan kata kunci 'Setan' di pencarian Google? Jawabannya sederhana, karena semua foto itu berasal dari berita yang dimuat di sejumlah media online nasional yang memuat kata 'Setan' atau yang trend sebelumnya adalah partai setan.

Jadi sebelumnya heboh tentang partai setan yang dibahas oleh beberapa tokoh seperti pak amien rais, mahfud MD dan Din Syamsuddin.

mahfud Md diketik kata setan
(silahkan ketik dipencarian google "partai setan")

Jika ditelusuri, foto-foto itu berasal dari berita yang memuat perkataan Amien mengenai isu politik, yaitu ketika ia mengatakan ada 'Partai Allah dan Partai Setan'. Sejumlah media nasional pun memberitakan perkataan dari Amien itu sehingga kata kunci 'Setan' di sini terlacak oleh mesin Google.

Ketika sebuah postingan, dan didalam post tersebut terdapat gambar, penulis bisa memasukan sebuah kata di Alt atau title dalam gambar (image). Selain itu penulis juga bisa memasukan kata kunci dalam tulisan dan script (meta).

SEO (Search Engine Optimization) dari masing-masing portal berita membuat foto Amien di artikel tersebut mejeng di halaman pertama Google walau pengguna hanya mengetikkan kata 'Setan' saja di kolom pencarian.

Jadi penyebabnya bukan karena GOOGLE tetapi karena banyaknya media online membuat artikel yang sebelumnya membahas tentang "partai setan" oleh pak amien rais dan tokoh lainya.

Jadi itulah alasan kenapa muncul foto amien rais saat mencari setan di mesin pencari google. Dan sebagian yang tidak mengetahui Internet Marketing tentang SEO mungkin akan Gaptek.

Semoga bermanfaat.

 

Dikutip dengan perubahan seperlunya dari : https://bit.ly/2MKEc9l
Referensi: https://bit.ly/2KaEQ1c
sumber: Fanpage Facebook - Indonesian Hoaxes

hoax, info, klarifikasi, Turn Back Hoax

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top