Tips Menghindari dan Mengetahui Ciri Berita Hoax

Hoax adalah berita bohong yang bisa berisi Fitnah, Pencemaran nama baik seseorang atau menyudutkan / menjatuhkan orang atau suatu kelompok.

2018-01-193045.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 1143 Kata.

Hoax adalah berita bohong yang bisa berisi Fitnah, Pencemaran nama baik seseorang atau menyudutkan / menjatuhkan orang atau suatu kelompok. Tidak hanya website atau blog kecil atau perorangan hingga media website yang sudah terkenalpun ada yang menulis berita hoax hanya sekedar rating, view atau tujuan lainya. Jadi jangan mudah percaya walaupun itu Website yang sudah besar dan terkenal sekalipun.

Jadi anda ingin dianggap sebagai Netizen yang pintar maka anda harus teliti sebelum mempercayai apalagi sampai share berita tersebut. Jangan sampai anda dianggap sebagai Netizen sampah yang membagikan berita bohong.

Diartikel ini akan memberikan Tips Menghindari dan Mengetahui Ciri Berita Hoax sebagai berikut:

CIRI BERITA HOAX:

1. DILEBIH LEBIHKAN

Maksud dari dilebih lebihkan adalah isi berita tersebut terlalu menyudutkan seseorang atau kelompok agar nama mereka tercemar tidak baik. Walaupun terkadang ada berita yang benar tetapi hal ini harus diwaspadai. Jangan asal share berita Negatif tentang orang lain, apabila tidak benar anda akan mendapatkan dosa fitnah telah menyebarkan fitnah orang lain.

Adapun berita Berlebih lebihkan untuk pencitraan dari kubu tertentu untuk memberikan kesan baik terhadap seseorang maupun kelompok tertentu. Sebaiknya ada perhatikan berita tersebut dan cari informasi yang akurat sebelum mempercayai apalagi membagikan hal tersebut. Bisa jadi itu adalah berita bohong hanya untuk pencitraan seseorang atau kelompok.
 

2. TIDAK MASUK AKAL

Berita yang tidak masuk akal jadi bahan media untuk mencari viewer atau rating di situs media untuk menaikan hal tersebut. Karena apa? Netizen sering cepat heboh terhadap berita yang tidak masuk akal ini. Seperti apa contohnya? Di tahun kemarin ada yang heboh tentang Nasi Bola yang memantul dan dianggap Nasi Plastik. (Silahkan Baca disini: Ramai Video soal Bola Nasi Memantul yang Disebut Dicampur Plastik)

Apakah itu benar? Tidak menurut saya itu HOAX dan Bohong. Bagaimana Rumah makan mau menjual Nasi dari bahan plastik dimana harga plastik lebih mahal dari beras? sumber dari salah satu komentar Netizen :

Henry Zhou
Beras 9.000-15.000/kg Biji Plastik harga 15.000-24.000/kg tergantung gradenya Emang ada yg mau masak biji plastik di jual harga nasi ??????????????

Dan dari Ahmad menjelaskan nasi yang mereka pakai berasal dari beras Cianjur dan beras Bandung. Ia membeli beras tersebut di kawasan Cipinang, Jakarta Timur.

"Ada agennya khusus dari daerah Cipinang, kita juga udah laporan ke sana. Beras itu bisa dikepel-kepel gitu ya memang khusus berasnya, beras Cianjur punya," ujar Ahmad.
Sumber: News.detik.com

Berita Hoax memang membuat orang rugi, Usaha yang dibangun dengan kerja keras di hancurkan hanya sebuah Tulisan maupun Video. Maka berita yang tidak masuk akal jangan cepat dipercaya. Anda harus menunggu konfirmasi dari ahlinya atau informasi dari orang terpercaya.
 

3. DIPAKSA PAKSAKAN

Yang tiap hari membuka social media apalagi Facebook apakah pernah membaca postingan tentang Ketik "Aamin" atau "Bagikan video ini agar bla bla bla"?. Hal ini jangan cepat dipercaya, karena kemungkinan Fans Page atau Seseorang tersebut hanya cari Like dan Komentar atau share sebanyak banyaknya. Apalagi untuk Fans Page apabila like mereka banyak bisa dijual dengan harga tinggi.

Adapun beritanya tersebut bisa dikatakan tidak benar walaupun mungkin ada yang benar. Dan yang pasti anda sebagai Netizen yang pintar lebih baik tidak usah ikutan.
 

4. THUMBNAIL MENYESATKAN

Berapa banyak Netizen yang hanya sekedar melihat gambar dan membaca Judul serta Deskripsi singkat saja langsung membagikan berita tersebut tanpa membaca keseluruhan dan mempertanyakan apakah berita itu benar atau salah. Pengguna Internet yang baru melek agar terlihat Uptodate biasanya cenderung share tanpa membaca isi berita atau memperhatikan berita tersebut Hoax atau fakta.

Jangan cepat share Link atau Berita Thumbnail yang Vulgar, Tidak mensensor Aib/aurat, dan menyesatkan lainya. silahkan baca artikel berikut: Terbongkar Ini dia Trik ClickBait Yang Membuat Banyak Berita Hoax di Internet.
 

TIPS MENGHINDARI HOAX:

1. CEK URL/LINK BERITA

Apabila anda menemukan sebuah berita dari website maupun blog harap periksa URL atau Link website tersebut. Bisa jadi tampilan difacebook dari media terkenal dan terpercaya tetapi ternyata akun Palsu.

2. CEK KEBENARAN GAMBAR

Sebelum mempercayai dan membagikan postingan berita dengan gambar anda harus cek gambar tersebut. Bisa jadi itu gambar lama di publikasi kembali seolah-olah baru. Maka dari itu anda cek gambarnya di Google.

Bagaimana cara cek gambar berita?

1. Anda dapat Copy Link gambar tersebut kemudian dipaste ke kolom seperti digambar berikut.

img

2. Cara kedua adalah Simpan atau download gambar tersebut dan upload di tab "Upload Gambar".

Kemudian anda cek gambar tersebut dipencarian google tersebut. Apabila ada yang sama silahkan cek dan buka untuk melihat tanggal tersebut.

search

Jadi apabila gambar yang anda cari dan ternyata gambar tersebut sudah ada sejak lama dan isi atau beritanya berbeda dari berita baru menggunakan gambar yang sama. maka bisa dipastikan berita yang baru tersebut Hoax.

Tetapi anda harus membacanya juga, bisa jadi mereka hanya memakai gambar tersebut hanya untuk Ilustrasi. Tetap waspada sebelum memvonis.

3. BERTANYA KEAHLINYA

Ketika anda menemukan suatu berita di social media. Seperti contoh sebelumnya "Bola nasi memantul" maka anda harus bertanya keahlinya. Semisal ke Ibu yang tau dengan masak-masak atau seorang penelitian sebelum membagikan atau mempercayai berita tersebut. Apabila anda mampu mencoba mempratekanya itu lebih baik karena anda langsung tau hal tersebut Hoax atau Fakta.

Kesulitan menemukan orang ahli atau mencoba mempratekan yang ada diberita tersebut. Anda dapat Bergabung di group-group Anti Hoax seperti group salah satu ini: Indonesian Hoaxes Community.
 

HUKUM MEMERIKSA BERITA DALAM ISLAM:

Dalam Islam Allah merintahkan periksa dengan teliti apabila berita datang darimu
Allah berfirman,

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِن جَآءَكُمْ فَاسِقُُ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَافَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

“Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu”. [Al Hujurat : 6].
Sumber: https://almanhaj.or.id/2634-berita-dan-bahayanya.html

Jadi jangan membagikan Suatu berita yang belum jelas kebenaranya apalagi ternyata berita itu adalah Hoax dan anda telah membagikanya. Bisa jadi anda mendapatkan Dosa atas perbuatan tersebut karena tolong menolong dalam menyebarluaskan berita:

Allah Ta’ala berfirman,

وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

“Dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. ” (QS. Al Maidah: 2). Ayat ini menunjukkan bahwa terlarang saling tolong menolong dalam maksiat.

Dalam hadits juga disebutkan,

وَمَنْ سَنَّ فِى الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ

“Barangsiapa yang memberi petunjuk pada kejelekan, maka ia akan mendapatkan dosa dari perbuatan jelek tersebut dan juga dosa dari orang yang mengamalkannya setelah itu tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun juga.” (HR. Muslim no. 1017).
Sumber : https://rumaysho.com/3555-menolong-dalam-maksiat-dihitung-maksiat.html

Nah demikianlah Tips Menghindari dan Mengetahui Ciri Berita Hoax. Semoga semakin banyak Netizen yang pintar dalam menggunakan Internet agar tidak tolong menolong dalam maksiat dikarenakan Membagi sesuatu berita Hoax. Semoga bermanfaat

CREDIT TO:

berita, news, hoax

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top