4 Manfaat si ikan Tuna bagi kesehatan tubuh

Tuna mengandung protein, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral menjadikan Tuna ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

2018-02-101875.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 417 Kata.

Ikan Tuna merupakan salah satu ikan yang terkenal dan tersebar di dunia. Ikan Tuna ini memiliki ciri berwarna merah muda cerah dengan kandungan yang cukup lengkap. Pemanfaatan Ikan Tuna paling pesat berada di Negara Matahari Terbit yaitu Jepang, sedangkan di Indonesia sebagai Negara Maritim masih kurang pemanfaatan Ikan Tuna sendiri dan produk Ikan Tuna masih disajikan untuk kegiatan ekspor saja sedangkan konsumsi internal dari Indonesia masih kurang, hal ini sangat disayangkan karena kandungan ikan Tuna ini sangat istimewa.

Penyajian dari Ikan Tuna ini dimulai dari dikonsumsi mentah, dipanggang, dimasak, dan digoreng serta proses lainnya. Proses – proses tersebut akan bergantung dengan lingkungan tempat pengolahannya , contoh seperti Indonesia, di Indonesia masih jarang budaya mengonsumsi daging mentah namun di Jepang sudah terbiasa dengan mengonsumsi daging Ikan Tuna mentah. Proses pengolahan ini ditujukan untuk meningkatkan daya cerna dari komponen yang terdapat pada Ikan Tuna tersebut.

Komponen utama yang terkandung di Tuna ini adalah protein, karbohidrat, vitamin, lemak dan mineral. Komponen –komponen tersebut menjadikan Tuna ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Diantaranya adalah

1. Sumber Protein

Protein dari Tuna ini sangat tinggi presentase nya dimana protein disini diartikan banyak mengandung asam amino yang digunakan tubuh untuk proses regenerasi sel dan sebagai zat pembangun tubuh sehingga dengan mengonsumsi Tuna ini dapat memenuhi kebutuhan protein sehari  hari.

2. Menurunkan Kolesterol dan Mencegah Obesitas

Lemak pada Tuna ini merupakan asam lemak yakni berbentuk Omega 3, dimana Omega 3 ini memiliki peranan baik yaitu dapat merangsang hormone leptin guna mengatur metabolism penyerapan oleh tubuh sehingga dapat mengatur berat badan yakni menccegah obesitas dan disisi lain dengan tinggi nya presentase omega 3 dan diikuti kadar protein tinggi maka yang dominan terbentuk adalah High Density Lipoprotein (HDL) yang sering disebut lemak baik karena tidak meningkatkan kadar kolesterol tubuh tetapi sebaliknya yaitu menurunkan.

3. Baik untuk Kesehatan Jantung

Tingginya presentasi omega 3 menjadikan Tuna ini baik dikonsumsi untuk kesehatan jantung. Omega 3 mendorong aktivitas peningkatan Heart Rate Variability (HRV) sehinga ukuran fungsi denyut jantung dapat teratur dan mencegah serangan jantung.

4. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tuna juga mengandung vitamin, salah satu vitamin dengan persentase tertinggi adalah Vitamin B dimana vitamin B ini membantu meningkatkan kinerja dalam hal metabolism tubuh diikuti dengan pemeliharaan sel darah merah dan juga meningkatkan energy. Vitamin B memiliki karakteristik larut dalam air dan dapat memperkuat sistem imunitas dengan mengaktifkan makrofag tubuh.

Beberapa manfaat Tuna tersebut dapat diperoleh dengan proses pengolahan dari Tuna yang sesuai dimana kondisi awal Tuna juga harus sesuai dan tidak mengandung mikroorganisme pathogen yang dapat merusak secara fisik maupun kimia.

manfaat, kesehatan, ikan, TUNA

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top