Informasi

Kesehatan

6 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah

Air hangat memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Selain membantu melancarkan aliran darah pada tubuh, berendam menggunakan air hangat terbukti mampu mengurangi kepenatan dan membantu pikiran kembali relaks. Tak heran jika banyak orang yang jatuh terlelap saat sedang asik berendam.

Ternyata, tak hanya untuk kesehatan tubuh, air hangat juga memiliki banyak fungsi untuk wajah. Lalu, apa saja manfaat air hangat untuk wajah? Simak ulasannya berikut ini:

1. Mengangkat Sel Kulit Mati

Fungsi utama air hangat untuk wajah adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan munculnya jerawat dan komedo. Meskipun telah mencuci muka, sel kulit mati belum tentu ikut terangkat bersama basuhan air. Sel kulit mati yang tidak terangkat ini akan mengalami penumpukan pada muka. Penumpukan ini lama-kelamaan akan mengakibatkan penyumpatan pori-pori kulit. Air hangat ternyata bisa dipakai untuk membersihkan sel-sel kulit mati pada muka secara alami.

2. Mengecilkan Pori-Pori Kulit Muka

Memang, pori-pori kulit justru akan membuka jika Anda cuci muka dengan air hangat. Namun, terbukanya pori-pori ini justru akan memudahkan keluarnya debu dan kotoran yang mengendap dan menyebabkan timbulnya jerawat dan komedo. Selain itu, debu dan kotoran inilah yang menyebabkan pori-pori kulit muka menjadi membesar.

Setelah membasuh muka dengan air hangat, pori-pori yang telah bersih dari kotoran akan mengecil dan kembali ke ukurannya semula. Dengan demikian, debu dan kotoran penyebab jerawat tak lagi bisa masuk dan mengendap di kulit muka.

3. Menghilangkan Minyak pada Muka

Salah satu penyebab munculnya jerawat dan komedo pada muka adalah kulit berminyak. Tentunya, adanya minyak berlebih pada muka membuat muka tak sedap dipandang meskipun Anda menggunakan make-up untuk menutupinya. Salah satu cara untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada muka adalah dengan mencuci muka dengan air hangat.

Selain itu, bawalah tisu atau kertas penyerap minyak setiap Anda bepergian karena Anda pasti tidak akan sempat untuk mencuci muka setiap saat. Tisu dan oil paper akan membantu menyerap minyak berlebih pada muka saat Anda beraktivitas.

4. Detoksifikasi

Kulit menjadi salah satu tempat untuk membuang kotoran dan racun, dalam hal ini adalah keringat. Oleh sebab itulah terdapat fasilitas kesehatan berupa sauna, dengan tujuan untuk mengeluarkan racun tubuh melalui keringat. Bagi orang yang sukar berkeringat, fasilitas ini merupakan pilihan terapi kesehatan yang tepat.

Tak terkecuali dengan kulit muka. Penggunaan kosmetik atau make-up akan menyumbat pori-pori kulit, sehingga menyebabkan keringat akan sulit keluar. Hal inilah yang menyebabkan munculnya jerawat. Untuk mencegahnya, selalu gunakan air hangat saat membersihkan muka.

5. Obat Alami untuk Peradangan Kulit Muka

Jerawat dan komedo yang bermunculan pada muka menjadi salah satu pemicu terjadinya peradangan pada kulit muka. Terlebih jika kita menghilangkannya dengan cara yang salah, yaitu memencetnya. Bisa-bisa, kulit malah akan iritasi. Jika Anda mengalami peradangan, Anda bisa meamnfaatkan air hangat dan sedikit garam untuk menguranginya.

Caranya, siapkan air hangat pada mangkuk, dan tambahkan 2 hingga 3 sendok makan garam. Aduk hingga garam terlarut sempurna. Lalu, usapkan larutan tersebut pada kulit muka yang meradang dengan kapas. Lakukan secara rutin setiap harinya agar peradangan cepat berkurang.

6. Memperlambat Proses Penuaan Dini

Seiring dengan usia yang semakin bertambah, kulit muka pun akan mengalami penuaan. Bahkan, pada beberapa kasus dijumpai tanda-tanda penuaan dini pada wanita usia menjelang 30 tahun. Stres dan penggunaan kosmetik menjadi dua hal yang menyebabkan terjadinya penuaan dini pada muka.

Akan tetapi, Anda bisa mencegahnya dengan rutin membersihkan muka menggunakan air hangat, terlebih sebelum Anda pergi bersitirahat malam. Dengan demikian, kotoran dan debu penyebab berbagai masalah pada kulit muka akan bersih sempurna. Sel kulit mati pun akan teregenerasi dengan mudah, dan proses penuaan dini pada kulit juga akan terhambat.

Semua orang, terlebih perempuan, pastinya ingin memiliki muka yang cerah alami, bebas dari segala permasalahan kulit muka seperti jerawat, komedo, dan minyak berlebih, juga selalu tampak awet muda. Yuk biasakan untuk membersihkan wajah dengan air hangat mulai sekarang!



0 93 10/ 1
6 Manfaat Air Hangat Untuk Wajah
1010

Air hangat memang memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Selain membantu melancarkan aliran darah pada tubuh, berendam menggunakan air hangat terbukti mampu mengurangi kepenatan dan membantu pikiran kembali relaks. Tak heran jika banyak orang yang jatuh terlelap saat sedang asik berendam.



Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK