Apa Tanda-tanda gejala Diabetes (Kencing manis)?

Salah satu penyakit yang tidak diinginkan adalah Diabetes atau kebanyakan masyarakat bilang penyakit kencing manis. Dan ini adalah Tanda Gejala Diabetes

2018-02-09835.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 939 Kata.

Diabetes melitus

 

Diabetes melitus atau Penyakit kencing manis ialah ketidaknormalan metabolik yang disebabkan oleh beberapa banyak faktor seperti halnya kurangnya insulin atau ketidakmampuan tubuh agar memanfaatkan insulin (Insulin resistance), dengan simtoma berupa hiperglikemia kronis dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein, sebagai akibat dari:

  • Defisiensi sekresi hormon insulin, aktivitas insulin, atau keduanya.
  • Defisiensi transporter glukosa.
  • Atau keduanya.

Tanda Gejala Diabetes atau Penyakit Kencing Manis

 

1. Sering berkemih

Sering buang air kecil atau kencing jumlah urine yang abnormal (Tidak normal) kerap merupakan gejala diabetes. Karena disebabkan tubuh berusaha membersihkan glukosa yang tidak terpakai di darah melewati urine.

2. Haus berlebihan

Pada umumnya pengidap diabetes akan merasakan haus disertai kondisi lain seperti halnya penurunan berat badan yang tidak diketahui sebabnya, kelelahan parah, serta kebutuhan terus menerus untuk melakukan buang air kecil. Secara spesifik, haus juga dapat menjadi gejala diabetes gestasional, yaitu kadar gula darah tinggi yang dialami ibu hamil.

3. Lapar sekali

Yang ketiga adalah perasaan ingin selalu makan. Apabila anda sudah memiliki 3 Gejala, Sering kencing, haus, dan lapar itu adalah tanda awal diabetes yang harus terus diwaspadai dan segera memeriksanya. Semakin dini kita mengetahui penyakit itu, akan lebih mudah dan murah penanganannya.

4. Kehilangan berat badan

Ketika menemui berat badan menurun secara drastis maka hal tersebut merupakan salah satu tanda terjadinya penyakit diabetes tipe 1. Penyakit diabetes tipe 1 ini biasanya menyerang para remaja dan penyebabnya adalah karena hancurnya sel penghasil insulin di pankreas.

5. Nafas berbau buah

Napas Anda akan memberikan petunjuk untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sama seperti bau buah bisa menjadi tanda diabetes, bau amonia berhubungan dengan penyakit ginjal.

Bau mulut diabetes melitus bisa menjadi sebuah tanda yang buruk. Jika Anda memiliki diabetes, penting untuk menyadari tentang napas karena itu memberitahu kondisi tubuh Anda sendiri.

6. Kelelahan

Ada dua alasan umum untuk kelesuan atau kelelahan yang dialami saat gula darah terlalu tinggi atau terlalu rendah pada kadar gula darah.

Pada kedua kasus tersebut, kelelahan ialah hasil dari ketidakseimbangan di antara tingkat glukosa darah seseorang dan jumlah atau efektivitas insulin yang beredar. Jika merasa lelah pada siang hari, walaupun telah tidur dengan baik, bisa jadi itu akibat dari kadar gula yang tinggi atau rendah. Sebaiknya anda membuktikannya dengan menguji kadar glukosa darah untuk melihat dari kelelahantersebut memang hasil dari kadar gula yang tinggi atau rendah.

7. Kehilangan perhatian dan konsentrasi

Apabila kurangnya konsentrasi atau fokos dalam pekerjaan atau aktivitas. Karena pada poin sebelumnya yaitu kelelahan bisa jadi membuat seseorang juga dapat berkurangnya kosentrasi.

8. Muntah dan nyeri lambung, seringkali diduga flu

Mual pada penderita diabetes bisa dikarenakan gastroparesis, yang merupakan komplikasi diabetes dimana pencernaan makan akan lebih lambat dan menyebabkan mual, kadar gula darah yang tinggi atau terlalu rendah, radang pada pankreas atau efek samping obat.

9. Sensasi kesemutan atau mati rasa di tangan atau kaki

Apakah ketika bangun pagi dengan kesemutan tangan? atau kaki anda tergelitik setiap kali duduk?. Maka hal tersebut patut diwaspadai karena bisa jadi anda mengalami penyakit kencing manis atau diabetes. Karena kesemutan atau mati rasa di tangan dan kaki dapat menjadi tanda peringatan diabetes.

10. Kaburnya penglihatan

Penyakit diabetes (kencing manis) dapat menyebabkan berbagai gangguan mata yang serius, diantaranya glaukoma, retinopati, katarak, dan mata rabun yang parah. Gangguan pada penglihatan akibat diabetes biasanya membuat lensa mata keruh, kekentalan cairan bola mata sehingga berubah-ubah dimana penderita mendapat perubahan ukuran yang lumayan drastis dalam tempo atau waktu yang cukup cepat. Contoh pada hari ini diketahui ukuran refraksinya -2  dan mengalami diabetes sampai tingkat 200 kemudian dalam tempo 3 hari sewaktu tingkat gula darahnya turun sampai level 150 biasanya pada ukuran refraksi akan drastis berubah secara tidak menentu atau tidak stabil, misalkan menjadi +1 atau -0,5.

11. Sering terinfeksi

Infeksi oleh penderita diabetes mempunyai pola yang tertentu (khas), karena hampir ditemukan hanya pada penderita diabetes. Biasanya, infeksi lebih gampang terjadi pada kulit, rongga hidung dan telinga pada daerah kepala tetapi mungkin terjadi juga pada saluran kencing dan ginjal.

12. Penyembuhan luka yang lambat

Kerusakan dibagian pembuluh darah yang mengakibatkan keadaan hipoksia (tidak cukupnya kadar oksigen agar memenuhi kebutuhan sel), buruknya kemampuan untuk melakukan pembentukan yang baru pada pembuluh darah kecil, menurunya imunitas tubuh penderita diabetes dan kerusakan saraf yang membuat penurunan sensitivitas pada rangsangan sentuhan ialah hal-hal yang menyebabkan luka pada si penderita diabetes lama sembuh.

13. Mengompol waktu tidur, pada anak-anak maupun dewasa

Diabetes insipidus ialah suatu kondisi yang mengakibatkan seorang sering buang air kecil dan merasakan rasa haus yang berlebihan (poin 2). Karena hal ini terjadi pada penderita diabetes mengalami kerusakan saraf pada bagian kandung kemihnya jadi daya kontrol terhadap keluarnya urin jadi melemah. Diabetes insipidus dapat membuat tidur terganggu lantaran terlalu sering buang air kecil, dan tidak dipungkiri kasus ini juga bisa membuat seseorang mengompol saat tidur.

Apabila anda memiliki Gejala atau tanda-tanda Diabetes diatas sebaiknya anda memeriksa kesehatan. Kalau pun anda takut, sebaiknya anda melakukan aktivitas seperti olahraga dan makanan yang sehat agar terjauh dari penyakit diabetes. Semoga artikel ini bermanfaat

Referensi

 
  1. Wikipedia - Diabetes melitus
  2. Alodokter - Penyebab Sering Buang Air Kecil
  3. Alodokter - Sering Haus Bisa Jadi Gejala Penyakit Serius
  4. Indonesiajobvacancy2009's Blog - Waspadai Tiga Gejala Awal Diabetes Mellitus Sering Lapar, Haus, dan Berkemih
  5. Halosehat - 10 Penyebab Berat Badan Turun Drastis
  6. Diabetics1 - Komplikasi Diabetes Bau Mulut, Anda Menderita Halitosis
  7. dr. Muhammad Anwar Irzan. klikdokter - Kelelahan dan Diabetes
  8. Tanya Dokter - Alodokter - Solusi atasi sakit perut, mual, dan muntah pada penderita diabetes
  9. Cerdikdiabetes - Kesemutan Atau Mati Rasa di Tangan dan Kaki – Sebuah Peringatan Tanda Diabetes?
  10. Terapimata - Mengobati Penyakit Mata Akibat Diabetes
  11. Hidup Sehat - Penderita Diabetes Berisiko Tinggi Terkena 4 Jenis Infeksi Ini
  12. Alodokter - Anda Sedang Mengalami Luka Lama Sembuh? Mungkin ini Penyebabnya
  13. HidupSehat - 6 Penyebab Orang Dewasa Ngompol Saat Tidur

 

kencing manis, tanda, gejala, Penyakit, diabetes

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top