Bayam bermanfaat bagi Ibu Hamil

2018-04-161885.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 612 Kata.

Ibu hamil memang membutuhkan nutrisi dan asupan gizi yang lebih banyak dibandingkan mereka yang tidak dalam kondisi hamil. Hal ini merupakan efek dari pemberian nutrisi kepada janin yang sedang tumbuh dalam rahim sang ibu. Sayur dan buah adalah sumber utama vitamin dan mineral bagi tubuh sang ibu dan perkembangan janin. Oleh sebab itu, bagi ibu hamil sangat dianjurkan mengonsumsi sumber serat tersebut sebagai bekal selama masa mengandung.

Jenis sayuran yang kaya akan manfaat bagi ibu hamil serta si janin adalah jenis sayur yang berwarna hijau. Namun demikian, tidak setiap sayuran hijau baik lho untuk dikonsumsi setiap hari selama kehamilan. Beberapa diantaranya justru mengganggu sistem pencernaan ibu hamil. Bayam termasuk satu diantara jenis sayur yang dianjurkan oleh pakar kesehatan untuk kehamilan yang sehat bagi ibu dan janin. Oleh karenanya, sayur bayam menjadi menu yang sehat dan sering dikonsumi mayoritas mereka yang sedang dalam masa kehamilan. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang terkandung sayuran bayam yang sangat berperan besar bagi kesehatan saat masa kehamilan. Yuk disimak!

1. Sebagai Sumber Zat Besi

Seringnya ibu hamil merasakan letih, lesu atau kurang bertenaga adalah tanda bahwa tubuhnya sedang kekurangan zat besi. Nah, bayam merupakan sumber zat besi tertinggi yang dimiliki dibandingkan dengan jenis sayuran yang lainnya. Sangat disarankan mengonsumsi bayam dalam jumlah yang banyak pada masa trimester kedua dan ketiga. Masa tersebut adalah saat kondisi tenaga sang ibu mulai terkuras lebih banyak.

2. Pembentukan Energi

Pada masa kehamilan sang ibu membutuhkan energi yang lebih banyak dari biasanya. Bayam juga bermanfaat untuk menambah energi dengan cepat karena kandungan mineralnya yang tinggi. Selain mineral yang dikandungnya, bayam ternyata juga kaya akan karbohidrat serta lemak dan protein. Wow! Semakin lengkap kan kandungan energinya?

3. Kepadatan Tulang

Bagi seorang wanita yang tengah hamil biasanya pada saat tersebut akan menurunkan kepadatan tulang yang berakibat fatal bagi perkembangan kondisi janin. Kalsium yang hilang memang digunakan untuk pembentukan tulang bagi janin sang ibu. Disaat inilah mengonsumsi bayam dengan takaran yang cukup akan menambah kepadatan tulang serta membantu pembentukan tulang bagi janin dalam kandungan.

4. Meningkatkan Imunitas

Sistem imun atau kekebalan tubuh si janin sangat bergantung pada asupan makanan ibu hamil saat masa kehamilan. Mengonsumsi bayam dapat meningkatkan sistem imun si janin saat nanti lahir sekaligus menjaga kondisi tubuh sang ibu dengan menyeimbangkan imunitas keduanya agar terhindar dari infeksi atau virus tertentu.

5. Melancarkan Pencernaan

Bayam yang kaya akan serat penting untuk dikonsumsi sebagai upaya untuk menyehatkan sistem pencernaan. Namun, konumsi yang baik adalah dengan takaran yang tepat karena kandungan serat yang tinggi dapat mengakibatkan diare atau sembelit jika dikonsumsi terlalu banyak.

6. Mencegah Bayi Prematur

Sebisa mungkin kelahiran prematur pada bayi memang dihindari bagi sebagian besar ibu hamil. Salah satu faktor kelahiran prematur ini adalah karean asupan asam folat yang minim pada ibu hamil. Oleh sebab itu, bayam dianjurkan untuk dikonsumsi selama kehamilan karena bisa memenuhi nutrisi serta kadar asam  folat yang dibutuhkan bagi otak janin.

7. Meredakan Nyeri

Bagi ibu hamil tentunya sering merasakan nyeri di segala sisi? Hal ini disebabkan karena adanya tumpuan berat yang semakin menambah beban disaat kondisi tubuh sdang melemah. Selain itu, terjadinya fluktuasi hormon juga menjadi kendala pada kondisi tersebut. Masalah ini bisa diatasi dengan mengonsumsi bayam setiap hari serta diimbangi dengan olah raga ringan untuk tetap mengaktifkan jaringan persendian.

Satu hal yang harus diperhatikan saat menginsumsi bayam adalah proses pemasakkan yang tepat. Hindari konsumsi bayam dengan pemanasan yang berulang atau sayur yang sudah dimasak lebih dari 4 jam. Untuk lebih mudahnya, anda bisa memasaknya sebagian saja untuk menu pagi dan siang hari, sedangkan menu makan malam bisa diganti dengan asupan buah dan sayur yang kebih ringan seperti wortel atau brokoli.

Demikian artikel informatif tentang bayam dan manfaatnya bagi ibu hamil untuk anda coba. Semoga bisa bermanfaat ya!

bayam, sayuran

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top