Beberapa Penyakit yang Sering Terjadi dan Cara Penyembuhannya

Ingin tahu beberapa penyakit yang sering terjadi pada kehidupan masyarakat modern dan bagaimana cara penyembuhannya?

2017-11-161225.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca Kata.

Seiring dengan semakin berkembangnya kehidupan modern maka jenis penyakit yang muncul di masyarakat juga semakin bervariasi. Beberapa jenis penyakit tersebut banyak diakibatkan oleh pola hidup modern yang tidak sehat. Ingin tahu beberapa penyakit yang sering terjadi pada kehidupan masyarakat modern dan bagaimana cara penyembuhannya? Berikut ulasannya.
 

Penyakit Darah Tinggi (Hipertensi)

Penyakit darah tinggi merupakan penyakit yang sangat sering terjadi. Penyakit ini bisa disebabkan oleh pola makan yang cenderung asin dan tinggi lemak, kurang olahraga, atau kekakuan dinding pembuluh darah akibat penuaan. Makanan yang tinggi lemak dan kurangnya olahraga menyebabkan terjadinya penumpukan kolesterol atau lemak jahat di dalam tubuh, salah satunya menjadi plak kolesterol di dinding pembuluh darah. Plak kolesterol yang berada di sepanjang dinding pembuluh darah inilah yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi. Kondisi ini dapat diperparah dengan konsumsi makanan yang cenderung asin karena makanan asin mengandung natrium dalam jumlah banyak dan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh yang memperberat kerja jantung. Selain dari faktor gaya hidup modern yang kurang sehat dan kurangnya olahraga, penyakit ini juga bisa dipicu oleh faktor usia. Saat memasuki usia lanjut terjadi proses penuaan yang menyebabkan terjadinya kekakuan dinding pembuluh darah yang menyebabkan terjadinya penyakit darah tinggi. Penyakit ini terlihat sepele tetapi apabila tidak terkontrol dengan baik dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan seperti stroke yang dapat menimbulkan kelumpuhan, gangguan bicara, gangguan proses pikir, dan gangguan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Penyakit darah tinggi dapat disembuhkan dengan cara menerapkan pola makan yang sehat dan tidak asin, memperbanyak olahraga, dan mengonsumsi obat anti hipertensi.
 

Penyakit Kencing Manis (Diabetes Melitus)

Penyakit kencing manis merupakan penyakit lain yang bisa disebabkan oleh gaya hidup modern yang kurang sehat. Penyakit ini sebenarnya dibagi menjadi 2 golongan yaitu diabetes melitus tipe 1 yang disebabkan karena keturunan dan diabetes tipe 2 yang disebabkan karena pola makan dan gaya hidup yang kurang tepat. Disini kita akan membahas lebih khusus tentang diabetes melitus tipe 2 yang banyak terjadi pada masyarakat modern saat ini. Penyakit diabetes melitus ini menimbulkan 3 gejala utama bagi penderitanya yaitu poli dipsi (banyak minum), poli uri (sering buang air kecil), dan poli fagi (banyak makan). Ketiga gejala utama tersebut terjadi karena hormon Insulin di dalam tubuh tidak mencukupi untuk membantu makanan masuk ke dalam sel tubuh. Penyakit ini dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi yang membahayakan seperti kebutaan, gagal ginjal, gagal jantung, impotensi, hipertensi, bahkan koma.

Penyakit kencing manis sebenarnya tidak bisa disembuhkan secara total, tetapi bisa dikontrol agar tidak mudah kambuh dan menimbulkan komplikasi. Cara mengontrol kadar gula pada penderita kencing manis yaitu dengan menerapkan pola makan 3J (tepat jadwal, tepat jumlah, dan tepat jenis) serta rajin melakukan olahraga minimal 30 menit sehari untuk meningkatkan jumlah produksi hormon Insulin.
 

Penyakit Gagal Ginjal

Penyakit gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada masyarakat modern akibat mengonsumsi bahan makanan yang banyak mengandung zat pengawet dan pewarna yang berbahaya. Minuman kemasan, minuman peningkat energi, dan mi instan merupakan beberapa makanan yang menjadi pemicu terjadinya penyakit ini. Penyakit gagal ginjal dapat menyebabkan terjadinya pusing hingga penurunan kesadaran, nyeri, dan kulit bersisik berwarna hitam akibat penumpukan zat ureum di bawah kulit.

Penyakit gagal ginjal ini bisa disembuhkan dengan melakukan proses transplantasi ginjal. Cara mencegah agar tidak menderita penyakit gagal ginjal yaitu membiasakan pola makan yang sehat dan menghindari makanan yang mengandung bahan pengawet, bahan pewarna yang tidak sehat, serta bahan peningkat stamina. Selain itu biasakan minum air putih sekitar 2.500 ml per hari untuk menjaga kesehatan ginjal, tetapi hal ini tidak berlaku jika seseorang telah mengalami gagal ginjal karena penderita gagal ginjal harus dibatasi asupan cairannya.

Demikian beberapa penyakit yang sering terjadi disertai cara penyembuhan dan pencegahannya. Semoga bermanfaat dan mari biasakan pola hidup sehat.

Penyakit, sakit, Penyembuhan

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top