Cara Melatih Anak Agar Bisa Menjaga Kesehatan

Mengingat pentingnya kesehatan di dalam hidup maka kita perlu mengajarkan pada anak-anak tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melatih mereka agar bisa menjaga kesehatan. Bagaimana cara melatih anak agar bisa menjaga kesehatan dengan baik?

2017-12-102185.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 629 Kata.

“Kesehatan bukanlah segalanya tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti apa-apa”, pepatah tersebut benar adanya  karena tanpa kesehatan kita tidak akan bisa beraktivitas dengan bebas dan hidup dengan nyaman. Mengingat pentingnya kesehatan di dalam hidup maka kita perlu mengajarkan pada anak-anak  tentang pentingnya menjaga kesehatan dan melatih mereka agar bisa menjaga kesehatan. Bagaimana cara melatih anak agar bisa menjaga kesehatan dengan baik? Berikut ulasannya.

Membiasakan Cuci Tangan Sebelum Makan

Cuci tangan sebelum makan merupakan salah satu kebiasaan baik dalam menjaga kesehatan yang harus ditanamkan sejak kecil. Mencuci tangan sebelum makan dapat mengurangi risiko anak terkena diare akibat kuman yang didapat sewaktu mereka bermain atau memegang benda-benda yang kotor dan terkontaminasi bakteri. Diare merupakan salah satu masalah kesehatan anak yang sangat sering terjadi, bahkan dapat berakibat fatal apabila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, oleh karena itu mari membiasakan anak mencuci tangan sebelum makan agar mereka terhindar dari bahaya penyakit diare.

Membiasakan Gosok Gigi sebelum Tidur

Anak-anak biasanya sangat menyukai permen, cokelat, dan gula-gula. Tingginya konsumsi makanan manis ini tentu berisiko meningkatkan kemungkinan anak terkena karies gigi atau gigis. Gigi anak yang mengalami karies dapat menyebabkan sakit gigi dan gigi berlubang, selain itu juga tidak sedap dipandang. Agar gigi anak tidak mudah terkena karies maka sebaiknya kita membiasakan mengajak anak menggosok gigi sebelum tidur karena saat tidur merupakan saat bakteri di dalam mulut “bekerja” jika ada makanan yang tersisa di dalam mulut atau sela-sela gigi.

Membiasakan Makan Makanan yang Sehat

Mengonsumsi makanan yang sehat seperti buah dan sayur harus diajarkan sejak kecil, jika tidak maka anak akan tumbuh menjadi  individu yang tidak menyukai buah dan sayur padahal kedua jenis makanan ini merupakan makanan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Selain membiasakan mengonsumsi buah dan sayur, biasakan anak makan dalam porsi yang seimbang antara karbohidrat, protein, sayur, dan buah. Porsi makan yang seimbang dapat membantu anak tumbuh dan berkembang secara optimal serta terhidar dari kegemukan. Menjaga kesehatan anak tidak cukup dengan mengajarkan anak mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang tetapi juga mengajarkan anak untuk menghindari makanan yang dapat membahayakan kesehatan. Makanan dan minuman yang mengandung penyedap rasa, pengawet dan pewarna makanan yang berbahaya bagi kesehatan sebaiknya diberitahukan kepada anak untuk dihindari. Jelaskan bahayanya mengonsumsi makanan berbahaya tersebut agar anak memahami mengapa harus menghindari makanan tersebut.

Membiasakan Anak Tidur sesuai Porsinya

Tidur merupakan fase istirahat bagi tubuh sekaligus merupakan waktu dimana tubuh mengalami proses regenerasi atau perbaikan sel. Anak memerlukan tidur yang cukup agar pertumbuhan dan perkembangannya dapat berlangsung secara optimal. Anak membutuhkan waktu tidur yang berbeda-beda tergantung tingkat usianya. Semakin besar usia anak maka kebutuhan tidurnya akan semakin berkurang. Menurut National Sleep Foundatio (NSF) kebutuhan anak sesuai usianya adalah sebagai berikut:

  1. Usia anak 0 hingga 3 bulan membutuhkan waktu tidur 14 hingga 17 jam setiap hariny
  2. Usia anak 4 hingga 11 bulan membutuhkan waktu tidur 12 hingga 15 jam setiap harinya.
  3. Usia anak 1 hingga 2 tahun membutuhkan waktu tidur 11 hingga 14 jam setiap harinya
  4. Usia anak usia 3 hingga 5 tahun membutuhkan waktu tidur 10 hingga 13 jam setiap harinya.
  5. Usia anak 6 hingga 9 tahun membutuhkan waktu tidur 9 hingga 11 jam setiap harinya.

Sering Mengajak Anak Berolahraga

Anak juga harus dilatih untuk berolahraga sejak kecil agar mereka terbiasa menjadikan olahraga sebagai gaya hidup sehat mereka. Olahraga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan karena olahraga dapat meningkatkan kelancaran peredaran darah ke seluruh organ tubuh sehingga seluruh organ dapat berfungsi secara normal dan optimal. Kita bisa mengajak anak melakukan olahraga yang menyenangkan seperti badminton, berenang, atau lari pagi di taman.

Menjelaskan Pentingnya Menjaga Kesehatan

Anak perlu mendapatkan penjelasan mengapa mereka harus menjaga kesehatan. Jelaskan pada anak bahwa menjaga kesehatan merupakan hal yang penting. Jika mereka memahami pentingnya menjaga kesehatan maka anak akan melaksanakan kegiatan-kegiatan yang menunjang kesehatan tanpa perasaan terpaksa.

Demikian cara melatih anak agar bisa menjaga kesehatan dengan baik. Semoga bermanfaat.

kesehatan, kid, Anak, health

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top