Informasi

Kesehatan

Cara Mengempeskan Jerawat dengan Baik dan Cepat

Jerawat adalah salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Meskipun tidak berbahaya, jerawat sering kali mengganggu penampilan, terlebih jika keberadaannya memenuhi seluruh wajah. Saat jerawat muncul di wajah, biasanya tangan akan terasa gatal untuk memencetnya, padahal hal tersebut bukan solusi tepat untuk menghilangkannya. Sebaliknya, kondisi jerawat malah akan semakin meradang dan menyebar ke area lain.

Banyak cara yang dilakukan untuk mengusir jerawat, mulai dari facial di dokter kecantikan, memakai produk antijerawat, hingga terapi laser. Namun, biaya yang mahal sering kali mengurungkan niat untuk melakukan hal-hal tersebut. Lantas bagaimana? Tidak perlu khawatir karena cara ngempesin jerawat sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah yaitu menggunakan bahan alami.  Berikut ini ulasannya.

1. Es Batu

Salah satu cara mengempeskan jerawat dengan cepat adalah menggunakan es batu. Es batu memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mengatasi peradangan jerawat. Selain itu, efek dingin dari es batu akan membunuh bakteri pemicu jerawat.

Caranya adalah membungkus es batu dengan sepotong kain bersih. Lalu, letakkan pada jerawat selama beberapa detik. Tunggu beberapa menit dan ulangi langkah tersebut sebanyak 10 kali. Psst! Jangan lupa lakukan cara ini secara rutin hingga jerawat Anda mengempis.

2. Lemon

Buah lemon tinggi akan kandungan Vitamin C yang dapat membantu menghilangkan jerawat. Caranya cukup dengan mencampurkan satu sendok kayu manis bubuk dengan sesendok air perasan lemon dan aduk hingga berbentuk pasta. Oleskan pada area yang terdapat jerawat sebelum tidur dan bilas keesokan harinya dengan air hangat.

3. Madu

Madu mengandung zat antibiotik tinggi yang dapat mencegah infeksi pada kulit berjerawat. Oleskan madu menggunakan kapas pada kulit jerawat dan diamkan selama 30 menit. Terakhir, bilas wajah dengan air bersih. Namun, bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif, sebaiknya pilihlah madu murni tanpa campuran.

4. Bawang Putih

Ternyata, bumbu dapur yang satu ini dapat menjadi alternatif mengempeskan jerawat secara alami. Kandungan sulfur di dalamnya dipercaya efektif untuk mengatasi permasalahan jerawat yang Anda alami.

Cara menggunakan bawang putih pun cukup sederhana, yaitu dengan memotongnya menjadi dua bagian. Setelah itu, oleskan pada area kulit yang berjerawat dan diamkan selama 5 hingga 10 menit. Terakhir, bilas dengan air sampai bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dianggap efektif untuk mengatasi peradangan yang diakibatkan oleh jerawat. Selain itu, kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya mampu membantu mengurangi kadar minyak pemicu jerawat di wajah. Anda hanya perlu menghaluskan daging lidah buaya sampai menjadi gel. Setelah itu, aplikasikan pada wajah sebagai masker dan diamkan selama kurang lebih 40 menit. Lakukan cara ini minimal dua kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki sifat antibakteri yang dapat mengempiskan jerawat membengkak. Pertama-tama, bersihkan wajah terlebih dahulu, lalu oleskan pasta gigi pada area berjerawat. Diamkan selama satu malam dan bilas dengan air hangat keesokan harinya.

7. Minyak Pohon Teh

Mengaplikasikan minyak pohon teh (tea tree oil) pada area wajah berjerawat adalah salah satu cara cepat mengempiskan jerawat yang cukup populer. Kemampuannya dalam membunuh bakteri yang bersarang dalam pori-pori kulit wajah memang tidak perlu diragukan lagi. Selain menghilangkan dan mengempiskan jerawat, minyak ini bersifat antiradang yang dapat mencegah peradangan akibat jerawat.

8. Air Garam

Garam adalah salah satu bumbu penyedap yang biasa dipakai oleh para ibu saat memasak di dapur. Namun, tahukah Anda kalau garam memiliki khasiat yang juga dapat mengempiskan jerawat dalam waktu singkat?

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mencampurkan satu sendok garam ke dalam air hangat. Kemudian, aplikasikan campuran tersebut pada wajah dengan cotton bud dan diamkan semalaman. Keesokan harinya, bilas wajah dengan air bersih.

Nah, itu dia beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mengempiskan jerawat dengan cepat. Jadi, mulai sekarang, jangan sesekali memencet jerawat karena akan memicu peradangan yang malah memperparah kondisinya. Bahan-bahan alami di atas juga bisa menjadi cara cepat mengempiskan jerawat batu dan jerawat lainnya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!



0 123 10/ 1
Cara Mengempeskan Jerawat dengan Baik dan Cepat
1010

Jerawat adalah salah satu permasalahan yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Meskipun tidak berbahaya, jerawat sering kali mengganggu penampilan, terlebih jika keberadaannya memenuhi seluruh wajah.



Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK