Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat Secara Alami

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, mulai dari facial, memakai produk penghilang jerawat, atau bahkan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan tidak perlu menguras

2017-12-072235.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 640 Kata.

Memiliki wajah yang bersih dan terbebas dari jerawat adalah dambaan semua orang. Namun, sebagian besar orang kerap diganggu dengan masalah jerawat. Pada dasarnya, jerawat adalah benjolan yang muncul karena terjadinya penyumbatan pori disertai dengan darah atau nanah. Ada berbagai faktor pemicu jerawat, seperti pola makan yang tidak sehat, kulit berminyak, ketidakseimbangan hormone, dan lain sebagainya.

Memiliki jerawat saja sudah memusingkan, ditambah lagi dengan bekasnya yang sulit dihilangkan. Hal ini yang kerap kali membuat seseorang merasa tidak percaya diri karena memiliki jerawat dan bekasnya yang mengganggu penampilan wajah.

Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya Secara Alami

Ada banyak cara yang dilakukan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, mulai dari facial, memakai produk penghilang jerawat, atau bahkan melakukan perawatan di klinik kecantikan. Namun, sebenarnya ada cara yang lebih mudah dan tidak perlu menguras kantong untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya, yaitu menggunakan bahan-bahan alami. Tentu saja, cara ini sangat direkomendasikan karena mudah dilakukan sendiri di rumah. Penasaran? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

1. Minyak Zaitun

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan bekas jerawat membandel adalah minyak zaitun. Sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang dimilikinya dipercaya efektif untuk menyembuhkan jerawat dan bekas luka yang ditinggalkan. Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membuang racun serta mencegah berbagai macam infeksi.
 

2. Masker Madu dan Alpukat

Buah alpukat kaya akan Vitamin E yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Sementara itu, madu dikenal memiliki sifat antibakteri yang ampuh dalam mengatasi peradangan kulit akibat jerawat. Jika kedua bahan tersebut dicampurkan, khasiatnya untuk kulit pun tidak perlu diragukan lagi.

Cara menyembuhkan jerawat secara alami dengan buah alpukat cukup sederhana, yaitu:

  • Siapkan buah alpukat dan haluskan sampai berbentuk bubur.
  • Campurkan dengan 1 sdm madu dan air perasan lemon, lalu aduk sampai merata.
  • Aplikasikan campuran tersebut sebagai masker pada wajah secara merata dan diamkan selama kurang lebih 20 hingga 30 menit.
  • Langkah terakhir, bilas wajah dengan air hangat.
     

3. Mentimun dan Cengkih

Cara ngilangin jerawat secara alami selanjutnya adalah menggunakan campuran mentimun dan cengkih.  Mentimun terkenal dengan kandungannya yang ampuh untuk mengatasi jerawat. Sementara itu, cengkih dapat membantu mengempiskan jerawat serta menghilangkan noda bekasnya.

Berikut ini cara menghilangkan jerawat dengan campuran mentimun dan cengkih.

  • Haluskan 1 buah mentimun dengan cara diblender sampai halus.
  • Rebus cengkih beberapa menit, lalu tumbuk sampai halus.
  • Campurkan mentimun dan cengkih dalam wadah yang sama.
  • Oleskan pada area kulit yang berjerawat dan terdapat bekasnya secara merata.
  • Diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih.
     

4. Kentang

Selain enak dimakan, ternyata kentang juga memiliki khasiat untuk membersihkan jerawat secara alami. Zat antibakteri tinggi di dalamnya dipercaya efektif untuk membunuh kuman yang memicu timbulnya jerawat.

Caranya:

  • Kupas kentang yang sudah direbus dan potong dengan ukuran tipis.
  • Tempelkan potongan kentang ke bagian jerawat maupun bekasnya.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit dan bilas dengan air hangat.
  • Lakukan cara ini secara rutin dan lihat hasilnya dalam kurun waktu dua hingga tiga minggu.
     

5. Parutan Jagung

Bahan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi jerawat dan noda bekas membandel adalah parutan jagung. Selain bermanfaat bagi kesehatan mata karena kandungan Vitamin A yang dimilikinya, jagung juga berfungsi untuk mencegah serta menghilangkan jerawat dan bekas yang ditimbulkannya.

Caranya pun cukup sederhana, yaitu dengan membersihkan wajah Anda terlebih dahulu. Kemudian, aplikasikan parutan jagung pada wajah dan diamkan selama beberapa menit. Terakhir, bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini minimal dua hingga tiga kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
 

6. Masker Daun Pepaya

Masker daun pepaya juga bisa Anda manfaatkan untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Caranya dengan menumbuk daun pepaya kering dengan tambahan sedikit air sampai halus. Selanjutnya, peras bahan masker ini untuk menghasilkan sari daun papaya. Namun, masker yang digunakan bukan berasal dari air sari, melainkan endapan air sarinya.

Itu dia cara menghilangkan jerawat dan bekasnya. Mudah sekali bukan? Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu lagi repot-repot untuk melakukan perawatan di dokter kecantikan dengan bujet mahal. Cara mengatasi jerawat dengan bahan alami ini sangat direkomendasikan karena mudah dilakukan, murah, dan tentu saja minim efek samping. Jadi bagaimana? Tertarik mencobanya?

alami, acne, jerawat

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top