Informasi

Kesehatan

oke google cara menghilangkan jerawat

Jerawat adalah penyakit kulit di mana menyumbatnya pori-pori kulit sehingga menimbulkan sebuah kantung nanah yang meradang dan penyakit ini cukup besar jumlah penderitanya. Jerawat seringkali muncul diberbagai masyarakat. Jerawat sesungguhnya bisa tumbuh di bagian mana saja di tubuh. Jerawat bisa diawali dengan timbulnya bentol ringan berupa komedo atau bentol yang lebih parah dan berisi nanah. Jerawat sesuatu keadaan yang mungkin terjadi kepada seseorang dengan usia di bawah 28 tahun terutama saat masa pubertas.

Apabila anda dimasa pubertas bisa disebabkan terjadi produksi kelenjar minyak yang berlebihan sampai sel kulit mati dan kotoran sangat mudah berkumpul di pori-pori dan mengalami infeksi dan timbulnya jerawat. Biasanya jerawat ini akan sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan khusus namun kadang kala tindakan yang kita lakukan sebaliknya memperburuk keadaan jerawat dan mengakibatkan sembuh lebih lama seperti halnya memencet jerawat, menggunakan obat jerawat secara sembarangan tanpa diketahui komposisi dan belum ada penelitian yang jelas tentang obat tersebut serta usaha-usaha lainnya yang bisa memperburuk keadaan jerawat. Kesabaran, ketekunan dalam membersihkan wajah serta mengelola tingkat stres akan membantu mengobati jerawat Anda secara alami.

Tetapi, jika jerawat masih berlanjut dan mengalami infeksi sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit. Sehingga dokter dapat memeriksa keadaan kulit Anda terlebih dahulu, menentukan jenis kulit Anda serta memberikan pengobatan terhadap jerawat Anda sesuai dengan jenis kulit dan dosis yang tepat untuk Anda. Anda juga sebaiknya melakukan tips-tips di bawah ini:

  • Makan teratur bersama dengan mengkonsumsi makanan tinggi gizi dan nutrisi;
  • Mencuci wajah maksimal 2 kali dalam 1 hari dengan lembut dan menggunakan sabun yang mengandung bahan kimia yang minim;
  • Jangan menggunakan make up di wajah dengan berlebihan;
  • Hindari memencet/menekan jerawat atupun komedo di wajah;
  • Kelola stress;
  • Istirahat minimal 8 jam dalam 1 hari

Sebenarnya apabila anda seorang beragama Islam tentu anda akan mencuci wajah anda 5 kali sehari mungkin lebih. Sungguh berwudhu ini adalah sebuah anugerah yang diberikan Allah ‘Azza wa Jalla kepada kita. Secara tidak sadar anda menunaikan sholat 5 waktu dengan berwudhu 5x sehari telah membersihkan pada waktu

  • Subuh, dimana Ketika bangun Keringat atau kelenjar minyak muncul dan anda mencucinya dengan wudhu atau mandi terlebih dahulu
  • Dzuhur, Ketika Matahari berada diatas, berkeringat serta debu mulai menempel dimuka anda mencucinya dengan air wudhu
  • Ashar, Biasanya waktu dijam sore hari jalanan berdebu apalagi tinggal di indonesia pulang kerja jalanan macet dan penuh asap knalpot anda mencucinya dengan wudhu.
  • Maghrib, Waktu senja ketika habis pulang kerja dan mendekati waktu malam
  • Isya, Sebelum tidur anda berwudhu terlebih dahulu mencuci muka dan melakukan sholat kemudian tidur dalam keadaan wajah bersih.

Selain wajah, anda tidak sadar bagian tubuh anda terawat seperti kulit tangan, kaki, kepala, telingga dan bagian yang terkena air wudhu. Ini dari Manfaat diri kita sendiri di dunia, belum termasuk mafaat untuk diAkhirat.
 

PENGOBATAN JERAWAT

Kembali ke topik permasalahan jerawat, Pengobatan pada jerawat kemungkinan membutuhkan waktu berbulan-bulan, tergantung seberapa parah jerawat yang anda alami. Anda bisa mengobati sendiri jerawat ringan yang berupa bintik-bintik, komedo putih, dan komedo hitam dengan menggunakan krim atau gel yang mengandung benzoil peroksida. Krim atau gel tersebut dapat Anda beli tanpa resep dokter. Berikut ini adalah beberapa saran dikutip dari salah satu artikel Alodokter.com yang berguna bagi Anda yang berjerawat.

  • Gunakan Pembersih wajah yang ringan, dan air hangat untuk membersihkan area yang berjerawat. Disarankan hindari menggunakan air yang terlalu dingin atau panas karena kemungkinan mengakibatkan jerawat makin parah.
  • Jangan terlalu sering mencuci pakai pembersih wajah pada area kulit yang berjerawat.
  • Hindari cara menghilangkan komedo dengan menekannya karena justru akan memperparah serta meninggalkan bekas luka.
  • Sebaiknya dihindari pakai kosmetik atau rias wajah secara berlebihan. Disarankan menggunakan produk kosmetik berbasis air yang tidak memiliki efek menghalangi pori-pori kulit.
  • Atur atau rapikan rambut sebisa mungkin agar tidak mengenai wajah dan keramas rambut secara rutin agar selalu bersih. (tetapi hindari apabila shampo yang dapat memicu jerawat dibagian dahi)
  • Bersihkan wajah sebelum tidur seperti Rias atau Debu yang menempel.
  • Jika Anda memiliki kulit kering, pakailah pelembap berbasis air yang tidak mengandung unsur parfum.

Jika sedang proses mengobati jerawat, Jangan mengharapkan hasil singkat karena prosesnya bisa berlangsung hingga tiga bulan atau lebih tergantung. Kesabaran dan doa serta usaha anda untuk penyembuhan merupakan langkah yang baik.

Apabila terjadi hal terhadap proses penyembuhan jerawat anda seperti  teriritasi meluas, serta muncul papula dan pustula dalam jumlah banyak serta tidak kunjung sembuh walau sudah diobati sendiri. Segera periksa diri ke Dokter spesialis kulit. Obat jerawat yang mungkin dibeli melalui resep dokter meliputi antibiotik topikal, retinoid topikal, tablet isotretinoin, pil KB kombinasi untuk wanita, dan asam azelaic.

Pilihan Terapi Non Obat Lainnya

Selain menggunakan obat-obatan, ada beberapa cara pengobatan jerawat lainnya. Cara pengobatan ini dapat dikerjakan sendiri atau bersamaan dengan konsumsi obat. pertama adalah chemical peels. Dalam metode ini, kulit yang berjerawat akan dikelupas dengan tujuan memproduksi lapisan kulit baru. Pada prosesnya, chemical peels melibatkan bahan kimia, yaitu asam salisilat.

Terapi ini menggunakan ekstraktor komedo juga dapat dilakukan. Sesuai dengan namanya, metode yang dibantu dengan alat khusus ini diperuntukkan menyingkirkan komedo. Injeksi steroid yang bertujuan menyingkirkan jerawat nodul dan kista juga mungkin dilakukan. Melalui cara ini, dokter tidak perlu melakukan operasi pengangkatan, melainkan hanya dengan menyuntikan obat-obatan steroid pada kulit yang bermasalah.

Teknik lainnya adalah terapi fotodinamik (disebut juga terapi sinar). Melalui metode ini, jerawat dihilangkan dengan cara membunuh bakteri penyebab inflamasi dengan menembakkan sinar.

 

 


Sumber Referensi:

  • http://www.alodokter.com/komunitas/topic/apa-yang-harus-saya-lakukan-sekarang-ya-dok
  • http://www.alodokter.com/jerawat/pengobatan


0 133 10/ 3
oke google cara menghilangkan jerawat
1010

Jerawat adalah penyakit kulit di mana menyumbatnya pori-pori kulit sehingga menimbulkan sebuah kantung nanah yang meradang dan penyakit ini cukup besar jumlah penderitanya. Jerawat seringkali muncul diberbagai masyarakat. Jerawat sesungguhnya bisa tumbuh di bagian mana saja di tubuh.



Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK