Tips Penyembuhan Alami dan Modern pada Ketidaksuburan

Ketidaksuburan merupakan salah satu masalah pelik yang cukup meresahkan bagi sepasang suami istri yang telah lama mendambakan keturunan. Ketidaksuburan bisa dipastikan melalui serangkaian pemeriksaan pada suami maupun istri

2017-12-131500.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 634 Kata.

Ketidaksuburan merupakan salah satu masalah pelik yang cukup meresahkan bagi sepasang suami istri yang telah lama mendambakan keturunan. Ketidaksuburan bisa dipastikan melalui serangkaian pemeriksaan pada suami maupun istri. Jika penyebab ketidaksuburan telah diketahui maka penanganannya akan jauh lebih mudah. Saat ini telah berkembang metode penyembuhan alami maupun modern untuk mengatasi ketidaksuburan. Anda ingin tahu bagaimana cara menyembuhkan ketidaksuburan? Berikut tips penyembuhan alami dan modern pada ketidaksuburan:
 

Tips Penyembuhan Modern

  1. Terapi Hormon

Kehamilan dapat terjadi jika hormon di dalam tubuh berfungsi secara normal dengan kadar yang tepat. Kadangkala ketidakseimbangan hormon pada wanita dapat menjadi penyebab kehamilan tidak kunjung terjadi. Untuk mengetahui normal atau tidaknya hormon maka diperlukan pemeriksaan khusus, jika memang terjadi ketidakseimbangan hormon maka terapi yang tepat untuk kondisi ini adalah dengan menggunakan terapi hormon. Terapi hormon dapat dilakukan dengan pengawasan dokter spesialis kandungan.
 

  1. IUI (Intra Uterin Insemination)

IUI merupakan salah  satu cara mempercepat terjadinya kehamilan dan mengatasi ketidaksuburan. IUI merupakan prosedur memasukkan sperma ke dalam sel telur secara langsung melalui kateter atau selang khusus.
 

  1. IVF (In Vitro  Fertilization)

Jika serangkaian pemeriksaan telah dilakukan dan diketahui bahwa terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk terjadinya pembuahan secara alami maka IVF merupakan salah satu alternatif terbaik dan tercepat untuk segera memiliki keturunan. IVF merupakan prosedur yang mempertemukan sel sperma dan sel telur di dalam laboratorium. Setelah terjadi pembuahan dan terbentuk embrio maka selanjutnya embrio akan dimasukkan ke dalam rahim. IVF dapat memberikan 3 kemungkinan, kehamilan terjadi, tidak terjadi kehamilan, atau kehamilan kembar. Prosedur ini banyak dipilih oleh pasangan yang sudah mencoba berbagai cara untuk hamil tetapi tidak kunjung berhasil tetapi dana untuk melaksanakan prosedur ini masih lumayan mahal mencapai puluhan juta rupiah.
 

Cara Alami

  1. Memperbanyak Konsumsi Asam Folat

Asam folat merupakan nutrisi yang perlu dikonsumsi oleh suami maupun istri yang ingin segera memiliki keturunan. Asam folat berperan penting dalam pembentukan embrio dan tumbuh kembang janin. Janin memerlukan asam folat untuk bisa berkembang secara sempurna. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan atau keguguran pada janin. Beberapa makanan yang mengandung asam folat dalam jumlah cukup tinggi antara lain pisang dan kacang almond.

  1. Rajin Berolahraga

Olahraga dapat meningkatkan sirkulasi darah ke otak, rahim, organ genetalia dan oragan tubuh lainnya. Sirkulasi darah yang lancar dapat meningkatkan kesehatan organ genetalia sehingga dapat menghasilkan sperma dan sel telur yang sehat. Jika sperma dan sel telur sehat maka pembentukan embrio atau bakal janin akan lebih mudah terjadi.

  1. Jaga Berat Badan Ideal

Menjaga berat badan ideal dapat membantu menurunkan risiko ketidaksuburan, terutama pada wanita. Wanita yang terlalu gemuk dapat menyebabkan penumpukan lemak di dalam kandungan. Penumpukan lemak ini dapat menyebabkan sperma sulit untuk bertemu dengan sel telur sehingga kehamilan sulit terjadi.

  1. Menghindari Stres

Stres dapat meningkatkan kadar hormon Kortisol di dalam tubuh. Saat kadar Kortisol terlalu tinggi maka sistem ketahanan tubuh akan tertekan dan kesehatan tubuh menjadi kurang fit. Jika tubuh dalam kondisi kurang fit maka pembentukan sperma dan sel telur menjadi kurang bagus padahal agar terjadi pembuahan diperlukan sperma dan sel telur yang sama-sama dalam kondisi bagus.

  1. Terapi Jeniper

Terapi Jeniper merupakan terapi menggunakan jeruk nipis peras yang disingkat dengan Jeniper. Jeruk nipis memang mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh. Cara melakukan terapi Jeniper ini yaitu dengan meminum air jeruk nipis yang diperas tanpa tambahan apapun dengan jumlah kelipatan 4 setiap harinya. Terapi ini sebaiknya dilakukan selama dua minggu berturut-turut untuk mendapatkan hasil yang efektif.

  1. Jus 3 Diva

Jus 3 Diva merupakan jus yang dipercaya banyak orang dapat menyembuhkan ketidaksuburan. Jus ini terdiri cari campuran 2 buah wortel buah dan 1 buah apel. Jus ini sebaiknya diminum sehari sebanyak dua kali, pagi dan sore. Kandungan wortel yang ada di dalam jus ini sangat baik untuk memperbaiki dan memperbanyak jumlah sperma, sedangkan apel sangat bermanfaat untuk meningkatkan vitalitas tubuh karena mengandung antioksidan yang cukup tinggi.

 

Demikian beberapa cara menyembuhkan ketidaksuburan yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top