Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan Supaya Tetap Awet

Air hujan sendiri memiliki kandungan asam yang dapat menyebabkan cat kendaraan bermotor anda pudar atau luntur. Merawat Motor Saat Musim Hujan Supaya Tetap Awet

2017-11-114275.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca Kata.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan. Hujan memang tidak bisa berhenti jika memang belum waktunya. Di wilayah indonesia sendiripun sering sekali mengalami bajir karena curah hujan yang tinggi . Bagi para pemiliki kendaraan , hujan merupakan sebuah tanda dimana anda harus melakukan perawatan extra terhadap kendaraan anda.

Hal tersebut dikarenakan air hujan sendiri memiliki kandungan asam yang dapat menyebabkan cat kendaraan bermotor anda pudar atau luntur. Oleh sebab itu perawatan yang tepat ketika musim hujan sangat penting untuk dilakukan. Supaya motor anda selalu pada performance yang baik.
 

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan untuk Menjaga Performa Motor

Pada kesempatan ini akan dibahas Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan. Tips erikut ini merupakan tips sederhana yang tentu akan mudah untuk dilakukan. Berikut adalah tips selengkapnya:

1. Cuci Motor

Cucilah motor anda setelah otor anda terkena hujan. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa air hujan mempunyai kandungan zat asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada keindahan motor anda (cat luntur). Oleh sebab itu cucilah motor anda setelah terkena air hujan.

2. Penambahan Tekanan Ban

Hujan tentu akan mengakibatkan genangan air. Oleh sebab itu, akan ada baiknya apabila setelah anda menerobos genangan air, anda memeriksa tekanan udara pada ban tersebut. Anda dapat memeriksanya untuk menentukan apakah tekanan udaranya masih normal atau perlu di tambah. Sebab tekanan ban yang kurang akan menyebabkan permukaan telapak semakin banyk dalam bersentuhan dengan permukaan jalan secara langsung. Hal tersebut dapat menyebabkan tarikan motor menjadi berat dan mempercepat penipisan dari ban motor.
 

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan untuk Komponen – Komponen Motor

Disamping tips diatas, berikut ini adalah beberapa Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan agar tetap awet serta terhindar dari servis besar yang membutuhkan banyak biaya:

1. Rantai

Air hujan mempunyai sifat keasaman ,maka apabila air tersebut terkena besi dapat menimbulkan karat bahkan rantai motor sekalipun. Apa lagi jika motor anda tidak memiliki penutup rantai, tentu hal tersebut sangat rentan sekali untuk menimbulkan karat pada rantai motor anda. Oleh sebab itu, untuk menghindari karat andadapat  menutup rantai motor supaya terlindungi dari air hujan. Apabila rantai motor anda kendo,  anda dapat mengencangkannya kembali .

2. Busi

Komponen motor yang satu ini merupakan salah satu jantung dari sebuah motor. Tanpa adanya busi mungkin motor tidak bisa hidup. Komponen vital ketika musim hujan adalah busi motor. Setelah anda melakukan pembersihan motor, jangan lupa juga untuk selalu melakukan pengecekan busi. Anda dapat melakukannya dengan cara mencabut kop ataupun karet penutup busi. Kemudian tiuplah supaya bersih serta air yang ada pada busi dapat hilang. Disamping itu, anda juga dapat mengelap / mengeringkan bagian busi motor anda yang terkena air.

3. Knalpot

Kotoran dari air hujan tidak hanya menempel di bagian body , spakbor namun  juga bisa menempel di bagian dalam leher dari knalpotmotor anda. Oleh karena itu, anda juga harus membersihkan komponen yang satu ini supaya sistem pembuangan pada motro tetap bisa berfungsi secara sempurna. Caranya mudah, anda dapat mengeluarkan air hujan didalam knalpot dengan menyemprotkan oli ke dalamnya. Selain itu, anda juga dapat mengolesi leher knalpot dengan menggunakan grease. Lalu anda dapat memasangnya kembali dan panaskan motor anda.

Demikianlah beberapa Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat untuk anda.

matic, motor, perawatan

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top