Tips Merawat Motor Vespa supaya Awet

Bagi penggemar motor vespa, kita harus tahu tentang tips merawat motor vespa. Vespa merupakan motor yang terbilang unik dan sulit untuk merawatnya bagi yang belum terbiasa.

2017-12-145375.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 503 Kata.

Bagi penggemar motor vespa, kita harus tahu tentang tips merawat motor vespa. Vespa merupakan motor yang terbilang unik dan sulit untuk merawatnya bagi yang belum terbiasa. Namun hal ini dapat menjadi gampang apabila kita terbiasa merawatnya sendiri secara rutin.

Ada banyak tips merawat motor vespa yang harus diketahui agar tidak sering mogok apabila digunakan, terutama bagi yang hobi dengan motor vespa. Banyaknya masalah yang ditemukan terutama pada motor vespa yang sudah tua karena perawatannya yang kurang maksimal.

Tips Merawat Motor Vespa :

Berikut ini beberapa cara yang dapat digunakan untuk merawat vespa kesayangan supaya tetap awet.

  1. Menggunakan bahan bakaryang beroktan tinggi

Tips yang pertama yaitu dengan menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan tinggi. Bahan bakar yang memiliki oktan tinggi misalnya saja Pertamax. Apabila menggunakan bahan bakar yang memiliki oktan yang rendah akan menyisakan jelaga dalam jumlah yang banyak pada komponen pembakaran.

  1. Menggunakan oli samping yang berkualitas

Oli samping untuk vespa yang digunakan juga jangan sembarangan namun yang memiliki kualitas tinggi. Sebab jika menggunakan oli samping yang memiliki bahan aditif rendah akan berakibat pada banyaknya kerak. Karena itu untuk keawetan motor, pilihlah yang memiliki kualitas yang tinggi.

  1. Penggantian oli mesin secara teratur

Jangan remehkan penggantian oli mesin pada motor vespa. Penggantian oli mesin secara teratur akan berimbas pada keawetan mesin. Bila vespa tidak sering digunaka sebaiknya gantilah oli dua bulan sekali, namun bila sering dipakai sehari-hari sebaiknya diganti sebulan sekali.

  1. Merawat accu

Perawatan accu vespa harus dilakukan secara rutin setiap hari ketika menghidupkan mesin. Sebab accu akan terisi arus listrik setiap menghidupkan mesin. Jika vespa akan dibiarkan dalam waktu lama, sebaiknya accu disimpan saja.

Cara menyimpan accu sangat mudah, yaitu dengan mengeluarkan accu nya kemudian disimpan dengan posisi terbalik. Namun jika accu tersebut akan digunakan sebaiknya diisi terlebih dahulu dengan air zuur dan air accu. Setelah itu accu dapat dipasang kembali pada vespa.

  1. Merawat busi

Perawatan selanjutnya adalah bagian busi. Busi ini merupakan komponen yang paling sering bermasalah.Penyebabnya juga bermacam-macam. Kadang karena kerak pada busi dan kadang ada yang karena masalah dalam sistem pengapiannya. Larena itu harus rajin-rajin memeriksa busi agar tidak terjadi masalah.

Jika besi berkerak bersihkanlah busi dengan kuas atau sikat besi. Untuk bagian dalam yang tidak kelihatan, gunakanlah 3 atau 4 helai kawat baja dari tali kopling. Lubang isolator hadus terndam bensin atau solar agar keraknya dapat keluar. Setelah bersih dapat dipasang lagi seperti semula. Sedangkan jika ada masalah pengapian harus dicek terlebih dahulu koil, kondensor, dan juga platina.

  1. Perawatan bodi

Salah atu kelemahan vespa yaitu sangat rentan terhadap kaeat karena terbuat dari besi. Agar hal tersebut tidak terjadi sebaiknya sering-sering membersihkan vespa terutama setelah melewati jalanan yang ekstrim seperti berdebu dan berlumpur. Namun apabila bodi terlanjur berkarat tidak ada salahnya melakukan pengecatan pada bodi karena dapat melindungi bodi dari karat.

Pentingnya Tips Merawat Motor Vespa

Sangat penting mengetahui tips untuk merawat motor vespa. Dengan perawatan yang baik dan benar maka akan menjadikan motor tersebut menjadi awet serta tidak mudah mogok. Membiasakan diri untuk merawat sendiri motor kesayangan merupakan hal yang baik. Demikian beberapa tips merawat motor vespa semoga dapat menjadi hal yang bermanfaat.

vespa, Oli, perawatan, accu

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top