Inilah Tips Cara Mengeluarkan Komedo di Hidung

kemunculan komedo juga bisa menghilangkan rasa percaya diri. Memencetnya dengan kedua tangan pun menjadi salah satu cara membersihkan komedo di hidung yang sering dilakukan.

2017-12-023540.0 / 0

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 599 Kata.

Kemunculan bintik-bintik berwarna hitam alias komedo di area pangkal dan kedua sisi hidung pastilah sangat mengganggu. Tak hanya mengurangi kecantikan pada wajah, kemunculan komedo juga bisa menghilangkan rasa percaya diri. Memencetnya dengan kedua tangan pun menjadi salah satu cara membersihkan komedo di hidung yang sering dilakukan.

Namun, memencet komedo ternyata akan menimbulkan bekas yang justru sulit dihilangkan. Untuk menghindarinya, lakukan cara hilangkan komedo di hidung berikut ini:

  1. Memanfaatkan Bahan-Bahan Alami

Ada banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk membersihkan komedo dan jerawat yang mengganggu, beberapa di antaranya adalah madu, kayu manis, putih telur, lidah buaya, lemon, hingga buah pepaya. Perawatan ini tidak butuh biaya yang mahal karena proses pembuatannya pun amat sederhana.

Beberapa bahan tersebut bisa dilarutkan dengan air lalu dioleskan secara merata pada muka. Diamkan selama beberapa saat dan basuh dengan air hangat. Pastikan muka telah bebas dari pulasan kosmetik, begitu pula dengan kebersihan tangan sebelum melakukan perawatan. Tak seperti produk pembersih muka, bahan-bahan alami ini aman untuk digunakan setiap hari.

  1. Menggunakan Ekstraktor Komedo

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah menggunakan alat untuk membersihkan komedo atau yang lebih dikenal dengan ekstraktor komedo. Alat ini terbuat dari campuran besi dan alumunium, dengan ujungnya berbentuk seperti catut untuk menarik komedo. Anda bisa memperoleh alat ini di toko kecantikan.

Agar lebih mudah, Anda bisa mendidihkan air dan memanfaatkan uapnya untuk membuka pori-pori kulit wajah. Caranya adalah dengan mendekatkan wajah secara perlahan di atas kepulan uap tersebut selama 30 detik hingga satu menit. Dengan demikian, Anda tak perlu melakukan penekanan yang berlebih pada hidung saat mengeluarkan komedo dan membuat hidung terluka.

Sebelum menggunakannya, pastikan alat untuk mengangkat komedo ini sudah dibersihkan terlebih dahulu agar tidak menimbulkan masalah lain pada muka. Anda bisa membersihkannya dengan mengguyurkan air bersih atau menggunakan alkohol. Sebaiknya jangan gunakan alat ini secara bergantian. Kulit muka adalah salah satu tipe kulit yang amat sensitif, salah penggunaan produk dan alat apa pun justru akan menimbulkan iritasi.

  1. Menggunakan Pore Pack

Pore pack atau yang lebih dikenal dengan strip pori merupakan strip yang digunakan dengan cara direkatkan ke ujung hidung yang terdapat komedo. Alat ini bisa diperoleh dengan mudah di supermarket mana saja dengan harga yang cukup terjangkau. Dalam satu pak, biasanya terdapat 3 hingga 4 strip.

Sebelum menempelkan strip pori, terlebih dahulu basahi ujung hidung. Lalu, tempelkan strip pori di bagian yang telah dibasahi tadi. Tunggu hingga 15 menit atau sampai strip tersebut benar-benar menempel sempurna. Setelah itu, cabut strip pori, dan komedo pun akan ikut terangkat.

Menggunakan strip pori untuk mengangkat komedo memang tidak memakan banyak waktu. Akan tetapi, Anda tetap perlu waspada karena kekuatan perekat pada strip pori ini memungkinkan lapisan epidermis kulit muka juga ikut terangkat.

  1. Mengunjungi Dokter Kecantikan

Cara ini banyak dipilih terutama untuk mencegah terjadinya masalah lain pada kulit, terlebih bagi pemilik kulit sensitif. Meskipun alami, nyatanya bahan-bahan tersebut tidak cocok untuk segala jenis kulit, sehingga mengunjungi dokter kecantikan adalah alternatif yang tepat.

Dengan berkonsultasi kepada dokter, Anda bisa mendapatkan perawatan yang sesuai dengan jenis komedo dan kulit. Salah satu metode yang biasa dilakukan oleh para pakar kecantikan dalam membasmi komedo adalah dengan terapi laser dan dermabrasi. Namun, beberapa ahli lainnya mengatakan dua metode ini akan memberikan efek samping berupa timbulnya bekas jaringan parut pada kulit.

Meskipun demikian, bukan berarti Anda bisa mengunjungi semua klinik kecantikan. Pastikan klinik yang akan Anda kunjungi memiliki sertifikasi yang jelas dan mendapatkan respon yang positif dari para pengunjung. Sebisa mungkin hindari melakukan perawatan di salon kecantikan, karena alat-alat yang digunakan belum tentu terjamin kebersihannya.

Selain itu, selalu gunakan masker pelindung jika berkendara dengan sepeda motor. Jika Anda menggunakan produk pembersih muka, pilihlah yang memiliki label noncomedogenic. Yuk, jaga kebersihan muka!

Tips, acne, jerawat

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top