Artikel

Teknologi Internet

Kegunaan Dan Prinsip Kerja Fiber Optik

Setelah sebelumnya kita bahas mengenai berbagai hal yang berhubungan dengan kabel coaxial, maka untuk kali ini mari kita bahas mengenai berbagai hal tentang kabel dari fiber optik mulai dari apa itu fiber optik, apa kegunaan fiber optik, prinsip kerja fiber optik fungsi fiber optik cara kerja fiber optik dan hal lainnya yang berhubungan dengan fiber optik.

Dari pengertiannya bahwa fiber optik ini merupakan kaca dan tabung plastik yang mampu mentransmisikan cahaya, yang kemudian diubah menjadi suara, pidato atau informasi. Fiber optik ini bukan hanya sebuah kaca biasa, tetapi fiber optik yang berasal dari sebuah kaca murni yang panjang dan tipis serta diameternya hanya sebesar rambut manusia. Adapun dalam penggunaannya fiber optik ini dijadikan/dikumpulkan dalam satu tempat yang di namakan kabel optik yang sebagai pengantar data digital berupa sinar dalam jarak yang sangat jauh.

Sebelum kita mengetahui tentang kegunaan fiber optik ini, adakalanya kita perlu terlebih dulu memahami bagaimana kabel serat optik yang begitu sangat kecil dapat bekerja sebagai backbone pada jaringan yang menghubungkan jaringan antara kantor bahkan antar pulau. Sebagai contohnya; coba bayangkan sebuah sedotan palastik atau pipa plastik panjang yang fleksibel berukuran besar. Kemudian dalam kabel tersebutpun tentu terdiri dari beberapa komponennya sehingga  mampu untuk menjalankan kegunaan/manfaatnya sebagai fiber optik. Ada tiga komponen yang terdapat pada fiver opti diantaranya yaitu, “core” yang merupakan kaca tipis dan bagian inti dari fiber optik yang berfungsi sebagai pengirim sinar, “cladding” merupakan materi yang mengelilingi ini yang berfungi memantulkan sinar ke-inticore, “buffer coating” merupakan plastik pelapis yang melinfungi fiber dari keruskan.

Kegunaan Fiber Optik, Prinsip Dan Cara Kerja Fiber Optik, Serta Fungsi Fiber Optik

Berikut adalah beberapa kegunaan dari fiber optik dalam sebuah jaringan, yaitu:

  • Kegunaan fiber optik salah satunya yaitu banyak digunakan untuk instalasi jaringan dan telekomunikasi yang sering dengan bertambahnya kapasitas kecepatan dan banwidth dalam media transmisi.
  • Sebagai media transfer data atau banwidth besar yang lebih diutamakan sebagai backbone instalasi dan jarak jauh.
  • Pengembangan kabel optik untuk jarungan jaringan backbone didalam ibu kota yang menghubungkan ke perangkat di kota-kota lain yang juga membentang melalui laut atau istilahnya biasa disebut “submarine cable”.
  • Kegunaan lainnya yaitu bahwa kabel optik ini sudah marak digunakan didalam perusahaan/perkantoran sebagai koneksi dalam komunikasi seluruh pihak kantor.

Kemudian selanjutnya yaitu mengenai prinsip dan cara kerja dari kabel fiber optik, prinip kerja fiber optik ini adalah nama untuk proses dimana data transfer melalui pulsa cahaya, yang dikirim melalui untaian tipis yang berasal dari kaca atau plastik. Semacam helai kaca atau plastik yang setipis rambut manusia, dan juga yang berarti fiber optik ini dapat sangat mudah rusak. Adapun cara kerja dari fiber optik ini contohnya, yaitu:

  • Misalkan dalam mengirim percakapan-percakapan telepon, cara kerjanya yaitu melalui serat optik, suara analog yang dirubah menjadi sinyal digital. Sebuah laser transmitter pada salah satu ujung kabel on/off untuk mengirimkan setiap bit sinyal. Cara kerja dengan menggunakan fiber optik modern dapat mentransmitkan jutaan bit/second. System cara kerja terbaru laser transmitter ini dapat mentransmitkan warna-warna yang berbeda untuk mengirimkan beragam sinyal digital dalam fiber optik yang sama.

Sedangkan untuk fungsi kabel fiber optik sendiri, fungsinya tidak jauh berbeda dengan fungsi kabel-kabel lain, salahsatunya yaitu:

  • Untuk menguhubungkan komputer atau perangkat jaringan satu ke perangkat jaringan yang lain. Hanya saja kabel fiber optik ini memiliki kecepatan akses yang tinggi sehingga kecepatan transfer data pun akan lebih cepat dibandingmkabel lainnya.
  •  Untuk mengarahkan gelombang cahaya dalam satu arah lewat proses terjadinya pembiasan cahaya. Kabel optik ini akan mengirimkan gelombang cahaya dari satu titik fisik yang lain dengan menangkap cahaya dalam kabel dan memantulkannya kembali kedalam setiap kali jaringan yang mencoba untuk berpencar/kabur.

Nah, demikianlah selintas pembahasan mengenai hal yang berhubungan dengan kabel optik dari mulai pengertian dan kegunaan fiber optik serta prinsip kerja fiber optik fungsi fiber optik cara kerja fiber optik  dan juga komponen yang terdapat pada inti fiber optik. Fiber Optik Indihome - Telkomsel



0 138 0.0/ 0
Kegunaan Dan Prinsip Kerja Fiber Optik
0.05
mari kita bahas mengenai berbagai hal tentang kabel dari fiber optik mulai dari apa itu fiber optik, apa kegunaan fiber optik, prinsip kerja fiber optik fungsi fiber optik cara kerja fiber optik dan hal lainnya

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK