Cara menjadi reseller di tokopedia

2017-11-053560.0 / 0

Cara menjadi reseller di tokopedia

Penanya: sicklon
Tanggal Post: 2017-11-05, Su 15.16.14
supplier, Tokopedia, Reseller

Pertanyaan:

Bagaimana cara menjadi reseller di tokopedia?

Jawaban

Reseller adalah seseorang menjual kembali produk yang dibeli di supplier/Distributor dimana harga beli lebih murah (harga grosir) dan menjual kembali ke konsumen. Reseller dari bahasa inggris yang artinya Re=Kembali/ulang Seller=Penjual maka bisnis ini adalah Menjual kembali produk ke konsumen.

Kita kenali dulu apa itu reseller dan cara kerjanya. Semisal anda menjadi reseller fashion di salah satu toko online di tokopedia. Anda telah menghubungi pihak toko tersebut dan ingin menjadi reseller. Sehingga ada kesepakatan harga reseller dimana itu lebih murah dari harga nomal/jual. Jadi anda membeli produk Fashion terlebih dulu ke salah satu toko supplier/distributor di tokopedia dengan jumlah banyak. Lalu dijual kembali ke konsumen (end user).

KELEBIHAN RESELLER:

  • Mengetahui Kondisi barang dengan mendetail
  • Keuntungan dari harga yang lebih murah ditawarkan oleh distributor/supplier
  • Menjual kembali dengan Offline maupun Online
  • Bisa merekrut Agen/Dropshiper untuk menjual produk anda
  • Mengetahui Stock barang

Berbeda dengan Agen Online/Dropshiper yang tidak tau detail barang, tidak bisa menjual offline secara langsng dan tidak memiliki stock atau tidak mengetahui stock produk (karena posisi dropshiper mungkin hanya diberikan data saja). Selain itu Dropshier juga harus rebutan dengan lainya agar tidak kehabisan stok. (silahkan baca artikel: 5 Situs Terbaik untuk menerima Dropship)

KEKURANGAN :

  • Resiko Tinggi
  • Butuh Modal tidak sedikit, dikarenakan harus pembelian dulu dalam jumlah banyak

Bagaimana cara mencari supplier di tokopedia?

1. MEMILIH PRODUK

Tentukan produk terlebih dahulu, ketika anda mencari barang ditokopedia tentukan terlebih dahulu barang yang ingin dijual. Saya sarankan produk yang banyak diminati masyarakan ataupun kebutuhan sehari-hari. Biasanya dikategori Fashion, Dapur, Handphone, dan  Aksesorisnya.

2. MEMILIH HARGA LEBIH MURAH

Ketika anda sudah menentukan barang yang ingin dijual silahkan cari harga yang dominan lebih mendekati harga supplier. Contoh saya ingin menjual kebutuhan dapur. Saya mengambil 1 produk yaitu Swifty Sharp, kemudian saya cari ditokopedia dengan keyword tersebut dan memfilter urutan dari harga termurah.

3. PILIH REPUTASI TOKO YANG BAIK

Hal ini adalah hal penting agar anda tidak salah memilih supplier. Anda dapat mencari reputasi toko supplier dengan melihat penilaian dari konsumen dan juga performa toko tersebut. Bagaimana caranya melihat reputasi toko ditokopedia? Kunjungi Toko tersebut  anda dapat melihat data detail statistik, dan halaman ulasan pembeli. Anda juga dapat melihatnya saat melihat produk toko tersebut

4. BERKOMUNIKASI

Silahkan Chat Toko Supplier yang sudah didapatkan biar mesra dan meminta ijin sehingga ada kesepakatan agar mendapatkan harga murah.

Semoga jawaban ini bermanfaat.

Masalah Teratasi!!

Punya masalah sama tapi belum teratasi? Silahkan:

Back to Top