Bagaimana mengatasi kecanduan game online bagi pelajar

Salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi saat ini adalah kecanduan game online bagi pelajar , bahkan tidak hanya pelajar yang menerima

2017-11-226380.0 / 0

Bagaimana mengatasi kecanduan game online bagi pelajar

Penanya: sicklon
Tanggal Post: 2017-11-22, We 06.50.22
Tips, game

Pertanyaan:

Bagaimana mengatasi kecanduan game online bagi pelajar? agar pelajar ataupun seseorang berhenti melakukan bermain game berlebih lebihan. Apakah ada Tipsnya?

Jawaban:

Tips Cara Mengatasi Anak Kecanduan Game

Sebelumnya ada artikel membahas dampak game online bagi pelajar. Untuk kali ini akan membahas mengenai tips cara mengatasi kecanduan game online bagi pelajar.

Semakin berkembangnya teknologi didunia selain memberikan banyak dampak positif bagi keberlangsungan hidup manusia, ternyata menyimpan sedikitnya dampak negatif yang kita terima. Salah satu dampak negatif dari kemajuan teknologi saat ini adalah kecanduan game online bagi pelajar , bahkan tidak hanya pelajar yang menerima dampak negatif dari game online ini, malainkan dari semua kalangan menerima dampaknya.

Dari waktu ke waktu game-game online terus saja membuat inovasi-inovasi baru yang membuat para pelajar dan anak-anak lainnya kecanduan untuk terus memainkannya. Bahkan ada beberapa kasus yang melibatkan seorang pelajar, dimana pelajar tersebut sudah kecanduan game online, sehingga pelajar-pelajar tersebut enggan untuk pergi kesekolah, males untuk mengerjakan pekerjaan sekolah, para pelajar tersebut lebih memilih menghabiskan waktunya berada didepan layar monitor untuk bermain game. Hal seperti ini apabila terus dibiarkan tanpa ada pengendalian dari pihak guru dan orang tua  pastinya akan berdampak buruk bagi keberlangsungan para pelajar kedepannya.

Untuk itu harus ada dari sekolah ataupun dari pihak keluarga terutama orang tua harus terus memantau perkemabangan dari si anak, harus tau apa saja yang dikerajakan dari anak anda. jangan membiarkan sang anak bermain game yang tidak memiliki nilai edukasi. Berikut kami berikan beberapa tips mengatasi kecanduan game online pada remaja, anak-anak dan para pelajar, sebagai berikut :

  1. Memberikan perhatian Lebih Pada Anak

Kecanduan game online mungkin bisa disebabkan oleh perhatian orang tua yang kurang kepada anak tersebut. sehingga anak-anak tersebut mencari perhatian lain yang lebih menarik yaitu dengan bermain game online. Jadi untuk menghindari anak dari kecanduan game online anda harus memberikan perhatian yang lebih, baik itu dengan bentuk ucapan ataupun dengan perbuatan, yang bisa dilakukan dengan cara sering mengajak sang anak mengobrol.

Atau sang anak juga bisa dialihkan perhatiannnya kepada ssesuatu yang lebih bermanfaat, misalnya memasukkan anak anda kepada kegiatan les, mau itu les musik seperti piano, gitar dll. atau anda bisa menyarankan anak anda untuk mengikuti ekstrakulikuler yang ada disekolah. Hal-hal seperti itu bisa mencegah sang anak dari kecanduan bermain game online.

  1. Membatasi waktu anak pada saat bermain game online

Bermain game itu sebenarnya boleh-boleh saja asalkan dalam jangka waktu yang sewajarnya.. Dan yang harus yang harus diingat oleh para orang tua  jangan memaksa anak untuk berhenti bermain game karena seorang anak yang sedang asyik bermain game lalu tiba-tiba kita memberhentikannya secara paksa si anak itu bisa nekad bahkan bisa melakukan hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk itu sebaiknya para orang tua tidak memberhentikan secara paksa melainkan membatasi waktu anak dalam bermain game, misalnya sang anak suka menghabiskan waktu untuk bermain game selama 5 sampai 6 jam dalam sehari, maka anda mulai membatasi waktu bermain game menjadi 2- sampai 3 jam saja dalam sehari. Jika si anak tersebut mulai terbiasa anda bisa mengurangi jatah bermainnya lagi menjadi 1 jam sehari. Dan lama kelamaan pasti si anak sudah terbiasa dengan kebiajakan tersebut.

Dan biasakan sang anak untuk menyelesaikan tugas-tugas sekolahnya dulu sebelum bermain game. Supaya si anak kelak terbiasa mengerjakan aktifitas-aktifitas penting dulu, lalu selanjutnya boleh mengerjakan tugas yang lainnya.

  1. Membatasi Uang Jajan Pada Anak

Untuk bermain game online itu pastinya memerlukan kouta yang dihubungkan kepada internet. Jadi sang anak pastinya mengggunakan uang jajannya untuk membeli kuota atau pergi ketempat penyewaan game online. Untuk itu para orang tua sebaiknya membatasi uang jajan kepada anak-anaknya, berilah uang jajan secukupnya yang hanya bisa digunakan untuk makan dan minum saja. karena dengan cara mengurangi uang jajan pada anak bisa mengurungkan niat si anak untuk bermain game online.

Itulah beberapa cara mengatasi kecanduan game online bagi pelajar, semoga dengan adanya informasi ini para orang tua bisa mengawasi anak-anaknya lebih baik lagi, dan bisa terhindari dari kecanduan game online pada remaja, anak-anak, dan para pelajar diluaran sana.

Masalah Teratasi!!

Punya masalah sama tapi belum teratasi? Silahkan:

Back to Top