Mengenal lebih dekat tentang Manfaat buah Alpukat

Manfaat buah alpukat bagi manusia, Selain rasanya yang enak dibuat Jus dan Menyegarkan. Alpukat juga bisa dibuat untuk Masker yang digabungkan dengan Zaitun maupun masker alpukat dengan madu. Sebuah Alpukat Fungsinya yang banyak dapat kita manfaatkan

2017-12-155685.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 846 Kata.

Alpukat (KBBI: Avokad) dengan nama Ilmiah Persea americana adalah bertipe buni, mempunyai kulit lembut tidak rata dan berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan tergantung pada varietasnya. Pada daging buah alpukat berwarna hjiau muda didekat kulit dan daging dekat dengan biji berwarna kuning muda dengan tekstur lembut.

Manfaat buah avokad atau Alpukat memiliki banyak manfaat. Bijinya dimanfaatkan dalam industri pakaian sebagai pewarna yang tidak dapat mudah luntur. Batang pohonnya bisa digunakan sebagai bahan bakar. Kulit pohonnya juga dapat digunakan sebagai pewarna untuk warna cokelat pada produk dari bahan kulit. Daging buah Alpukat dapat dijadikan hidangan dan juga menjadi bahan dasar atau baku untuk beberapa produk kecantikan dan kosmetik. Selain itu, daging buah alpukat dapat melembabkan kulit yang kering dan mengobati sariawan. Daun alpukat juga dapat digunakan untuk mengobati darah tinggi, nyeri lambung, nyeri saraf, saluran napas membengkak, kencing batu, sakit kepala, dan menstruasi yang tidak teratur. Kemudian bijinya bisa digunakan untuk mengobati kencing manis dan sakit gigi.

Apabila anda memiliki Alpukat, alpukat enaknya diapain? Alpukat enaknya dibikin Jus. Selain Rasanya Enak dan Bikin Segar, Jus Alpukat memiliki Manfaatnya loh, seperti khasiat jus alpukat bagi pria, manfaat jus alpukat untuk diet, manfaat jus alpukat untuk kecantikan dan Manfaat lainya yang belum saya ketahui.

Selain di olah jus, alpukat juga bisa dibuat olahan lain, Mari dibahas satu persatu khasiat Manfaat dari buah Alpukat sebagai berikut:

Daftar Manfaat dari Buah Alpukat

1. Manfaat alpukat untuk kecantikan

Alpukat bisa dibuat sebagai masker untuk kesehatan kulit wajah anda. Kandungan dari buah alpukat yang bermanfaat bagi kulit atau khasiat dari masket alpukat antara lain adalah Vitamin B, Vitamin E, Vitamin C, Folat dan Kandungan Zat lainya. Selain itu Kandungan Minyak nabati pada sebuah alpukat juga memiliki khasiat untuk memperbanyak kolagen sehingga dapat mencegah penuaan dini. Tingginya Mineral dan Kalium di buah alpukat bermanfaat untuk memperbaiki elastisitas kulit.

Meskipun masker ini dipercayakan dapat memaksimalkan manfaat alpukat untuk kencantikan karena tidak mengandung bahan kimia, Tetapi ada suatu kondisi yang perlu diperhatikan, yaitu:

  • Alergi latex. Orang yang mempunyai alergi serius terhadap bahan latex, yaitu bahan yang digunakan untuk balon, pada umumnya juga mengalami gejala alergi serupa setelah memakan buah alpukat.
  • Jerawat. Masker dari buah alpukat dapat menyumbat pori-pori, sehingga orang yang mempunyai kulit berjerawat disarankan untuk menjauhi pemakaian masker ini.

2. Manfaat alpukat bagi ibu hamil

Alpukat kaya kandungan lemak dan asam folat. Alpukat diperkaya jenis lemak yang mendukung perkembangan otak janin, yaitu lemak tak jenuh tunggal dan lemak jenuh nabati alami. Asam Folat sebagai nutrisi utama di dalam masa kehamilan. Asam folat bertugas sebagai memproduksi dan menentukan jalinan sel baru. Para ahli percaya bahwasanya asam folot dapat menurunkan risiko cacat lahir.

Seorang ibu hamil setidaknya membutuhkan sekurang-kurangnya 400 mikrogram asam folat tiap harinya. Satu buah alpukat memberikan sekitar 45 mikrogram asam folat. Dengan mengkonsumsi beberapa buah alpukat dalam sehari, Ibu hamil memperoleh tambahan asupan asam folat, Tetapi harus ditambahkan juga makanan sumber asam folat lainya.

Untuk Mengkonsumsi Alpukat bagi ibu hamil sebaiknya memilih yang kondisinya masih segar atau yang belum terlalu matang. Sehingga dapat memudahkan Anda untuk menyajikan dan bertahan lebih lama.

Selain dapat dikonsumsi langsung, anda dapat membuat variasi yang bermacam Seperti menjadikannya bahan pelengkap pada roti isi,  dalam bentuk minuman, seperti jus atau smoothie tanpa ditambah dengan susu.

Sebelum mengkonsumsi Alpukat bagi Ibu Hamil sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau Bidan saat mengecek kandungan kehamilan anda, Agar mengetahui takaran yang sesuai ataupun apabila terjadi reaksi alergi. Untuk yang memiliki alergi terhadap latex (yaitu bahan yang digunakan untuk balon), sangat menyarankan untuk mengkonsultasikan pada dokter atau bidan sebelum menambahkan alpukat ke dalam daftar menu makan. Dikarenakan pada kasus orang yang alergi latex, pada umumnya gejala muncul setelah memakan alpukat.

3. Manfaat alpukat untuk diet

Avokad (Alpukat) mengandung lemak baik berupa asam oleat yang merupakan lemak tidak jenuh tunggal. Banyaknya jumlah kandungan lemak baik dalam buah Alpukat bermanfaat untuk menunda lapar. Sehingga membantu mengontrol kadar gula darah menjadikan mengonsumsi buah alpukat merasa kenyang lebih lama. Lemak jenis ini juga diperkirakan baik bagi kesehatan jantung dan mampu menormalkan pembekuan darah.

Kemudian kandungan yang terdapat di buah Alpukat yaitu lemak baik yang tinggi,dan juga kaya akan serat, mineral, dan vitamin. Dalam satu setengah buah alpukat, mengandung sekitar 4,6 gram serat, vitamin B6 dan folat. Selain itu juga terkandung kalium dalam jumlah yang cukup banyak, yakni kurang lebih 345 mg.

4. Khasiat jus alpukat bagi pria

Seperti yang dilansir dari health.detik.com (22/07/2011) Kekuatan sperma dapat diupgrade dengan sumber makanan atau minuman yang memiliki kaya antioksidan, salah satunya adalah buah alpukat.

Kandungan antioksidan dalam buah alpukat terbukti memberikan lebih banyak manfaat dibandingi teh dan kopi. Bahwa fakta ini dibuktikan didalam penelitian oleh para ahli dari University of Western Australia dan Monash University.

Sesuai dengan penelitian tersebut, sperma yang mempunyai lapisan antioksidan di permukaannya akan lebih mudah meraih sel telur. Tidak adanya lapisan antioksidan, sperma akan dianggap obyek asing bahwa kehadirannya akan senantiasa ditolak oleh sistem kekebalan pada tubuh wanita.

Demikianlah Manfaat buah alpukat bagi manusia, Selain rasanya yang enak dibuat Jus dan Menyegarkan. Alpukat juga bisa dibuat untuk Masker yang digabungkan dengan Zaitun maupun masker alpukat dengan madu. Sebuah Alpukat Fungsinya yang banyak dapat kita manfaatkan sesuai keperluan. Semoga Bermanfaat

manfaat, Alpukat, diet buah

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top