Artikel

Teknologi Internet

Manfaat dan Jenis Kabel Serat Optik

Sebelum kita membahas mengenai manfaat dan jenis kabel serat optik ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kabel fiber optic itu sendiri. Kabel fiber optic merupakan kabel yang digunakan untuk instalasi media networking dengan kecepatan tinggi. berbeda dengan instalasi pada jaringan tingkat menengah ke bawah atau menengah ke atas. Jaringan yang menggunakan kabel fiber optic lebih besar, biasanya digunakan pada perusahaan multinasional. Fungsi kabel fiber optik kabel fiber optik adalah sebagai media transmisi arus data yang terarah.

Jika dibandingkan dengan media lain, kabel fiber optik lebih mahal dan juga memiliki karakteristik yang berbeda beberapa karakteristik yang dimiliki oleh kabel lainnya. Perbedaan lainnya adalah kebal terhadap interferensi elektromagnetik, jarak transmisi 2 sampai 60 KM, mampu membawa paket dengan kapasitas besar, biaya rata-rata per node cukup mahal, media dan ukurannya konektor kecil,  beroperasi pada kecepatan Gigabyte per detik.

Ada dua jenis fiber optik yaitu single mode dan multimode. single mode menggunakan laser dengan jangkauan yang lebih jauh, sedangkan multimode hanya menggunakan LED sebagai transmisi.

Komponen yang terdapat dalam kabel fiber optik antara lain adalah inti cladding, Coating, dan Strange member, dan outer jacket .berikut penjelasan tiap-tiap komponen tersebut :

  1. Komponen yang paling luar merupakan Strength member dan outer jacket Lapisan ini berfungsi untuk melindungi inti dari gangguan misalnya hujan panas dan hewan.
  2. Lapisan kedua merupakan Coating yang disebut juga mantel. Lapisan ini terbuat dari plastik fungsinya untuk melindungi dari lingkungan, kelembaban, kerusakan bagian dalam. setiap mantel memiliki warna yang berbeda dengan tujuan mempermudah  susunan urutan core.
  3. Lapisan yang ketiga merupakan cladding. komponen ini terbuat dari kaca yang berfungsi untuk melindungi inti fiber optik. Cladding memiliki diameter 5 µm sampai 250 µm dan berfungsi untuk memancarkan cahaya dari luar ke inti.
  4. Yang terakhir adalah bagian inti. bagian ini merupakan kabel fiber optic itu sendiri memiliki diameter yang berbeda-beda antara 2µm sampai 50 µm semakin besar diameter inti serat kaca, maka akan semakin baik kualitas juga kemampuan fiber optik ini.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Kabel Fiber Optik

Fungsi kabel fiber optik dan yang menjadi kelebihannya dibanding dengan kabel jenis lain adalah :

  • transmisi lebih cepat dan hemat dalam pemasangan
  • tidak menyebabkan kebakaran karena tidak menggunakan elemen api atau listrik
  • tidak akan terganggu oleh gelombang elektrik memiliki ukuran yang ringan kecil dan fleksibel
  • bahan yang digunakan tidak berkarat

Dengan segala kelebihan yang dimiliki oleh kabel fiber optik pada jaringan komputer bukan berarti kabel fiber optik tidak memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh kabel fiber optik yaitu :

  1. Harga yang ditawarkan cukup mahal jika dibandingkan dengan kabel tembaga biasa. Karena kapasitas yang dimiliki oleh kabel fiber optik yang luas dan dengan jarak yang jauh maka itulah mengapa kabel fiber optik lebih mahal.
  2. Kekurangan yang lainnya adalah sumber daya manusia yang dibutuhkan harus memadai. karena tingkat kesulitan yang dimiliki dalam implementasi dan development fiber optic itu sendiri juga cukup tinggi. Makanya pengadaan sumber daya manusia yang handal sangat dibutuhkan.
  3. Kelemahan lainnya adalah absorption atau penyerapan. Adanya kotoran yang terdapat pada serat optik bisa mengakibatkan lemahnya cahaya serat optik sehingga mengalami scattering dan radiatif losses atau kehilangan radiasi.

Demikian penjelasan mengenai fungsi kabel fiber optik pada jaringan komputer semoga penjelasan mengenai manfaat dan jenis kabel fiber optik bisa bermanfaat dan memenuhi kebutuhan informasi yang sedang dicari.



0 140 5.0/ 1
Manfaat dan Jenis Kabel Serat Optik
5.05
Fungsi kabel fiber optik kabel fiber optik adalah sebagai media transmisi arus data yang terarah. Kabel fiber optic digunakan networking dengan kecepatan tinggi

Cari Artikel Lainya


Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK