Manfaatkan Hosting Gratis untuk Belajar Website bagi Pemula

Buat website wordpress dengan memanfaatkan hosting gratis untuk belajar bagi pemula sebelum menyewa layanan hosting berbayar

2018-05-04 11.28.083565.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 1105 Kata.

Web hosting merupakan jasa menyewakan layanan internet yang memberikan sumber daya server untuk disewakan agar seseorang atau kelompok menempatkan informasi di internet berupa HTTP, EMAIL, FTP, atau DNS.

Perumpamaan sebuah hosting adalah sebuah tanah, website adalah bangunannya dan domain adalah alamat jalan dari sebuah bangunan tersebut. Hosting terdiri dari sebuah server atau gabungan beberapa server yang terhubung dengan jaringan internet. Hosting memiliki beberapa jenis diantaranya shared hosting, hosting dedikasi, Virtual Private Server dan Colocation Server. Buat pemula sebaiknya menggunakan shared hosting terlebih dahulu untuk membangun sebuah website.

Sebelum menyewa layanan hosting berbayar, ada kalanya bagi pemula yang baru belajar memanfaatkan layanan hosting gratis dari 000webhost yang merupakan bagian dari Hostinger dan menggunakan cloud Hostinger. 000webhost merupakan penyedia layanan web hosting gratis, yang ditujukan bagi pemula yang ingin belajar mengenai website, bagi mereka yang belum mampu secara finansial untuk membeli hosting berbayar, atau bagi mereka yang ingin mencicipi bagaimana kualitas dan layanan Hostinger cloud. 

Cara Mendapatkan Hosting Gratis:

1. Hal pertama daftar terlebih dahulu di hosting gratis dengan masukan email, password dan nama website.

2. Setelah daftar akan muncul seperti digambar dibawah, silahkan klik It's ok, i want to learn.

3. Silahkan periksa email di kotak masuk email yang didaftarkan sebelumnya untuk melakukan Verifiy email.

4. Selanjutnya klik menu build website untuk membuat website. Pilih install wordpress, karena web hosting gratis ini cocok untuk belajar bagi pemula agar lebih mengetahui tentang Wordpress.

5. Masukan username dan password admin Wordpress dan pilih bahasa Indonesian.

6. Jangan di refresh, scroll kebawah maka anda akan menemui proses Instalasi Wordpress. Tunggu hingga selesai, kemudian klik "Go to configuration page".

7. Masukan username dan password admin Wordpress. Maka anda akan masuk ke Dasbor Wordpress dan selesai membuat website. Disini anda dapat mengubah tampilan website, setup wordpress, menambah plugin, membuat konten dan hal lainya. Jadi tahap menggunakan hosting gratis adalah untuk belajar tentang Wordpress sebelum melanjutkannya ke hosting Premium, walaupun memperlajari Wordpress juga bisa dengan Install XAMPP di komputer.

8. Sebelumnya anda dapat menyelesaikan Survey, Pelajari Tentang Alamat Situs Web dan beli atau ubah alamat website di halaman member 000webhost.

9. Di tahap terkahir, anda dapat menambahkan domain yang dimiliki atau membelinya. Disini saya menambahkan domain yang sudah saya setting DNS name servers 000webhost. Anda dapat membeli domain dengan mencari domain harga murah di hosting24. Setelah proses menempatkan domain di server 000webhost maka alamat website yang baru sudah dapat diakses.

Kelebihan dan Kekurangan Hosting Gratis:

Sebuah layanan apalagi gratis tentu memiliki lebih banyak kekurangan dibandingkan dengan layanan berbayar, berikut kelebihan dan kekuranganya:

Kelebihan:

  • Tanpa iklan & Gratis selamanya
  • Website Builder Gratis
  • Gratis WordPress Hosting
  • Alamat Website Gratis
  • Gratis domain parking (Ganti Alamat Website atau Domain)
  • MySQL dan FTP
  • File Manager
  • Buat & Mengelola Email Forwarders

Kekurangan:

  • Hanya bisa menggunakan CMS yang tersedia.
  • Dalam sehari situs web akan tidur selama 1 jam.
  • Ruang disk terbatas
  • Kuota Bandwidth terbatas
  • Kuota Harian Sendmail terbatas
  • SSL tidak tersedia untuk Park domain
  • Tidak bisa menghapus "Powered by 000webhost".
  • Hanya bisa 2 website.

Waktu Upgrade Ke Hosting Premium:

Hosting gratis ini digunakan hanya untuk belajar lebih dalam membuat sebuah situs website dengan cms wordpress. Jadi apabila sudah menguasai membuat website, setting, plugin wordpress, thema dan sebagainya yang mengenai hal tersebut ada kalanya anda mengupgrade platform ke level yang lebih baik.

Hosting gratis memang bukan platform yang tepat apabila tujuan anda ingin membuat blog atau bisnis online dengan pengunjung yang ramai. Karena akan mencapai batas penggunaan, maka anda harus membutuhkan platform yang lebih besar agar website anda tetap stabil dan bisa diakses kapan saja. Ketika website sudah diambang batas, anda dapat membeli paket hosting premium yang tersedia di Hosting24. Selain itu data dari hosting gratis dapat dipindahkan ke hosting premium, apabila anda tidak mengetahuinya mereka Hosting24 dapat membantu anda memindahkan semua data dari platform hosting gratis ke web hosting premium.

Hosting24 menyediakan sebuah paket hosting premium dengan harga yang terjangkau, harga tersebut sudah dipotong diskon yaitu Rp.48.626 perbulan. Tentu harga layanan Hosting24 tersebut terbilang murah yang menawarkan hosting premium yang lebih bervariasi serta memiliki fitur-fitur canggih dibandingkan penyedia jasa lain. Fitur yang didapat ketika menggunakan layanan hosting premium antara lain seperti website builder & one-click script installer. Selain paket Web Hosting Premium, anda juga dapat menyewa Web Hosting Bisnis maupun Single.

Layanan yang didapatkan Web Hosting Premium

  • Unlimited Website
  • Unlimited SSD Disk Space
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Database MySQL
  • Unlimited user FTP
  • Unlimited Akun Email
  • Akses Website Builder
  • Akses Control Panel
  • 2X Optimasi Performa WordPress
  • Gratis Nama Domain (untuk pembelian paket 12 bulan atau lebih)

Keunggulan Web Hosting dari Hosting24

Beberapa keunggulan yang saya ketahui dari layanan Hosting24 sebagai berikut:

  1. Email Hosting
    Cloud SMTP delivery menghilangkan kemungkinan blacklisting sehingga email yang dikirimkan berjalan mulus tanpa hambatan!
  2. SSL gratis
    Bisa Anda dapatkan dengan membeli paket unlimited web hosting untuk 12 bulan.
  3. Bantuan 24/7/365
    Jangan Khawatir apabila ada masalah hosting ataupun kesulitan dalam membangun website. Tim Customer Success Hosting24 sangat profesional dan berdedikasi ditambah memiliki pengetahuan terkait hosting & website jadi permasalahan bisa terselesaikan dengan cepat!
  4. Waktu setup akun shared hosting
    Di Hosting24, tidak membutuhkan waktu lama untuk membuat & mengaktifkan akun shared hosting. Tetapi, membuat nama domain baru di hosting unlimited atau menggunakan domain yang sebelumnya sudah didaftarkan di registrar lain, proses propagasi tetap membutuhkan waktu paling lama 24 jam. Tetapi jangan khawatir, layanan lainnya, seperti FTP, bisa tetap digunakan sebagaimana mestinya. Anda pun masih bisa menjalankan website saat propagasi berlangsung.
  5. One-click installer
    Terdapat lebih dari 50 script untuk membuat situs blog, bisnis ataupun e-commerce diantaranya WordPress, Joomla, Drupal, dan script lainnya. Install script yang dibutuhkan hanya dalam beberapa menit saja!
  6. Website Builder
    Zyro Website Builder - editor untuk drag & drop dengan berbagai template serta tool yang mudah digunakan. Anda bahkan tidak harus jago desain atau coding!
  7. Framework PHP
    Framework PHP, seperti Laravel, Phalcon, Zend, atau Symfony.
  8. File manager
    File manager dengan tool edit teks dan enhance code readability.
  9. Keamanan Website
    Hosting24 memberikan jaminan keamanan website Anda. Semua server shared hosting mempunyai BitNinja real-time protection dan firewall tingkat lanjut. Dengan keamanan tersebut membuat website Anda terhindar dari DDoS, XSS, malware, script injection, brute force, dan aktivitas merugikan lainnya. Selain itu dapat juga mengaktifkan CloudFlare.

Dari uraian diatas, artikel ini diperuntukan untuk seorang pemula yang baru belajar website ataupun baru mengenalinya. Jadi seorang pemula, disarankan untuk belajar menggunakan hosting gratis dengan memanfaatkan sebagai tempat untuk belajar coding dan meningkatkan kemampuan pengembangan website. Setelah sudah mahir coding dan pengembangan website, maka mulailah membangun sebuah situs blog, e-commerce ataupun bisnis lainya menggunakan hosting premium. Dengan hosting premium tak perlu kuatir pengunjung ramai dan website menjadi stabil dan bisa diakses.

Demikianlah artikel buat Manfaatkan Hosting Gratis untuk Belajar Website bagi Pemula semoga artikel ini bermanfaat.

server, import, web hosting, wordpress, hosting

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top