Mengenal Fungsi Dari Kegunaan Kabel UTP

Kabel UTP adalah kabel yang terbuat dari bahan tembaga, memiliki cangkang luar plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang berfungsi untuk melindungi dari kerusakan fisik dan juga api.

2017-11-30 11.03.176165.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 677 Kata.

Kabel UTP adalah kabel yang terbuat dari bahan tembaga, memiliki cangkang luar plastik dan terbungkus oleh bahan isolasi yang berfungsi untuk melindungi dari kerusakan fisik dan juga api. Kegunaan kabel UTP antara lain adalah digunakan sebagai kabel transmisi untuk jaringan LAN atau local area network pada komputer. Kabel UTP memiliki jarak impedasi sekitar 100 Ohm.

Fungsi kabel UTP lainnya antara lain adalah

  1. Menghubungkan komputer dengan komputer lain, diubungkan melalui soket RJ-45
  2. Menghubungkan komputer dengan hub atau switch jadi kabel UTP bisa berfungsi untuk menghubungkan router dengan hub atau switch seperti komputer desktop dengan laptop
  3. Fungsi lainnya adalah menghubungkan komputer dengan hub atau switch. Untuk menghubungkan lebih dari dua komputer atau host harus menggunakan switch. Host tidak hanya berupa komputer dengan komputer bisa juga seperti mesin fotocopy, scanner, printer dan lainnya, yang koneksinya mendukung hub atau switch.
  4. Fungsi lainnya adalah kabel UTP bisa digunakan untuk membuat USB extender USB extender adalah kabel yang digunakan untuk memperpanjang USB port
  5. Kabel UTP juga bisa digunakan untuk pemanjang kabel printer extender sehingga bisa terjangkau oleh komputer anda. Namun tentu saja untuk membuat kabel extender menggunakan kabel UTP dibutuhkan keahlian yang khusus. Minimalnya memiliki keahlian menyolder dan mematri.

 

Komponen kabel UTP

Ada setidaknya tiga komponen yang menyusun kabel UTP yaitu kawat tembaga, insulator, dan kabel jacket .

  1. Kabel jacket adalah bagian paling luar yang berfungsi untuk melindungi kabel UTP dari gangguan fisik
  2. Insulator adalah lapisan yang melapisi setiap kawat tembaga kabel UTP. Insulator memiliki warna yang berbeda-beda berdasarkan fungsinya. Fungsi insulator adalah melindungi setiap kawat tembaga agar tidak bersentuhan langsung antara satu dan yang lainnya.
  3. Kawat tembaga atau inti. Kawat tembaga ini merupakan bagian paling inti dari kabel UTP yang berfungsi sebagai konduktor listrik.

 

Kategori dan Jenis Kabel UTP :

Berikut ini beberapa jenis dan kegunaan kabel UTP berdasarkan kategorinya :

  1. Kabel UTP Kategori 1 merupakan kabel UTP dengan kualitas transmisi terendah yang berfungsi untuk mendukung komunikasi suara analog.
  2. Kabel UTP kategori 2 memiliki kualitas transmisi yang lebih baik dibandingkan kategori pertama. Kategori ini berfungsi untuk transmisi suara digital dan komunikasi data. Bisa mentransmisi sampai 4 Megabit per detik.
  3. Kabel UTP category 3 merupakan kabel UTP yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP kategori 2 yang mendukung komunikasi data dan suara dengan kecepatan hingga 10 megabit per detik.
  4. Kabel UTP kategori 4 memiliki kecepatan transmisi yang lebih baik dan mendukung komunikasi data dan suara dengan kecepatan 16 megabit per detik
  5. Kabel UTP category 5 memiliki kecepatan transmisi hingga 100 megabit per detik
  6. Kabel UTP category 6 merupakan kabel UTP kualitas standar dan sudah memiliki sertifikasi resmi
  7. Kabel UTP category 7 memiliki transmisi data sampai 10 Giga Byte per detik dengan frekuensi 1000 mhz

Sedangkan berdasarkan penyusunan insulator nya, kabel UTP terbagi menjadi 2 jenis yaitu kabel straight-through dan kabel cross over. Masing-masing kabel UTP ini memiliki fungsinya sendiri.

 

Jenis dan Fungsi Kabel UTP (Straight-Through dan  Cross Over)

  1. Kabel UTP Straight-Through
  • Menghubungkan komputer ke port biasa di switch
  • Menghubungkan router ke port uplink di switch
  • Menghubungkan komputer ke port LAN modem kabel atau DSL
  • Menghubungkan dua hub atau switch dengan salah satu hub atau switch menggunakan port uplink
  • Menghubungkan port one rute ke port LAN modem
  1. Fungsi dari kabel UTP cross over
  • Menghubungkan dua komputer secara langsung
  • Menghubungkan router ke port biasa
  • Menghubungkan komputer ke switch menghubungkan dua hub atau switch menggunakan port biasa

 

Kelebihan dan kekurangan kabel UTP

  1. Kelebihan kabel UTP

Kelebihan kabel UTP antara lain adalah  harganya yang terjangkau, mudah pemasangannya, bisa dihubungkan dengan konektor RJ 45 dengan merk apapun, kabel UTP merupakan kabel yang paling sering digunakan oleh para teknisi dan memiliki standar yang cukup bagus.

  1. Kelemahan dari kabel UTP

Kelemahn kabel UTP antara lain adalah kabel ini tidak tahan terhadap gangguan arus listrik dan cuaca, juga tidak tahan terhadap gangguan secara langsung. Kabel ini tidak cocok dipasang di daerah yang terlalu lembab atau terlalu panas. Karena kulit luarnya yang mudah terkelupas. Jenis kabel UTP tidak dapat bertahan dengan kondisi yang sulit. Kemudian instalasi pemasangan maksimal hanya 100 meter, berbeda dengan kabel STP yang bisa mencapai 150 meter.

Demikianlah artikel mengenai  jenis dan kegunaan kabel UTP sebagai media transmisi komputer.

utp, cabel, Kabel, lan

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top