Tipe website mudah dibuat untuk menghasilkan uang di Internet

Mencari penghasilan tambahan yang paling tepat adalah di dunia digital (Internet). Ada 5 jenis website yang dapat menghasilkan uang di internet.

2018-04-13 08.17.561165.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 983 Kata.

Mencari penghasilan tambahan yang paling tepat adalah di dunia digital (Internet). Tidak banyak juga orang menjadikan sebagai kerja utama dan lebih fokus mencari penghasilanya di Internet dibandingkan di dunia nyata. Dengan pengguna internet yang banyak maka luas pula peluang usaha di internet. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan informasi usaha di internet untuk menghasilkan uang.

Salah satu dari peluang usaha untuk mendapatkan penghasilan di internet adalah dengan membuat website. Walaupun tidak semua website dapat menghasilkan uang, misal website company profile. Tetapi website company profile dapat memperkenalkan produk atau jasa perusahaan kepada pengguna internet. Selain itu dapat dijadikan sebagai alat promosi yang dapat meningkatkan usaha jika dikelola dengan benar.

Membuat website sekarang cukup mudah dan biaya untuk hosting maupun server lainya terbilang murah. Untuk membuat sebuah website Anda dapat membaca artikel berikut: Cara Membuat Website Sederhana dengan 3 Metode.

Berikut tipe website yang menghasilan uang di internet.

1. Blog

Jenis website ini sangat simple yang bisa dikelola oleh seseorang penulis tunggal maupun beberapa penulis. Blog mempunyai beragam topik yang dapat di tulis sesuai keahlian anda, dari Catatan harian, tentang politik, teknologi, tutorial dan sebagainya.

Membuat Blog dengan wordpress dapat dilakukan dengan mengikuti tutorial cara membuat blog Hostinger.co.id. Selain itu blog dengan cms wordpress tidak memerlukan plugin yang banyak sehingga anda dapat mengoptimalkan kecepatan website blog.

Penghasilan utama dari aktivitas ngeblog adalah melalui program periklanan (misal menjadi Publisher di AdSense, AdNow), promosi atau review produk, penjualan tautan, posting berbayar, refferal, atau afiliasi. Maka dari itu beberapa blogger lebih fokus ngeblog karena banyaknya pendapatan dana dari aktivitas tersebut.

2. Online Shop (Store)

Apakah kita harus memiliki barang atau produk terlebih dahulu baru membuat website ol shop?. Tidak perlu, anda dapat menjadi seorang dropship dan memasarkanya melalui website buatan anda yaitu web online shop. Dropship yaitu memasarkan produk suplier (pemilik barang) yang sudah diberikan ijin mempromosikan atau menjual produk mereka. Keuntungan yang didapat sesuai kesepakatan anda dengan pihak supplier.

Sama seperti membuat blog, anda dapat membuat website online shop melalui cms wordpress. Tetapi untuk website jenis ini anda memerlukan thema kusus dan beberapa plugin pendukung.

Penghasilan utama dari website Online shop tentunya dari keuntungan terjualnya sebuah produk. Seberapa besar dan kecilnya ditentukan dari komisi, dan jumlah terjualnya produk dalam sehari. Hal ini tentu tidak mudah untuk mendapatkan pecah telor (terjual produk pertama kali). Karena anda harus memperlajari juga namanya internet marketing.

3. Web Portal Berita atau Informasi

Website jenis ini hampir mirip dengan jenis blog. Hanya saja anda memerlukan sebuah tim untuk membangun web portal tersebut. Sendiri dalam membuat web portal anda akan kewalahan karena harus uptodate agar website anda selalu ada berita atau informasi yang baru. Menulis berita atau informasi tentunya anda harus memiliki data yang benar sehingga dapat dipertanggung jawabkan.

Website portal berita atau informasi dapat dibuat dengan cms wordpress. Tentunya template berbeda dengan website blog pribadi, karena web portal memiliki beberapa kategori untuk ditampilkan.

Penghasilan sama halnya dengan blog yaitu dari program periklanan, pemasangan iklan banner, review berbayar dan lainya. Kalau dibandingkan dengan ngeBlog penghasilanya bisa sama atau berbeda, tergantung teknik masing-masing.

4. Forum

Website forum adalah dimana pengguna internet dapat berdiskusi, memberikan informasi maupun menukar pikiran antar member. Tentu website forum untuk dapat berdiskusi pengguna internet harus mendaftar sebagai member di website tersebut. Sehingga dapat memberikan informasi, berdiskusi, menukar pikiran atau membuat thread sekedar bertanya ke sesama member. Dan website ini sangat beda dengan jenis blog maupun web portal.

Anda dapat membuat website forum menggunakan cms wordpress dengan ditambah plugin serta template khusus. Membuat website forum ini dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Diperlukan juga mengatur sub forum disetiap kategori, group user, rank atau rate user, pesan private user dan sebagainya. Sangat beda dengan membuat website blog, yang dapat dibuat dengan mudah.

Di Indonesia sendiri sudah banyak situs forum yang terkenal, contohnya saja kaskus, ads.id, DetikForum dan lainya. Penghasilan dari website forum tentu dari program periklanan, ada juga dari layanan premium atau user berbayar.

5. Web Download Legal

Terakhir adalah website download legal, bukan ilegal ya. Bukan website download gratis tetapi ditambah dengan crack maupun karya yang mengandung Hak cipta. Tentu hal tersebut apabila anda menjalani anda akan di tuntut oleh pemilik hak cipta. Dan sudah ada beberapa pemilik website yang di tangkap dan di blockir karenanya.

Website download apalagi gratis, tentu sangat diminati oleh pengguna internet. Siapa sih yang tidak suka gratis?. Maka tak jarang website dengan menyediakan download gratis visitornya jarang sepi dan memungkinkan terus bertambah. Ada beberapa website download legal seperti jalantikus yang menyediakan download aplikasi, Pixabay download gambar, Steam download game.

Penghasilan dari website download dari program periklanan, menjadi reseller produk digital, afiliasi dan sebagainya. Setau saya untuk biaya perklik iklan dari program periklanan seperti adsense untuk website tipe download tidak terlalu tinggi.

Membuat website ini cukup mudah, dengan cms wordpress saja sudah cukup. Hanya saja perlu menggunakan template khusus download yang bisa dibeli maupun disediakan gratis.

 

Demikian lah informasi beberapa tipe website mudah dibuat untuk menghasilkan uang di Internet. Bagaimana apakah anda tertarik untuk membuat salah satu website diatas untuk mendapatkan penghasilan utama atau sampingan?

Semua website diatas dapat dibuat dengan cms wordpress yang bedanya adalah plugin dan template yang khusus bagi setiap tipe website. Selain itu pendapatanya rata-rata dari program periklanan seperti AdSense, AdNow dan sebagainya.

Resiko Membangun Website

Tentu semua usaha memiliki resiko yang harus siap dihadapi. Seperti seorang penjual yang memiliki resiko dagangannya tidak laku hingga masa produknya berlaku habis (expired).

Resiko yang siap dihadapi saat membangun website adalah:

  • Website down
  • Website diretas oleh hacker
  • Artikel di Copas oleh orang lain
  • Iklan Adsense anda di klik bom oleh orang tidak bertanggung jawab
  • Web di spam seseorang menggunakan jingling

Dan masih banyak lagi membuat kerugian atau resiko saat memiliki website. Tetapi anda jangan kuatir, anda dapat melakukan pencegahan dan menambah proteksi tambahan agar website anda aman di retas. Ataupun script khusus terhindar dari copas, Klik bom maupun spam di website anda. Menggunakan cms wordpress anda dapat memasang plugin tambahan agar website terhindar dari gangguan orang lain.

Earning, PENGHASILAN, website, blog

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top