Tips Hilangkan Jerawat dan Bekasnya

Ada banyak cara mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya, salah satunya dengan terapi laser. Namun, biaya yang tidak sedikit sering kali mengurungkan niat seseorang melakukan cara itu untuk menghilangkan bekas jerawat.

2017-12-091705.0 / 1

Perkiraan artikel ini membutuhkan Menit dengan membaca 648 Kata.

Jerawat adalah salah satu permasalahan kulit yang ditandai dengan kemunculan bintik-bintik pada beberapa area tubuh, misalnya wajah, punggung, leher, dan dada. Ada banyak faktor yang memicu timbulnya jerawat, seperti hormon, kurangnya makanan berserat, atau penggunaan kosmetik yang tidak cocok.

Sebagian besar orang pasti pernah bermasalah dengan jerawat, terutama para remaja 14 hingga 19 tahun yang cenderung masih mengalami perubahan hormon. Meskipun jerawat dapat menghilang dengan sendirinya, bukan berarti hal ini dibiarkan begitu saja karena bisa memicu bekas yang sulit untuk dihilangkan.
 

Tips Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya

Ada banyak cara mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya, salah satunya dengan terapi laser. Namun, biaya yang tidak sedikit sering kali mengurungkan niat seseorang melakukan cara itu untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebenarnya, tidak perlu mahal dan repot untuk mengatasi jerawat dan bekasnya karena Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami. Berikut ulasannya.

1. Menggunakan Buah Lemon

Lemon dapat mempercepat produksi kolagen dan merangsang pembentukan sel-sel kulit baru. Selain itu, lemon juga dapat menghilangkan noda atau flek hitam akibat jerawat. 

Cara mengatasi jerawat dan bekasnya menggunakan lemon cukup sederhana, yaitu dengan mengoleskan perasan airnya ke area bekas jerawat. Diamkan selama kurang leebih 15 menit dan bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembap setelah melakukan perawatan ini karena lemon dapat memicu kulit kering.
 

2. Mengoleskan Madu pada noda bekas Jerawat

Madu dianggap sebagai salah satu bahan alami terbaik untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya. Sifat antiseptik yang terkandung di dalamnya juga dapat mengurangi peradangan pada kulit. Anda hanya perlu mengoleskan madu pada noda bekas jerawat dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan handuk kering.
 

3. Melakukan Perawatan dengan Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung asam alfa hidroksi dan Vitamin C yang tinggi sehingga mampu membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat. Tidak hanya itu, kandungan asam alfa hidroksinya juga mampu mengangkat sel-sel kulit mati yang memicu kulit kusam.

Tips menghilangkan jerawat dan bekasnya menggunakan kulit jeruk cukup sederhana, yaitu:

  • Keringkan kulit jeruk di bawah paparan sinar matahari
  • Haluskan jeruk sampai berbentuk bubuk
  • Tambahkan sedikit air dan aduk sampai berbentuk pasta
  • Aplikasikan pasta pada noda bekas jerawat, lalu diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih
  • Lakukan perawatan ini minimal satu kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang memuaskan
     

4. Oleskan Gel Lidah Buaya untuk memudarkan bekas Jerawat

Selain bermanfaat untuk perawatan rambut, lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi jerawat dan menghilangkan bekasnya. Aloesin yang terkandung di dalamnya dapat menghambat pembentukan melanin yang memicu kulit tampak gelap. Selain itu, lidah buaya juga mengandung zat yang dapat merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan memudarkan bekas jerawat.

Cara memudarkan bekas jerawat dengan lidah buaya yaitu:

  • Siapkan satu batang lidah buaya dan potong menjadi dua bagian
  • Ambil gel dengan cara mengupas bagian atas kulit lidah buaya dan letakkan dalam wadah
  • Haluskan gel dengan cara diblender
  • Oleskan gel tersebut pada noda atau flek bekas jerawat
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit
  • Terakhir, bilas wajah dengan air sampai tidak ada gel tersisa
     

5. Menghilangkan Noda bekas Jerawat dengan Bawang Putih

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan bekasnya adalah bawang putih. Kandungan thiacremonon sulfur yang ada di dalamnya dipercaya efektif untuk mengeringkan jerawat. Bawang putih juga memiliki senyawa allicin yang berperan sebagai antiseptik untuk mencegah bakteri pemicu jerawat.

Cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bawang putih adalah sebagai berikut.

  • Haluskan bawang putih dengan cara diblender
  • Oleskan pada area yang terdapat noda bekas jerawat
  • Diamkan selama 10 menit
  • Bilas wajah dengan air hangat
  • Untuk hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan cuka sari apel

 

Itu dia tips mengatasi jerawat dan bekasnya. Jadi, mulai sekarang Anda tidak perlu lagi kebingungan mencari cara menyamarkan bekas jerawat karena bahan-bahan alami di atas cukup ampuh untuk mengatasinya. Meskipun hasil yang didapatkan membutuhkan waktu yang agak lama, cara-cara alami di atas sangat direkomendasikan karena mudah dilakukan di rumah dan minim efek samping. 

Madu, Lidah Buaya, lemon, acne, kulit jeruk, jerawat, bawang putih

Punya Masalah

Silahkan tuangkan masalah ada disini

Buat Diskusi Forum Komentar dibawah
Back to Top