Informasi

Kesehatan

Tips Membersihkan Komedo Secara Alami

Tak hanya jerawat, komedo juga menjadi satu masalah serius yang kerap dialami para remaja dan orang dewasa, terutama perempuan. Jerawat berukuran kecil nyaris serupa bintik berwarna hitam maupun putih ini mampu membuat rasa percaya diri berkurang. Berbagai upaya pun dilakukan, seperti menggunakan berbagai macam produk pembersih muka.

Akan tetapi, penggunaan produk pembersih muka justru akan memicu munculnya masalah baru, seperti kulit kering atau bahkan iritasi. Padahal, masih banyak bahan alami untuk menghilangkan komedo yang bisa digunakan. Lalu, apa saja bahan alami tersebut dan bagaimana cara penggunaannya untuk membersihkan komedo? Berikut ulasannya:
 

  1. Lidah Buaya

Penggunaan tanaman lidah buaya untuk penyubur rambut memang sudah umum. Namun, ternyata tanaman dengan sisi-sisi tajam ini juga terbukti ampuh untuk membersihkan komedo secara alami. Gel yang berada di bagian dalam tanaman lidah buaya kaya akan hormon auksin dan giberelin. Kedua jenis hormon ini memiliki fungsi untuk melembapkan dan mencegah terjadinya peradangan kulit.

Membersihkan jerawat dan komedo dengan lidah buaya pun tidak sulit. Cukup oleskan gel lidah buaya di seluruh wajah, terutama di area yang terdapat komedo maupun jerawat. Setelah teroles merata, diamkan kurang lebih selama 15 menit. Lalu, basuh wajah dengan menggunakan air hangat.
 

  1. Teh Hijau

Tak hanya menyehatkan tubuh, teh hijau juga memiliki fungsi untuk menyingkirkan komedo. Di dalam teh hijau terdapat senyawa antioksidan yang sangat baik untuk kulit. Selain itu, tanaman herbal ini juga mengurangi produksi minyak pada kulit wajah dan menghambat penyerapan androgen.

Uniknya, menghilangkan komedo dan jerawat dengan teh hijau bisa dilakukan dengan cara dikonsumsi maupun digunakan langsung pada muka. Untuk penggunaan langsung, mula-mula rendam beberapa helai daun teh hijau pada air panas selama 10 menit. Lalu, totolkan kapas pada air rendaman dan usapkan pada wajah yang berjerawat atau berkomedo. Jika teh hijau berupa bubuk, campurkan dengan air dan oleskan pada wajah. Pijat wajah selama 2 menit lalu bilas dengan air hangat.
 

  1. Lemon

Cara hilangkan komedo secara alami berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan buah lemon. Di dalam buah berwarna kuning ini, terdapat kandungan asam sitrat yang berperan untuk membersihkan sel kulit mati sekaligus membuat kulit menjadi lebih kencang. Lalu, ada pula senyawa asam alpha-hydroxi yang bertugas memberantas jerawat dan komedo.

Untuk menggunakannya, potong lemon menjadi dua bagian. Agar lebih maksimal, Anda bisa menambahkan madu di permukaan lemon tadi. Usapkan pada wajah dan diamkan maksimal selama 8 menit. Lalu, bersihkan wajah dengan air dingin.
 

  1. Putih Telur

Tak hanya lezat disantap, putih telur juga bisa digunakan untuk mengusir jerawat dan komedo. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya juga berfungsi untuk mengencangkan kembali pori-pori kulit. Untuk pengaplikasiannya, Anda cukup mengocok putih telur tadi hingga mengembang. Lalu, usapkan ke seluruh wajah dan diamkan hingga mengering. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat.
 

  1. Buah Pepaya

Cara mengangkat komedo secara alami berikutnya adalah dengan buah pepaya. Di dalam buah pepaya terdapat kandungan enzim proteolitik dan papain yang mampu membersihkan komedo sekaligus mengangkat sel kulit mati penyebab jerawat dan kulit kusam.

Cara menggunakannya yaitu haluskan buah pepaya terlebih dahulu. Kemudian, oleskan bubur pepaya tadi di seluruh wajah dan diamkan maksimal selama 15 menit. Bilas muka dengan air hangat dan keringkan.
 

  1. Kulit Jeruk

Bahan terakhir yang bisa digunakan untuk mengangkat komedo dan jerawat adalah kulit jeruk. Mirip dengan buah lemon, kandungan vitamin C dan asam alpha-hydroxi yang tinggi pada kulit buah jeruk mampu mengangkat sel kulit mati juga debu dan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit.

Jika ingin menghilangkan komedo dengan kulit jeruk, pertama-tama keringkan kulit jeruk kemudian tumbuk hingga halus. Lalu, larutkan bubuk kulit jeruk dengan air dan usapkan ke seluruh wajah. Lakukan pemijatan pada wajah selama kurang lebih 3 menit secara merata. Terakhir, bilas wajah dengan air hangat.

Demikianlah cara menghilangkan komedo secara alami. Selain 6 bahan di atas, masih banyak bahan alami lain yang bisa Anda gunakan, seperti gula pasir, cuka apel, dan yoghurt dengan metode dan cara pengaplikasian yang sama. Jika masih bisa memanfaatkan alam untuk segala kebutuhan, kenapa harus menggunakan produk-produk pembersih dengan kadar kimia yang tinggi? Selamat mencoba!



0 110 10/ 1
Tips Membersihkan Komedo Secara Alami
1010

Tak hanya jerawat, komedo juga menjadi satu masalah serius yang kerap dialami para remaja dan orang dewasa, terutama perempuan. Jerawat berukuran kecil nyaris serupa bintik berwarna hitam maupun putih ini mampu membuat rasa percaya diri berkurang. Berbagai upaya pun dilakukan, seperti menggunakan berbagai macam produk pembersih muka.



Tida Ada Komentar

Jadikan anda yang Pertama memberikan komentar tentang tulisan ini

avatar
Menambahkan komentar silahkan login atau daftar terlebih dahulu.
DAFTAR | MASUK